Beberapa Penyebab Keterbelakangan Mental Yang Dapat Diketahui Sejak Dini

Obat Jerawat

Infotentangkesehatan.id – Kelainan keterbelakangan mental yang kerap disebut dengan retardasi mental ialah suatu kondisi seseorang yang memiliki tingkat intelegensia kurang. Gangguan ini biasanya dialami sejak masa di dalam kandungan hingga lahir dan tumbuh menjadi anak usia dini. Bagi orang tua disarankan untuk tetap menjaga masa kehamilan hingga kelahirannya. Pasalnya, penyakit kelainan ini tidak serta merta terjadi begitu saja. Itu terjadi bisa disebabkan oleh kebiasaan dan pola hidup yang kurang waspada dan menjaga diri. Meskipun gangguan seperti ini tidak tentu disebabkan oleh itu saja, bisa jadi disebabkan oleh faktor bawaan/gen yang tidak dapat diprediksi. Hasilnya, mereka lahir dengan cacat mental, gangguan intelektual, terbelakang, lemah berpikir, bahkan dapat dikatakan bodoh. Namun perlu diketahui bahwa itu semua ada penyebabnya. Diantaranya adalah sebagai berikut penyebab keterbelakangan mental.

  1. Metabolisme dan kekurangan gizi

Banyak peneliti yang berpendapat bahwa faktor gizi menentukan perkembangan pertumbuhan organ tubuh pada anak. Itu dapat dimulai dari sejak dalam kandungan atau pada tubuh orang tuanya. Jika sebagai ibu tidak mengkonsumsi makanan dengan gizi yang cukup, maka dapat dipastikan akan mempengaruhi kondisi tubuh khususnya pada kandungannya. Di sisi yang lain, metabolisme menjadikan sirkulasi peredaran darah dalam tubuh sangat mempengaruhi tingkat pertumbuhan janin dalam kandungan sehingga dapat menyebabkan retardasi mental jika tidak diperhatikan.

  1. Kelainan pada kromosom menjadi faktor penyebab keterbelakangan mental

Faktor kelainan pada kromosom dapat terjadi apabila jumlah kromosom yang menyusun sel tubuh mengalami kesalahan. Akibatnya, terjadi efek buruk seperti sindroma x yang rapuh, sindroma Prader-Willi, dan translokasi. Itu membuat pertumbuhan janin tidak menjadi maksimal khususnya pada pertumbuhan otak. Akibatnya, mereka lahir dengan metal yang terbelakang atau lemah.

Baca Artikel Lainnya : Gangguan Kesehatan Mental Pada Lansia Yang Perlu Mendapat Perhatian Khusus

  1. Deprivasi psikososial dan lingkungan yang menekan

Pada intinya, sindrom retardasi mental tampak pada anak usia 1 – 4 tahun. Setelah dapat dideteksi, maka dapat dimungkinkan itu terjadi dari lingkungan yang penuh dengan deprivasi atau tekanan sosial yang menyebabkan gangguan kejiwaan. Deprivasi ini dapat dialami oleh orang tuanya atau anak tersebut. Jika yang mengalami adalah orang tuanya, maka itu akan berdampak pada anak sejak usia dalam kandungan. Kondisi pikirannya akan mempengaruhi suasana dalam kandungan sehingga anak dalam kandungan mengalami goncangan. Akhirnya terjadi kelainan pertumbuhan terutama pada otak.

  1. Kelainan genetik menjadi penyebab keterbelakangan mental.

Kebanyakan faktor genetik sangat jarang diperhatikan oleh ibu hamil hingga terjadi kelahiran anak dengan keterbelakangan mental. Namun dokter dapat mendeteksi hal tersebut karena sudah banyak penelitian genetika dalam hubungannya dengan kelahiran anak. Penyakit tubuh yang berhubungan dengan genetik diantaranya adalah galaktosemia, tay-sachs, fenilketonuria, sindroma hunter, leukodistrofi metakromatik, sindroma rett, dan lainnya.

Pada kodratnya, kelainan ini memang sudah kehendak tuhan, namun itu semua dapat dideteksi dan diwaspadai dengan hadirnya ilmu pengetahuan. Diantaranya dengan mengetahui penyebab keterbelakangan mental, kita dapat terhindar dari kelahiran dan pertumbuhan anak dengan retardasi mental tersebut.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*