Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan Apa Saja Ya?

Obat Jerawat
Manfaat Air Kelapa Muda

Infotentangkesehatan.com – Alasan orang suka meminum air kelapa muda adalah karena rasanya yang lezat dan segar. Jadi minuman ini sangat cocok sebagai pelepas dahaga. Di negara tropis seperti Indonesia, tidak sulit sama sekali untuk menemukan air kelapa. Ini bisa menjadi alternatif minuman sehari-hari karena di dalamnya terdapat berbagai macam kandungan penting. Dari rasanya kita sudah bisa menebak bahwa air kelapa lebih dari sekedar air biasa. Tidak hanya kandungan serat saja, di dalamnya juga terdapat berbagai mineral penting yang diperlukan oleh tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat air kelapa muda:

1. Mencukupi kebutuhan serat

Air kelapa bisa mencukupi kebutuhan serat. Satu takaran saji air kelapa mengandung sekitar 2,6 gram serat makanan atau sekitar 10 persen kebutuhan harian untuk wanita. Karena kandungan serat di dalamnya, kita akan mudah merasa kenyang saat meminum air kelapa muda. Serat juga baik untuk penderita diabetes karena bisa membantu menjaga kestabilan gula darah. Selain itu manfaat lainnya adalah untuk kesehatan jantung karena bisa menurunkan kolesterol.

2. Mencukupi kebutuhan mineral

Manfaat air kelapa muda lainnya adalah sebagai sumber mineral khususnya magnesium dan tembaga. Kedua mineral ini penting peranannya bagi tubuh. Magnesium punya manfaat untuk menjaga fungsi kelenjar paratiroid. Seperti yang kita tahu, ini merupakan salah satu kelenjar di leher kita yang bertugas untuk perilisan hormon. Jika dijaga dengan baik, kelenjar paratiroid akan mampu membantu menjaga metabolisme di dalam tubuh kita, sehingga proses pembakaran kalori tetap lancar.

Baca artikel lainnya: Buah Berbiji Mencegah Penyakit Jantung dan Diabetes

Tembaga juga sama pentingnya. Mineral yang satu ini erat kaitannya dengan produksi kolagen dan energi. Kolagen merupakan salah satu subtansi penting yang membuat kulit tetap kencang dan awet muda. 1 takaran saji air kelapa muda mengandung kurang lebih 60 miligram magnesium atau setara 14 persen dari kebutuhan harian kita.

3. Sebagai elektrolit

Masih banyak lagi manfaat air kelapa muda yang lainnya. Di dalam minuman ini juga terdapat kandungan mangan dan potasiumnya. Potasium pada khususnya sangat diperlukan untuk memelihara membran sel. Dengan mencukupi kebutuhan nutrisi yang satu ini, sel-sel tubuh kita akan tetap bekerja tanpa hambatan. 1 takaran saji air kelapa mengandung sekitar 600 miligram potasium. Sementara itu, mangan yang terdapat di dalamnya berguna untuk menjaga produksi kolagen. Kolagen adalah pertolongan pertama pada penyembuhan luka, jadi konsentrasinya harus tetap terjaga. Setiap takaran saji air kelapa muda mengandung sekitar 0,34 miligram mangan.

4. Merawat kecantikan kulit

Tubuh kita sebagian besarnya terdiri atas air, jadi wajar saja jika anda perlu meminum cukup air setiap hari. Jika anda tidak rajin minum, maka anda akan mengalami kondisi yang disebut dengan dehidrasi. Tanda yang paling umum adalah tubuh terasa lemas dan tidak bertenaga. Air kelapa bisa menjadi alternatif untuk menambah tenaga. Tapi minuman ini juga punya banyak manfaat lain, seperti merawat kecantikan kulit.

Cukup tidaknya konsumsi cairan bisa dilihat dari kondisi kulit seseorang. Orang yang tidak suka minum cenderung memiliki kulit kering dan kasar. Sementara mereka yang rajin minum biasanya punya kulit yang halus dan lembab. Kalori yang terdapat di dalam air kelapa tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 44 kalori saja per takaran saji. Namun yang terpenting, minuman ini lebih dari sekedar air sebab di dalamnya terdapat kalsium, magnesium, potasium, dan Vitamin C.

5. Menambah energi

Kalori yang terdapat di dalam air kelapa sebagian besarnya adalah dari karbohidrat. Seperti yang kita tahu, karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh. Glukosa yang masuk dari minuman ini akan dikonversi menjadi energi, sehingga anda akan merasa lebih bertenaga setelah meminumnya. Itu tadi beberapa manfaat air kelapa muda.

Jual Herbal Online

1 Comment

  1. Segar dan bermanfaat, sungguh

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*