Makanan Yang Harus Dihindari Untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol

Obat Jerawat
asam urat

Infotentangkesehatan.com – Biasanya pada saat kadar kolesterol dalam darah tinggi, kecenderungan kadar asam urat Anda juga akan mengalami kenaikan. Mari kita jaga kadar kolesterol dan asam urat dengan menghindari atau mengurangi konsumsi makanan berikut ini.

Asam urat adalah merupakan radang sendi yang bisa menyebabkan persendiaan (sering terjadi pada jempol kaki) menjadi nyeri, kaku, perih, dan bengkak. Penyakit asam urat disebabkan oleh penumpukan zat yang biasa disebut asam urat didalam darah. Menurut ahli reumatologi penyakit asam urat ini berhubungan dengan masalah metabolisme didalam tubuh, salah satu contohnya adalah masalah kolesterol. Kolesterol dipercaya bisa meningkatkan atau menjadi faktor peningkat seseorang terkena penyakit asam urat.

Salah satu cara menjaga supaya kadar asam urat dan kolesterol dalam darah stabil adalah dengan cara pola hidup sehat yaitu menjaga pola makan yang sehat dan teratur dan tentunya juga rutin berolahraga setiap harinya.

Baca Artikel Lainnya : Secangkir Teh Dan 10 manfaatnya

MAKANAN YANG PERLU DIHINDARI UNTUK MENJAGA KOLESTEROL DAN ASAM URAT DALAM DARAH STABIL

Jeroan

Bukan hanya penderita asam urat saja yang dilarang mengkonsumsi jeroan, para penderita kolesterol tinggi juga dilarang untuk makan jeroan. Keluarga jeroan seperti hati, babat, rempela, kikil, ginjal, kelenjar timus dan lain sebagainya memiliki kandungan purin yang tinggi dan berkontribusi didalam meningkatkan kadar asam urat dialam darah. Purin adalah senyawa zat  kimia tertentu yang apabila diuraikan didalam tubuh berubah menjadi asam urat. Dari kesemua jenis jeroan, hati yang memiliki kadar kolesterol tertinggi, kenapa demikian? karena kolesterol diproduksi dan disimpan didalam hati.

Makanan Laut (Seafood)

Makanan laut seperti ikan teri, tuna, makarel, sarden, kerang juga merupakan makanan yang mengandung purin tinggi. Selain itu makanan laut yang memiliki kadar purin paling tinggi adala lobster, bagi Anda pencinta makanan lobster ini sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Pada setiap 85 gram lobster mengandung 61 mg kolestrol, apalagi apabila lobster tersebut diolah dengan cara digoreng dengan minyak, pastinya kandungan kolesterolnya akan berlipat-lipat. Mari kita jaga asupan makanan laut kita supaya kadar kolesterol tetap terjaga.

Daging

Bagi Anda penderita asam urat dan kolesterol sebaiknya berhati hati untuk membatasi asupan daging, semua jenis daging terutama daging merah memiliki kandungan purin yang tinggi. Apabila Anda tetap ingin mengkonsumsi daging merah, sebaiknya membuang bagian lemak pada daging tersebut. Atau Anda bisa memilih alternatif lain dengan mengkonsumsi daging putih seperti ayam kalkkun. Tetapi mesti diperhatikan juga cara mengolah daging putih tersebut, sebaiknya dibuang pada bagian kulitnya dan mengolahnya tidak dengan cara digoreng.

Alkohol

Alkohol merupakan minuman yang tidak bersahabat bagi para penderita asam urat dan kolesterol. Mengkonsumsi minuman beralkohol seperti bir secara berlebihan bisa meningkatkan produksi asam urat dalam darah, sehingga bisa menyebabkan serangan asam urat yang berulang ulang. Selain itu minuman beralkohol seperti bis juga menyebabkan tubuh kesulitan untuk membuang asam urat keluar tubuh, selain dapat meningkatkan kadar asam urat minuman beralkohol juga meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Kondisi tubuh yang sehat bisa diperoleh dengan jalan menjaga agar kadar asam urat dan kolesterol dalam darah tetap normal dan juga tentunya dengan rajin berolahraga sekurangnya selama 30 menit setiap harinya. Demikianlah informasi yang bisa penulis berikan mengenai beberapa makanan yang bisa meningkatkan asam urat dan kolesterol. Semoga informasi ini bermfaat bagi para pembaca sekalian.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*