Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil Dan TAnda-TAnda Wanita Sedang Dalam Masa Subur

Obat Jerawat
Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Infotentangkesehatan.com – Hadirnya seorang anak ditengah-tengah keluarga memang merupakan kebahagiaan yang tiada terkira. Apalagi bagi pasangan suami istri yang baru menikah, mereka pasti ingin segera dianugerahi hadirnya seorang anak. Namun keinginan untuk cepat memiliki anak tersebut kadang terkendala oleh kurangnya pengetahuan bagi pasangan suami istri tersebut dalam menentukan masa subur wanita. Ketika sepasang suami istri melakukan hubungan seksual pada masa subur, maka peluang untuk terjadinya kehamilan akan semakin besar. Oleh karena itu sangatlah penting bagi sepasang suami istri untuk mengetahui cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil. Jika Anda belum mengetahui tentang perhitungan masa subur wanita Anda bisa membaca penjelasan berikut ini.

Kehamilan dapat terjadi apabila terjadinya proses fertisisasi atau pembuahan pada dinding rahim. Pembuahan sendiri bisa terjadi apabila sel sperma bertemu dengan sel telur. Pertemuan antara sperma dan sel telur tersebut dapat diupayakan dengan melakukan hubungan suami istri di waktu istri sedang dalam masa suburnya. Jadi penting sekali untuk megatur jadwal melakukan hubungan suami istri di masa-masa subur wanita dalam mengupayakan kehamilan. Untuk mengetahui cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil, berikut cara menghitung masa subur wanita yang efektif:

1. Mencatat Siklus Menstruasi dan Menghitungnya Secara Matematis

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Siklus menstruasi adalah rentang waktu sejak hari pertama kali menstruasi sampai hari pertama pada menstruasi bulan berikutnya. Siklus menstruasi wanita yang normal biasanya setiap 21 hingga 35 hari dengan waktu ovulasi atau pelepasan sel telur dari indungnya diantara hari ke 12 hingga hari ke 14. dari indungnya Dengan mencatat sikslus menstruasi secara rutin maka Anda pun bisa menentukan waktu masa subur Anda. Masa subur wanita dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu puncak masa subur (ovulasi) dan masa subur biasa.

Puncak masa subur wanita biasanya akan terjadi pada 13 hari setelah mengalami menstruasi sejak hari pertama. Sedangkan masa subur biasa terjadi pada 3 hari sebelum dan setelah puncak masa subur. Apabila Anda mengalami menstruasi pada tanggal 1 maka waktu puncak masa subur Anda adalah pada tanggal 13, dan masa subur biasa Anda adalah di tanggal 10 dan tanggal 16. Sedangkan jika Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur Anda sebaiknya mencatat lamanya siklus menstruasi Anda selama kurang lebih 6 hingga 8 bulan. Anda bisa menentukannya melalui siklus menstruasi terpendek dan siklus menstruasi terpanjang yang biasa Anda alami.

Cara mengitung lamanya siklus menstruasi ini adalah dari jumlah hari pada siklus menstruasi paling panjang kemudian dikurangi 11. Hasil perhitungan ini akan menentukan masa subur terakhir Anda dalam siklus menstruasi tersebut. Sedangkan untuk mengetahui waktu masa subur awal, Anda bisa menghitungnya dari jumlah hari pada siklus terpendek kemudian dikurangi 18. Misalnya jika Anda memiliki siklus menstruasi terpanjang selama 33 hari dan siklus menstruasi terpanjang selama 28 hari. Cara menghitung masa subur Anda adalah:

Masa subur awal = 28 – 18 = 10

Masa subur terakhir = 33 – 11 = 22

Dari hasil perhitungan tersebut maka masa subur Anda terjadi antara hari ke 10 dan hari ke 22. Cara mengitung masa subur wanita agar cepat hamil ini memiliki keakuratan hingga 90 % ke atas. Agar lebih memudahkan proses perhitungan, Anda juga bisa menggunakan kalkulator kesuburan yang banyak tersedia di halaman internet. Anda juga bisa mengunduh aplikasinya dan menginstalnya di smartphone milik Anda. Apabila Anda masih merasa bingung tentang cara perhitungan ini, perhatikan contoh cara menghitung masa subur wanita dengan siklus menstruasi yang teratur berikut ini:

  • Apabila Anda mengalami menstruasi pada bulan lalu di tanggal 1 Maret, kemudian bulan ini Anda mengalami mesntruasi pada tanggal 3 April. Siklus menstruasi Anda terhitung di saat hari pertama menstruasi di bulan lalu adalah 33 hari. Maka Anda akan berovulasi atau mengalami puncak masa subur pada tanggal 22 April, dan masa subur di tanggal 21 hingga 23 April, yaitu sehari sebelum dan sesudah terjadinya puncak masa subur. Lamanya periode menstruasi biasanya berubah-ubah setiap bulannya yaitu mulai dari 2 hingga 7 hari. Perubahan lamanya periode menstruasi ini membuat ovulasi bisa terjadi seminggu lebih cepat atau seminggu lebih lambat dari periode sebelumnya.

Untuk memperjelas cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil berdasarkan siklus menstruasi di atas, berikut detail siklus menstruasi teratur yang terjadi pada wanita yang mungkin bermanfaat bagi pengetahuan Anda:

  • Hari ke 1 – 5

Tidak adanya pembuahan di dalam dinding rahim akan membuat dinding rahim mengalami peluruhan dan menjadi darah. Fase ini lah yang akan membuat Anda mengalami menstruasi. Kadar hormon estrogen dan hormon progesteron pun akan mengalami penurunan pada fase ini.

  • Hari ke 6 – 7

Otak akan menghasilkan hormon-hormon yang akan merangsang terbentuknya sel telur.

  • Hari ke 8 – 9

Dinding rahim akan mengalami penebalan kembali dan akan meningkatkan suplai pembuluh darah. Fase ini merupakan persiapan dinding rahim untuk menerima sel telur yang akan dibuahi

  • Hari ke 10 – 11

Lendir vagina akan menjadi lebih kental dan lengket

  • Hari ke 12

Lendir vagina akan berubah menjadi lebih licin, elastis dan berwarna bening. Fase ini merupakan fase penanda masa ovulasi akan segera terjadi. Meski ovulasi belum terjadi, hubungan suami istri yang dilakukan pada fase ini bisa memungkinkan terjadinya kehamilan. Hal ini dikarenakan sperma dapat bertahan hidup selama 2 hingga 7 hari di rahim wanita

  • Hari ke 13

Kadar hormon estrogen akan meningkat secara drastis sebelum mengalami penurunan kembali

  • Hari ke 14

Kadar hormon estrogen yang menurun akan memicu dihasilkannya hormon lain sehingga ovarium akan melepaskan sel telur yang biasa disebut sebagai ovulasi. Sel telur dapat bertahan hidup di dalam rahim wanita sekitar 12 hingga 24 jam lamanya.

  • Hari ke 15 – 24

Apabila tidak terjadi proses pembuahan sel telur, maka masa subur pun akan segera berakhir. Pada fase ini lendir vagina akan berwarna keruh dan kental.

  • Hari ke 25 – 27

Karena tidak adanya pembuah sel telur, kadar hormon progesteron akan kembali menurun dan produksi lendir vagina akan berhenti dengan sendirinya.

  • Hari ke 28 – 30

Kadar hormon estrogen dan hormon progesteron akan terus mengalami penuruanan dan menstruasi pun akan kembali terjadi.

2. Menggunakan Alat Pengukur Temperatur Tubuh

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil selanjutnya adalah dengan menggunakan alat pengukur temperatur tubuh. Anda bisa mengukur temperatur tubuh Anda di waktu pagi sebelum melakukan berbagai macam kegiatan sehari-hari. Temperatur atau suhu tubuh seorang wanita yang tidak sedang mengalami ovulasi biasanya berkisar antara 35 hingga 37 derajat celsius. Namun apabila wanita tersebut sedang mengalami ovulasi suhu tubuhnya akan meningkat hingga setengah derajat pada angka yang sama sampai menstruasi datang. Kenaikan suhu tubuh wanita ini dipengaruhi oleh hormon progesteron.Apabila Anda mencatat suhu tubuh Anda dalam beberapa siklus mestruasi maka  Anda bisa memperkirakan waktu masa subur Anda. Puncak masa subur ini biasanya terjadi sekitar 1 hingga 2 hari sebelum suhu tubuh wanita mengalami peningkatan tertinggi.

3. Menggunakan Alat Pengecek Kesuburan

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil-3

Menggunakan alat pengecek kesuburan juga merupakan salah satu cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil yang cukup efektif. Apabila Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, sebaiknya Anda menggunakan alat pengecek masa subur yang biasanya tersedia di dokter kandungan. Anda juga bisa membeli alat pengecek masa subur ini di apotek. Alat pengecek kesuburan ini dapat digunakan dengan cara mengukur kadar hormon lutein yang ada di dalam urine. Hormon lutein akan keluar bersama urine saat wanita akan mengalami masa suburnya. Alat ini mirip dengan alat pengecek kehamilan, yaitu ditAndai dengan muculnya strip pada alat tersebut. Namun cara penggunaan kedua alat ini memiliki perbedaan.

Baca Artikel Lainnya : Beberapa Cara Menjaga Kehamilan Agar Bayi Lahir Sehat

Untuk memeriksa kehamilan, urine yang dipakai adalah urine yang keluar  di pagi hari, sedangkan untuk mengecek kesuburan urine yang dipakai adalah urine di siang atau sore hari hari. Hal tersebut dikarenakan pada pagi hari, hormon lutein baru akan disintesis oleh tubuh. Hormon lutein akan keluar bersama urine pada siang atau sore harinya. Waktu terbaik untuk menggunakan alat tes masa subur ini adalah antara jam 11 siang hingga jam 3 sore dan pada jam 5 sore hingga jam 10 malam. Cara menggunakan alat pengecek masa subur ini adalah dengan mengarahkan ujung alat tersebut ke aliran urine yang keluar kemudian kenai hingga beberapa detik saja. Anda juga bisa menggunakan alat pengecek masa subur ini dengan mencelupkan ujung alat pengecek masa subur tersebut ke wadah yang berisi urine. Tunggulah selama 3 sampai 5 menit, alat pengecek masa subur tersebut pun akan bekerja dan memperlihatkan hasilnya. Alat pengecek masa subur ini memiliki keakuratan hingga 95 %

Selain menggunakan cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil di atas Anda juga bisa mengetahui masa subur Anda dengan melihat tanda-tanda yang biasa muncul ketika seorang wanita sedang berada pada masa subur. Tanda-tanda masa subur yang dialami oleh setiap wanita pasti berbeda-beda, hal itu bergantung kepada kondisi tubuh wanita tersebut. Untuk mengetahui tanda-tanda apa saja yang muncul ketika seorang wanita sedang berada dalam masa subur.

Beberapa tanda-tanda masa subur yang biasa dialami oleh seorang wanita :

  • Perubahan Lendir Vagina
Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Untuk mengetahui masa subur wanita Anda juga bisa melakukannya dengan memeriksa lendir atau cairan pada vagina. Cara mengetahui masa subur dengan memeriksa lendir vagina ini memang termasuk ke dalam cara mengetahui masa subur secara tradisional dengan metode yang lebih sederhana. Lendir yang keluar dari vagina biasanya akan menempel di celana dalam Anda. Beberapa hari sesudah masa menstruasi Anda berhenti, lendir vagina akan terlihat kental dan lengket. Kermudian lendir vagina tersebut akan mulai berwarna bening, elastis dan lebih terasa licin. Perubahan yang terjadi pada lendir vagina ini merupakan dampak dari perubahan kadar hormon estrogen yang ada di dalam tubuh wanita. Lendir vagina yang berwarna bening, licin dan elastis tersebutlah yang menAndakan Anda sedang dalam masa subur wanita.

Baca Artikel Lainnya : Begini Proses Terjadinya Kehamilan

Agar lebih meyakinkan, Anda bisa mengecek keelastisan lendir vagina dengan menggunakan jari. Oleskan lendir vagina tersebut diantara ibu jari dan jari telunjuk Anda. Kemudian rekatkan kedua jari tersebut dan buatlah jarak hingga 3 cm. Jika lendir vagina tersebut terputus maka kemungkinan besar Anda tidak berada dalam masa subur. Namun apabila lendir vagina tersebut tidak terputus, Anda sedang berada di dalam masa subur. Lendir vagina berfungsi sebagai pelancar dan pelindung sperma dalam perjalanannya untuk bertemu sel telur. Apabila proses sperma bertemu dengan sel telur dapat berjalan lancar, maka Anda pun akan mudah hamil. Cara mengetahui masa subur wanita ini memiliki keakuratan mencapai 70 hingga 75 %.

  • Timbulnya Rasa Nyeri Pada Beberapa Bagian Tubuh.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Saat terjadi ovulasi, sebagian besar wanita akan merasakan nyeri di daerah perut bagian sisi kanan atau kiri bawah dan daerah tulang panggul. Perut akan terasa kram selama 1 sampai 2 jam dan bahkan bisa sampai beberapa hari lamanya. Selain itu akan timbul juga rasa nyeri pada payudara. Payudara akan terasa lebih besar, bengkak, lunak dan sensitif terhadap sentuhan. Rasa nyeri yang timbul pada masa subur wanita tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya munculnya folikel yang ada di dalam ovarium sebelum terjadinya ovulasi, adanya kontraksi otot yang terjadi di tuba falopi dan ovarium setelah terjadinya ovulasi serta akibat peluruhan dinding ovarium yang terjadi setiap bulannya pada saat wanita berovulasi. Rasa nyeri pada beberapa bagian tubuh inilah yang biasanya menAndakan seorang wanita berada di dalam masa subur.

  • Timbulnya Hasrat Seksual yang Lebih Bergairah

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Saat wanita berada di dalam masa subur, ia akan merasakan hasrat seksual yang meningkat tajam dan lebih bergairah. Meningkatnya hasrat seksual pada wanita yang sedang dalam masa subur ini tidak hanya terjadi pada wanita yang tidak memakai alat pencegah kehamilan saja, melainkan terjadi juga pada wanita yang memakai IUD atau Intrauterine Device. Kemungkinan penyebab melonjaknya hasrat seksual wanita pada masa subur ini adalah produksi pheromones yang meningkat pada masa ovulasi. Pheromones inilah yang akan meningkatkan hasrat seksual pada wanita. Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Calivornia Utara menyebutkan bahwa pada masa subur wanita akan melakukan hubungan seksual dengan frekuensi yang lebih banyak jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

 Cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil di atas beserta tanda-tanda masa subur wanita yang telah dijelaskan di atas akan berjalan dengan maksimal jika Anda juga melakukan beberapa kiat-kiat lain untuk mempermudah Anda dalam memperoleh kehamilan.

Beberapa Tips Agar Wanita Cepat Hamil

  1. Posisi Dalam Melakukan Hubungan Seksual

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Selain melakukan hubungan seksual di masa subur bisa mempermudah seorang wanita agar cepat hamil. Posisi saat melakukan hubungan seksual pun dapat membantu Anda untuk segera hamil. Ketika Anda sedang melakukan hubungan seksual sebaiknya saat pria akan mengalami orgasme, posisi pria sebaiknya berada di atas wanita. Setelah hubungan seksual tersebut selesai dilakukan dan sperma telah masuk ke dalam rahim akan lebih baik jika Anda tidak langsung bangun dari tempat tidur. Anda bisa berbaring dengan posisi terlentang di atas tempat tidur selama 10 hingga 15 menit agar perjalanan sperma untuk bertemu dengan sel telur bisa berjalan secara lebih optimal dan bisa terjadi pembuahan. Selain itu hindarilah penggunaan pelicin saat melakukan hubungan seksual karena kandungan zat yang ada di dalam pelicin tersebut yang dapat merusak kualitas sperma pasangan Anda.

  1. Mengkonsumsi Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesuburan

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Agar Anda memiliki kesuburan yang optimal maka sebaiknya Anda mengkonsumsi berbagai macam makanan yang bernutrisi dan bervitamin tinggi. Beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan diantaranya kecambah, ayam, alpukat, dan susu. Sedangkan untuk meningkatkan kesuburan suami dan peningkatan kualitas sperma, suami Anda bisa mengkonsumsi makanan dengan kadar protein yang cukup seperti telur, ikan, daging, dan makanan berprotein lainnya.

  1. Menerapkan Gaya Hidup Sehat Dan Olahraga Secara Teratur

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Dengan menarapkan gaya hidup sehat dan berolahraga secara teratur, kesuburan Anda dan pasangan pun akan tetap terjaga dan selalu dalam kondisi yang optimal. Hindarilah kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesuburan, seperti seringnya mengkonsumsi minuman berakohol serta pemakaian obat-obatan. Untuk meningkatkan kesuburan, Anda juga harus rajin melakukan berbagai macam aktivitas olahraga untuk menjaga berat bedan Anda tetap ideal. Karena apabila Anda memiliki badan dengan kadar lemak yang tinggi, produksi hormon estrogen pun akan ikut meningkat sehingga bisa mengganggu proses ovulasi. Namun Anda juga tidak boleh melakukan aktivitas olahraga secara berlebihan, karena berolahraga secara berlebihan dapat menganggu masa subur Anda. Aktivitas olahraga yang dilakukan secara berlelbihan dapat menyebabkan kelenjar yang ada di bawah otak tidak mampu merangsang proses pelepasan sel telur dari indung telur.

  1. Konsultasi Ke Dokter

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Apabila Anda belum juga dikarunai anak setelah melakukan hubungan seksual di waktu-waktu masa subur secara teratur, sebaiknya Anda segera mengkonsultasikannya ke dokter. Apalagi jika Anda sudah memasuki usia 35  hingga 40 tahun, maka masalah kesuburan perlu segera diobati. Karena saat seseorang memasuki usia 40 tahun ke atas kesuburan yang ia miliki pun akan semakin menurun. Jadi apabila Anda atau pasangan Anda memiliki masalah kesuburan, jangan ragu lagi untuk segera melakukan pengobatan secara rutin.

  1. Menjaga Kesehatan Vagina

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Menjaga kesehatan vagina juga dapat membantu Anda untuk bisa segera hamil. Jika Anda mengalami masalah keputihan, sebaiknya Anda segera melakukan pengobatan, karena keputihan akan menganggu kondisi kesehatan vagina Anda serta dapat berpengaruh terhadap kualitas sperma yang masuk ke ke dinding rahim melalui vagina.

Menentukan masa subur wanita sebelum melakukan hubungan suami istri memang sangat efektif untuk segera memperoleh kehamilan, karena pada saat masa subur tersebut merupakan saat-saat terbaik terjadinya pembuahan sel telur oleh sperma. Meski begitu bukan berarti wanita tidak akan bisa hamil jika melakukan hubungan seksual di luar masa subur. Hubungan seksual yang dilakukan di luar masa subur wanita pun bisa memungkinkan terjadinya kehamilan, akan tetapi peluang kehamilan tersebut ada para presentase yang sangat kecil. Demikianlah penjelasan mengenai cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil dan tanda-tanda wanita yang sedang berada pada masa subur. Apabila Anda merupakan pasangan suami istri yang ingin segera dikaruniai keturunan Anda bisa menggunakan berbagai cara menghitung masa subur wanita di atas untuk menentukan waktu yang tepat dalam melakukan hubungan seksual serta menjalankan kiat-kiat untuk segera memperoleh kehamilan. Semoga bermanfaat.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*