Makanan Sehat Untuk Jantung

Obat Jerawat

Makanan Sehat Untuk Jantung – Penyakit jantung saat ini merupakan jenis penyakit yang ditakuti oleh banyak orang di dunia, karena saat ini penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Untuk menghindari penyakit jantung harus dengan menjalani pola hidup sehat, salah satu nya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat untuk jantung.

Sebelum saya membahas mengenai makanan sehat untuk jantung saya akan memberikan beberapa informasi penting yang berkaitan dengan jantung terlebih dahulu.

Jantung Merupakan Salah Satu Organ Tubuh yang Sangat Vital

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital, fungsi dari jantung adalah memompa darah keseluruh bagian tubuh dan paru-paru. Jantung mengendalikan aliran darah melalui sistem peredaran darah dalam tubuh, mengalirkan oksigen ke seluruh pembuluh darah, memberikan nutrisi ke semua organ tubuh, memfilter racun dalam tubuh dan juga mengubah karbon dioksida menjadi oksigen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jika dilihat dari fungsinya maka jantung merupakan organ yang sangat vital bagi kehidupan manusia.

Kriteria Makanan Sehat Untuk Jantung 

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang paling sering terkena serangan penyakit. Ada beberpa jenis penyakit jantung yang sering dijumpai dan telah menjadi salah satu penyebab kematian yang tinggi di dunia. Jantung membutuhkan nutrisi yang sehat yang akan dialiri keseluruh organ tubuh. Berikut beberapa kreteria memilih makanan sehat untuk jantung :

  • Pilihlah jenis makanan yang sedikit mengandung lemak.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang terdiri dari buah-buahan, biji-bijian dan sayuran
  • Makanan yang banyak menagndung serat
  • Pilih makanan yang tidak banyak mengandung garam
  • Makanan dan minuman yang banyak mengandung gula
  • Makanan yang banyak kandungan omega 3

5 MAKANAN SUPER UNTUK PENDERITA JANTUNG

1. Kacang-kacangan

Perbanyaklah memgkonsumsi makanan kacang, seperti kacang merah sebanyak 3 cangkir seminggu. Kacang-kacangan banyak menagndung zat fitonutrien yang sangat bauk untuk jantung. Selain itu kacang-kacangan juga banyak mengandung air dan serat yang akan membuat anda cepat kenyang. Hal ini yang dapat mencegah anda mengkonsumsi lebih banyak kalori.

2. Biji-bijian

Apabila anda mengkonsumsi biji-bijian seperti beras merah, gandum dan jagung sebagai sumber utama karbon hidrat dapat menurunkan resiko penyakit jantung, diabetes, kanker, obesitas dan juga masalah kesehatan lainnya. Hal ini dikarenakan biji-bijian banyak mengandung serat, protein, antioksidan, vitmain B dan juga mineral. Miniral yang dimaksud disnini adalah zinc, zat besi, dan magnesium.

3. Apel

Berdasarkan penelitian mengkonsumsi buah apel sebanyak 1 -2 biah setiap harinya dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Hal itu dikarenakan apel sangat efektif mengurangi kolesterol jahat yang ada pada tubuh dan juga mengatur gula darah. Selain mengandung fitonutrien, apel juga mengandung zat senyawa lain yang bermanfaat bagu kesehatn jantung, yaitu zat quercetin dan pektin.

4. Anggur

Buah anggur dipercaya dapat mengurangi resiko penyakit jantung, hal ini dikarenakan anggur memiliki zat quercetin yang berfungsi untuk menurunkan hipertensi dan terkanan darh tinggi. Quercetin juga berfungsi melindungi pembuluh darah dari penyumbatan. Walaupun efek mengkonsumsi anggur pada kesehatan jantung masih perlu dikaji lagi dengan penelitian, tidak ada salahnya kita mengkonsumsi anggur sebagai pilihan buah sehari-hari.

5. Kubis

Kubis merupakan makanan yang sangat berguna untuk kesehatan jantung. Didalam kubis banyak mengandung lutein, zaexantin, sulforaphane dan isohiocyanata.  Kesemua kandungan zat tersebut adalah sebagai sumber anti oksidan yang tinggi untuk tubuh. Kemampuan zat anti oksidan yang diproduksi oleh kubis bisa menjaga kadar LDL dalam tubuh sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Kubis juga banyak mengandung vitamin C yang dapat menangkal radikal bebas dari tubuh. Selain itu kubis juga banyak mengandung sumber mineral yang baik untuk kesehatan jantung, seperti kalium, zat besi dan mangan.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*