Tips Untuk Mempunyai Kulit Yang Sehat Dan Cerah

Obat Jerawat
tips mencerahkan kulit

Infotentangkesehatan.comSetiap orang pasti mendambakan untuk memiliki kulit yang sehat cerah dan tanpa cela, bebas dari jerawat dan noda hitam. Untuk mendapatkan semua itu, pastinya kita akan rela melakukan apa saja setiap harinya, mulai dari makeran, steaming, sampai facial semua ritual dilakoninya.

Entah bagaimana, tetap saja noda hitam membandel masih muncul pada kulit. Dan kamupun harus menutupinya dengan menggunakan makeup, pastinya sangat merepotkan.

Tetapi tenang saja, penulis akan membagikan tips pada Anda bagaimana menjadikan wajahmu sehat dan cerah dengan cara-cara yang sederhana. penasaran? silahkan disimak tips berikut ini :

1. Hindarilah Panas Sinar Matahari Pada Jam-jam Tertentu

Timbulnya noda hitam diwajahmu bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan. Apabila kamu sering keluar rumah pada saat panas terik, sebaiknya lindungi kulit kamu dengan memakai topi dan oleskan kulit dengan krim anti-UV.

Proses noda hitam yang muncul diwajah kamu dikarenakan paparan sinar matahari melalui proses yang lama, tanpa kamu sadari tiba-tiba noda hitam tersebut sudah muncul diwajah kamu. Kalau sudah begini, kamu sendiri yang akan menyesalinya.

2. Noda hitam yang baru muncul, biasanya masih berada pada laisan epidermi. Hal ini masih mudah untuk dihilangkan, gunakan exfoliate untuk menyingkirkan noda hitam yang masih baru tersebut.

Kulit kita terdiri dari 3 lapisan yang berbeda. Kadang sebenarnya noda hitam kita yang muncul pada kulit masih berada pada lapisan kulit terluar atau epidermis. Nah noda hitam ini bisa disingkirkan apabila kamu juga menyingkirkan lapisan kulit terluar atau epidermis kamu. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan exfoliate sendiri dirumah.

Untuk melakukan exfiliate, bahan atau alat yang bisa digunakan adalah  batu kali (kecuali kulitmu kering), kain mikrofiber, atau scrub. Exfoliation bisa dilakukan 1-2 kali dalam satu minggu, tetapi kalau kulit kamu terlalu sensitif lakukan saja 1 kali dalam seminggu.

Baca Artikel Lainnya : CARA MEMUTIHKAN KULIT

3. Tidak hanya exfoliation yang bisa menghilangkan noda hitam, masker buah-buahan juga bisa menyingkirkan noda hitam yang ada pada wajah kamu.

Ada beberapa buah yang mengandung asam peroksida alami yang berguna untuk megikis lapisan terluar dari kulit wajah. Misalnya buah pepaya dan juga jeruk sitrus.

Lalu bagaimana membuat masker yang OK untuk kulit wajah kamu?, caranya adalah haluskan daging buah pilihan kamu didalam mangkuk, kemudian oleskan secara merata pada kulit wajah. Diamkan selama 15 menit sebelum kemudian kamu basuh muka kamu dengan air bersih. Jangan terlalu lama memakai maskernya, karena bila terlalu lama bisa membuat kulit wajah kamu menjadi kering.

4. Behati-hatilah pada saat wajah kamu sedang berjerawat, Hindari memencet jerawat, apabila ini kamu lakukan maka bisa dipastikan jerawat kamu akan emninggalkan noda hitam di wajah yang sulit hilang.

Ada beberapa jenis noda hitam. Yang paling sulit untuk dihilangkan adalah jenis noda hitam bekas dari kulit yang meradang (post-inflammatory hyperpigmentation). Salah satu penyebab noda hitam ini adalah jerawat. Saat jerawat yang meradang muncul dikulit wajah kamu sentuh dengan jari, maka hal ini berpotensi akan semakin meradangnya jerawat tersebut. yang pada akhirnya jerawat ini akan meninggalkan bekas-bekas berupa noda hitam.

Olehkarena itu jangan sekali-sekali kamu menyentuh apalagi sampai memencet jerawat yang timbul diwajah kamu, karena bisa memberikan bekas noda hitam pada kulit kamu. Untuk menghindarinya kamu bisa mengkompress dengan es batu saja untuk menghilangkan bengkak dan rasa gatalnya.

5. Coba perhatikan obat yang kamu konsumsi. Hormon perangsang yang meyebabkan noda hitam bisa naik dikarenakan hal ini

Kamu pasti tidak menyangka bahwa kasus noda hitam yang muncul 10-20% disebabkan oleh obat-obatan yang dikonsumsi. Pil KB, obat penenang, antibiotik sampai dengan obat malaria adalah merupakan contoh obat-obatan yang bisa menimbulkan noda hitam dan kulit menjadi kusam.

Apabila kamu sedang mengkonsumsikan obat-obatan tertentu, konsulasikanlah kepada dokter, mungkin saja obat-obatan tersebut yang menyebabkan noda hitam muncul pada kulit wajah kamu.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*