Sumber Makanan Berprotein Tinggi yang Wajib Dikonsumsi

Obat Jerawat
makanan berprotein tinggi

Infotentangkesehatan.com – Asupan protein tidak boleh terlewatkan setiap harinya. Protein dibutuhkan untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Kebutuhan protein setiap orang berbeda-beda sesuai dengan usia dan jenis kelamin. Pria pada umumnya membutuhkan asupan protein lebih tinggi, mencapai 56 gram per hari. Sementara wanita membutuhkan sekitar 46 gram perhari. Jika anda sangat aktif dalam berkegiatan, maka asupan perlu lebih tinggi dari itu. Apakah anda sedang berusaha meningkatkan massa otot? Anda harus tahu bahwa protein merupakan komponen yang sangat penting untuk membangun otot. Tanpa zat ini, akan sulit bagi anda untuk mencapai target. Berikut ini adalah beberapa makanan berprotein tinggi:

1. Daging

Daging adalah makanan favorit kebanyakan orang. Jadi jika anda setiap hari mengkonsumsi daging, kebutuhan protein harian seharusnya sudah terpenuhi. Ada berbagai macam daging yang bisa dikonsumsi, seperti kambing, sapi, kerbau, termasuk unggas-unggasan. Semuanya mengandung protein dalam jumlah tinggi. Kalkun misalnya mengandung 30 gram protein per 3,5 ons. Daging sapi mengandung protein lebih tinggi untuk takaran saji yang sama, yaitu 36 gram. Sebaiknya pilih daging bagian inti supaya terbebas dari lemak jenuh. Ada beberapa bagian dari tubuh hewan yang sangat berlemak. Bagian ini perlu anda hindari sebab konsumsi lemak berlebih sangat tidak baik bagi kesehatan.

2. Ikan-ikanan

Ikan juga merupakan salah satu makanan berprotein tinggi. Tidak hanya protein saja, ikan juga punya kandungan penting lain, seperti asam lemak yang dibutuhkan untuk menjaga kinerja hati dan jantung. Kandungan protein setiap ikan berbeda-beda. Yang paling tinggi antara lain ikan tuna dan salmon, yaitu 26 gram per 3,5 ons. Ikan adalah sumber omega-3, zat yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kardiovaskuler. Jika anda ingin menghindari penyakit jantung, ada baiknya untuk mengkonsumsi ikan secara rutin.

3. Susu dan telur

Banyak dari kita merupakan penggemar susu dan telur. Mengingat keduanya merupakan sumber protein hewani, anda bisa mengkonsumsinya setiap hari. Namun untuk menghindari tumpukan lemak di dalam tubuh, ada baiknya anda memilih susu versi low-fat atau rendah lemak. Produk turunan dari susu juga mengandung protein tinggi. Misalnya saja keju mozzarella, kandungan protein di dalamnya setara 32 gram per 3,5 ons. Telur juga bisa menjadi alternatif sebab selain kaya protein, juga mudah untuk didapatkan. Cara mengolah telur sebaiknya direbus untuk menghindari lemak jenuh. Anda juga bisa menggorengnya, namun jangan terlalu sering.

4. Kacang-kacangan

Selain dari hewan, makanan berprotein tinggi juga bisa berasal dari tumbuhan. Jangan menyepelekan kedelai karena makanan ini merupakan sumber protein nabati yang sangat populer. Yang paling penting, kedelai juga bebas lemak jenuh dan kolesterol. Jadi jika mudah untuk menemukan kedelai di sekitar anda, maka konsumsilah secara rutin. Kedelai juga sering diolah menjadi tahu dan tempe. Kedua bahan makanan ini selanjutnya bisa dimasak dengan beragam cara.

Baca artikel lainnya: Beberapa Makanan Penurun Kolestrol Yang Patut Anda Coba

Secara umum, kacang-kacangan merupakan sumber protein yang sangat baik. Jadi anda tidak perlu bergantung dengan daging dan ikan. Selain protein, polong-polongan juga kaya akan serat dan potasium. Ini bisa dipadukan dengan biji-bijian untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan asam amino.

5. Buah-buahan

Berbicara soal makanan berprotein tinggi, buah jarang menjadi pilihan utama. Namun bukan berarti buah sama sekali tidak ada kandungan proteinnya. Alpukat misalnya, mengandung sekitar 3 gram protein untuk tiap cangkirnya. Jika anda suka mengkonsumsi buah, maka protein yang masuk ke tubuh juga lumayan besar. Ini bisa menjadi alternatif tambahan dari menu utama yang telah disebutkan tadi.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*