Beberapa Makanan Penurun Kolestrol Yang Patut Anda Coba

Obat Jerawat
makanan penurun kolesterol

Infotentangkesehatan.com – Sedang mencari informasi makanan penurun kolesterol? Kolesterol merupakan salah satu masalah utama penyakit kardiovaskuler. Itulah mengapa untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, kita disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang tidak meningkatkan kadar kolesterol. Masalah kardiovaskuler tidak muncul begitu saja, melainkan terbentuk selama bertahun-tahun akibat pola makan serta gaya hidup yang tidak sehat. Jika anda masih muda, maka sebaiknya mulai dari sekarang perbanyak konsumsi makanan sehat. Makanan alami jauh lebih baik daripada makanan yang sudah diproses. Buah dan sayur serta kacang-kacangan termasuk yang baik untuk menjaga kolesterol agar tetap normal.

1. Serat

Berbicara soal makanan penurun kolesterol, maka kita tidak bisa melupakan yang namanya serat. Serat tidak hanya baik untuk menjaga kadar kolesterol, tapi juga bisa untuk menjaga kadar gula di dalam darah. Makanan seperti oatmeal, flaxseed, toge, apricot, mengandung serat dalam jumlah tinggi. Kemudian anda juga bisa mengkonsumsi wortel, brokoli, asparagus, dan kentang sebagai alternatif.

2. Rempah-rempah

Konsumsi rempah juga bisa membantu menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh. Anda suka bawang putih? Dikenal sebagai salah satu bumbu dapur paling penting untuk masakan Indonesia, nyatanya bawang juga punya banyak manfaat penting lain.

Salah satunya adalah untuk menurunkan kolesterol, trigeliserida, serta gula darah. Kayu manis juga dipercaya memiliki efek serupa. Rempah yang satu ini juga bisa melezatkan masakan. Namun anda perlu tahu manfaat positif lain yang dimilikinya. Cara kerjanya hampir sama, yaitu menurunkan level trigeliserida di dalam darah.

3. Kromium

Makanan penurun kolesterol juga biasanya mengandung kromium. Tubuh rata-rata memerlukan asupan kromium sebanyak 35 mikrogram setiap hari. Takaran tersebut berlaku untuk pria, sementara wanita membutuhkan asupan sebanyak 25 mikrogram sehari. Sementara itu, untuk pengobatan dosisnya bisa ditingkatkan menjadi 200 hingga 1000 mikrogram perhari. Anda bisa mendapatkannya dari suplemen mengingat mineral ini tidak begitu banyak jumlahnya di dalam makanan.

Baca artikel lainnya: Makanan Sehat Untuk Jantung

Tapi secara garis besar, kandungan kromium terdapat pada daging kalkun, brokoli, roti gandum, kentang, kacang panjang, dan pisang. Pencegahan tekanan darah tinggi tidak bisa dilakukan hanya dalam sehari dua hari saja. Diperlukan komitmen serius untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat jika anda tidak ingin mengalami masalah kardiovaskuler di kemudian hari.

4. Asam lemak omega-3

Makanan penurun kolesterol lainnya berasal dari golongan ikan-ikanan. Beberapa jenis ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Itulah mengapa minyak ikan sering dikemas ke dalam suplemen kesehatan. Jenis ikan seperti tuna, sardine, salmon, dan halibut punya kandungan omega-3 yang tinggi sehingga baik dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh.

Mereka yang rajin mengkonsumsi ikan beromega-3 cenderung meningkat kadar HDL di dalam tubuhnya. HDL adalah kolesterol baik, sementara kolesterol buruk disebut sebagai LDL. Anda suka kacang-kacangan? Kacang-kacangan mengandung lemak tidak jenuh, serat, serta antioksidan. Ada banyak sekali jenis kacang, tapi anda bisa mencoba walnut atau almond. Konsumsi keduanya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Namun begitu, kacang termasuk penganan berkalori tinggi. Jadi sebaiknya jangan makan terlalu banyak jika anda tidak ingin cepat gemuk.

5. Sterol dan stanol

Sterol dan stanol di dalam tumbuhan juga penting untuk kesehatan kardiovaskuler karena substansi ini bisa menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 12 persen. Sumbernya ada banyak, seperti buah, sayur, dan buncis. Ada pula makanan kemasan yang sudah diperkaya dengan zat ini, biasanya terdapat pada produk margarin, yogurt, dan jus. Silakan baca label pada kemasan untuk mengetahui apakah ada kandungan ini pada makanan yang hendak dibeli. Nah, itu tadi beberapa makanan penurun kolesterol yang bisa anda coba.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*