Fakta dan Mitos Menstruasi yang Perlu Diketahui Para Wanita

Obat Jerawat
fakta dan mitos menstruasi

Infotentangkesehatan.id – Menstruasi atau datang bulan pada wanita memang menjadi hal yang lumrah namun ada juga hal yang membingungkan soal datang bulan yaitu adanya fakta dan mitos menstruasi. Banyak sekali fakta dan mitos seputar menstruasi yang beredar di masyarakat Indonesia. Dengan adanya fakta dan mitos tersebut menimbulkan banyak pertanyaan dan juga kebingungan para wanita.

Jika anda tidak ingin dilanda rasa penasaran, ada baiknya jika membaca ulasan tentang fakta dan mitos menstruasi pada artikel ini. Di sini akan dibahas tentang apa saja fakta dan apa saja mitos tentang menstruasi.

  1. Dilarang minum es bagi wanita yang sedang menstruasi

Ya pasti anda pernah mengalami kejadian ini pastinya. Saat anda sedang menstruasi anda pasti dilarang minum es karena bisa membekukan darah. Darah tersebut akan menempel di dinding rahim dan akan mengakibatkan timbulnya kista. Pendapat ini memang terkadang masuk akal jika es bisa membekukan darah tetapi ini terjadi jika adanya pendarahan di luar tubuh. Saat menstruasi anda masih bisa minum es sepuasnya karena dilarang minum es bagi wanita yang sedang menstruasi itu adalah mitos. Mungkin masyarakat terutama orang tua dulu berpikir jika terlalu banyak minum es pasti akan menyebabkan flu dan daya tahan tubuh kita jadi menurun, sehingga bisa mempengaruhi hormone. Pantas saja jika dilarang minum es saat haid, namun sampai saat ini belum ada catatan ilmiah tentang darah haid membeku karena disebabkan minum es.

  1. Berat badan naik

Ada yang mengatakan jika berat badan akan naik saat menstruasi karena nafsu makan yang meningkat saat menjelang datang bulan. Ini adalah fakta, nafu makan anda akan meningkat drastis saat menjelas menstruasi karena ini terjadi adanya pengaruh hormone. Jika anda tidak bisa mengontrol nafsu makan anda, bersiap-siaplah berat badan anda akan naik.

Baca Artikel Lainnya : Mitos Seputar Kesehatan Kulit

  1. Tidak boleh keramas saat haid

Hal lain yang tidak boleh dilakukan saat menstruasi adalah dilarang keramas. Jika keramas maka pori-pori kulit kepala akan melebar dan bisa membuat sakit kepala saat menstruasi. Ini adalah mitos, pasalnya sampai saat ini tidak ada penelitian yang mendukung pendapat tersebut. Keramas bisa membersihkan rambut kita dan itu sangat bagus karena saat menstruasi kita harus rajin menjaga kebersihan badan supaya tidak ada bakteri yang menempel di tubuh. Jadi anda masih boleh-boleh saja untuk mencuci rambut anda saat datang bulan dan malah dianjurkan untuk tetap menjaga kebersihan badan.

  1. Suka marah-marah saat datang bulan

Ini memang fakta jika seorang wanita yang sedang datang bulan menjadi sangat sensitive dan suka marah-marah. Ini disebabkan karena pengaruh hormone yang mempengaruhi fisik dan juga psikis seorang wanita. Jadi, jangan coba-coba mengganggu wanita yang sedang mens jika tidak mau kena marah ya.

  1. Berhubungan seksual saat datang bulan bisa menyebabkan kehamilan

Ada yang mengatakan jika berhubungan seksual saat datang bulan maka tidak akan hamil. Ini adalah mitos, berhubungan seksual saat datang bulan sangat bisa menyebabkan kehamilan karena pada masa itu adalah masa subur seorang wanita. Pada masa ini, wanita malah mempunyai hasrat seksual yang tinggi karena hormone progesterone yang menurun. Tetapi berhubungan seks saat haid tidak dianjurkan karena tidak higienis.

Itulah tadi beberapa fakta dan mitos menstruasi yang perlu anda ketahui, mungkin beberapa hal di atas selama ini sangat membingungkan anda karena tidak tahu mana yang fakta dan mitos.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*