Manfaat Teh Hijau yang Luar Biasa Bagi Tubuh

Obat Jerawat
manfaat teh hijau

Infotentangkesehatan.com – Teh hijau adalah salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Banyak dari kita yang mengkonsumsinya setiap hari. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan meminum teh hijau secara rutin. Tidak hanya di Indonesia saja, minuman ini juga populer di negara Asia lainnya, seperti India, Jepang dan Thailand. Namun begitu, anda tetap harus membatasi konsumsinya agar tidak berlebihan. Cukup minum satu atau dua cangkir perhari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Lalu, apa saja manfaat teh hijau? Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Memperbaiki sistem imun tubuh

Teh hijau bisa membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Sistem imun diperlukan tubuh untuk menghalau berbagai jenis penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang rajin meminum teh hijau lebih tahan terhadap penyakit ringan seperti flu dan batuk. Selain itu, teh hijau juga bisa membantu meningkatkan produktivitas sel-sel Gammadelta T yang bertugas untuk melawan infeksi. Teh hijau tidak bisa menjadi pengganti vaksin, tapi anda tetap bisa meminumnya untuk memperbaiki kerja sistem imun tubuh, terutama jika anda gampang sakit.

2. Melawan kanker

Manfaat teh hijau lainnya adalah untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Sel kanker bisa muncul jika tubuh terlalu banyak terpapar radikal bebas. Teh hijau kaya akan antioksidan, sehingga sangat efektif untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh. Radikal bebas adalah molekul yang bersifat reaktif, sehingga bisa menyebabkan terbentuknya sel-sel kanker. Fungsi dari antioksidan adalah untuk menetralkan molekul tersebut, sehingga pembentukan sel kanker bisa dicegah.

3. Mengontrol kolesterol

Salah satu masalah negatif yang sering muncul akibat mengendapnya kolesterol di dalam tubuh adalah penyakit kardiovaskular. Ada beragam kandungan di dalam teh hijau yang bisa membantu untuk menjaga kadar kolesterol. Dengan rutin meminum 2-3 cangkir teh hijau per hari, anda bisa menurunkan resiko serangan jantung hingga 11 persen.

4. Mencegah aterosklerosis

Anda tahu aterosklerosis? Ini merupakan sebuah kondisi dimana pembuluh darah mengeras akibat penumpukan kolesterol. Dampaknya adalah tekanan darah menjadi semakin tinggi karena saluran menjadi semakin sempit. Ada banyak hal yang mungkin terjadi jika seseorang mengalami kondisi ini, seperti stroke dan serangan jantung. Mengingat serangan jantung berakibat sangat fatal, mulai dari sekarang anda perlu menghindarinya dengan mengkonsumsi teh hijau. Teh hijau punya kandungan untuk mencegah penumpukan kolesterol, jadi resiko aterosklerosis juga bisa diturunkan.

5. Menurunkan berat badan

Teh hijau bisa menjadi alternatif untuk menurunkan berat badan sebab kandungan polifenol di dalamnya bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Yang terpenting dalam program diet adalah membakar kalori lebih besar daripada kalori yang masuk. Meski teh hijau bisa membantu menurunkan berat badan, ini sebaiknya tidak menjadi opsi utama. Menjaga pola makan serta olahraga tetap dibutuhkan supaya anda mendapatkan hasil lebih cepat. Di dalam 2 atau 3 cangkir teh hijau terdapat sekitar 240 hingga 320 mg polifenol.

Baca artikel lainnya: 7 Herbal Yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Meski punya segudang manfaat, namun anda tetap harus waspada dengan kandungan kafein di dalam teh hijau. Kafein tidak cocok bagi mereka yang memiliki masalah jantung, termasuk yang menderita tekanan darah tinggi. Selain itu, jika anda punya masalah kecemasan atau sistem saraf pusat, sebaiknya tanyakan dulu kepada dokter apakah anda bisa meminum teh hijau.

Kafein pada dasarnya tidak baik untuk mereka yang menderita kedua penyakit ini. Jadi bukan hanya teh saja, kopi dan minuman lain yang berkafein sebaiknya dihindari. Kondisi lain dimana kafein perlu dijauhi adalah kehamilan. Tanyakan pada dokter kandungan anda soal takaran teh hijau yang diperbolehkan untuk ibu hamil. Itu tadi beberapa manfaat teh hijau.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*