Manfaat Sikuning Buah Pisang

Obat Jerawat
manfaat buah pisang

Infotentangkesehatan.com – Buah pisang adalah merupakan buah yang berwarna kuning dan sangat mudah kita jumpai disekitar kita. Selain rasanya yang enak, buah pisang juga bisa memberikan kontibusi yang bagus untuk kesehatan tubuh dan tulang kita. Kali ini penulis aka membahas beberapa manfaat buah si kuning tersebut.

1. Pisang merupakan sumber energi tinggi

Pisang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang melimpah, oleh karena itu pisang sangat baik untuk tubuh. Pisang mengandung beberapa nutrisi seperti : karbohidrat, kalsium, zinc, magnesium, fosfor, Vitain B6, Vitamin A, Vitamin C dan Vitamin D, yang akan memberikan efek positif kepada orang yang mengkonsumsinya. Pisang juga kaya akan serat, jadi akan memberikan rasa kenyang yang lama.

Pada satu buah pisang mengandung 110 kalori, 30 gr karbohidrat dan 1 gr protein, ditambah lagi dengan kalium 450 mg, serat 3 gr, serta magnesium 34 mg. Orang dewasa direkomendasikan untuk memakan pisang 4700 mg setiap harinya.

Dikarenakan kandungan kalium yang tinggi pada pisang, maka kamu akan mendapatkan beberapa manfaat sebagai berikut :

  • Kalium sangat penting untuk sistem saraf dan kontraksi otot. Kekurangan kalium bisa menyebabkan gangguan pada fungsi jantung. Selain itu kalium juga dipercaya bisa mengurangi tekanan darah tinggi dan membantu mengurangi resiko terkena stroke
  • Kalium bisa mencegah dehidrasi pada orang yang terkena diare, karena kalium bisa mengisi kembali cairan elektrolit dalam tubuh yang hilang dikarenakan dampak dari sakit diare.

2. Pisang Sangat Baik Untuk Kesehatan Tulang

Pisang dipercaya bisa menjaga kalsium, fosfor, nitrogen pada tubuh. Kalsium, nitrogen dan juga fosfoe berguna untuk membangun jaringan yang sehat dan meregenerasi sel tubuh.

Buah pisang memiliki kandungan fructooligosacarida (FOS) yang merupakan prebiotik  yang bertugas membantu proses penyerapan nutrisi vitamin dan mineral kedalam tubuh, seperti kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Selain itu pisang juga memiliki kandunga Vitamin D yang tinggi yang bisa membantu proses penyerapan kalsium oleh tubuh lebih optimal. Penyerapan kalsium yang baik pada tubuh akan memperkuat tulang dan mencegah risiko terjadinya osteoporosis.

Baca Artikel Lainnya : Manfaat Minum Air Putih Untuk Tubuh

Disampinng Vitamin D, kandungan kalium dan Vitamin B komplek yang ada pada pisang juga bisa menjaga kesehatan tulang kita. Kandungan kalium yang ada pada pisang bisa membantu menjaga densitas tulang dengan cara mencegah hilangnya kalsium lewat urine. Sedangkan Vitamin B komplek yang terdapat pada pisang bisa berfungsi untuk menjaga kadar homocysteine, atau asam amino yang diproduksi oleh tubuh tidak berlebihan atau tetap dalam kadar yang normal, karena jika jumlahnya berlebihan bisa meningkatkan risiko patah pinggul.

Dengan manfaat dari buah pisang yang bisa kita dapatkan, sebaiknya mulai saat ini kita rutin mengkonsumsi buah pisang, karena selain bisa memberikan energi untuk tubuh buah pisang juga bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Jual Herbal Online

1 Comment

  1. Begitu banyak manfaat pisang, mari kita konsumsi setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*