Merawat Kulit Tetap Sehat Sampai Tua

Obat Jerawat
merawat kulit tetap sehat sampai tua

Infotentangkesehatan.com – Anda ingin memiliki kulit sehat dan awet sampai tua? tentu harus melakukan perawatan yang insentif dan berkesinambungan, karena kulit sehat dan awet tidak datang dengan sendirinya. Nah, kali ini kita akan membahas cara merawat kulit agar tetap sehat dan awet sampai tua.

1. Jagalah Kesehatan Kulit Semenjak Dini

Untuk memulai perawatan kulit kamu tidak perlu menunggu usia 30 tahun terlebih dahulu. Para pakar menyarankan untuk para wanita sebaiknya memulai ritual perawatan kulit semenjak usia 20 tahun. Dasar perawatan ini yang akan menentukan bagaimana keadaan kulit kamu pada saat tua nanti.

2. Merawat Kulit Tetap Sehat Pada Usia 20 tahunan

Pada usia ini tidak diperlukan perawatan kulit yang merepotkan, karena hanya dibutuhkan perawatan dasar saja pada usia ini seperti membersihkan, melindungi dan melembabkan.

Bersihkanlah wajah setiap hari minimal 2x menggunakan pembersih yang lembut dan mengandung pelembab. Walaupun pada usia ini kebanyakan wanita memiliki kulit berminyak, tetapi bukan berarti harus menggunakan produk yang membuat kulit menjadi kasat dan kering.

Karena pembersih yang membuat kulit kesat memiliki kandungan sodium lauryl sulfate, bahan kimia yang bisa membuat minyak alami kulit menghilang. Kalau dipakai terus menerus, lama kelamaan akan membuat kulit menjadi kering bahkan bisa menyebabkan iritasi kulit.

Pakailah tabir surya pada pagi hari untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung.  Kenapa hal ini harus dilakukan? karena paparan sinar surya yang mengenai kulit secara langsung bisa menyebabkan tanda-tanda penuaan dini seperti kulit kering dan munculnya garis-garis halus.

Malam harinya gunakanlah krim pelembab, sebaiknya gunakan krim pelembab yang sesuai dengan kulit kamu. Untuk perawatang yang dilakukan seminggu sekali kamu bisa menggunakan scrub untuk mengangkat kulit mati.

3. Merawat Kulit Tetap Sehat Pada Usia 30 tahunan

Saat menginjak usia 30 tahunan perawatan dasar yang dilakukan pada usia 20 tahun tetap dilanjutkan seperti biasa. Namun biasanya setelah memasuki usia 30 tahunan pada sebagian wanita ada yang mengalami perubahan jenis kulit. Umumnya yang terjadi adalah perubahan daru kulit berminyak menjadi kulit kering. Jika jenis kulit berubah, maka jenis produk perawatan wajahpun harus turut menyesuaikan.

Dengan bertambahnya usia kamu bisa menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF yang lebih tinggi, misalnya tabir surya dengan kandungan SPF 30 ataupun 50.

Kamu juga bisa menggunakan krim pelembab yang mengandung bahan antipenuaan disesuaikan dengan kondisi kulit kamu. Bahan antipenuaan yang bisa kamu gunakan seperti : retinoid, retinol, aplha hydroxy acid (AHA), asam hialuronat, vitamin C, niasinamid dan antioksidan.

Retinoid dan retinol adalah merupakan turunan dari Vitamin A yang sudah terkenal sebagai bahan antipenuaan dini. Retinol merupakan versi ringannya dari retinoid. Retinoid hanya bisa digunakan berdasarkan petunjuk dokter, kerena sifatnya yang lebih keras. Namun, bila kulit kamu kering dan sensitif berhati-hatilah menggunakan retinoid.

Baca Artikel Lainnya : Mitos Seputar Kesehatan Kulit

Untuk kamu yang mempunyai kulit kering disarankan untuk menggunakan krim yang mengandung asam hialuronat. Bahan ini berfungsi melembabkan kulitdan merangsang produksi kalogen agar supaya kulit terjaga kekenyalannya.

Bagi kamu yang mempunyai masalah dengan jerawat dan juga noda hitam di kulit, disarankan untuk menggunakan krim yang mengandung niasinamid.

Untuk kulit yang kusam bisa diatasi dengan menggunakan krim alpha hydroxy acid (AHA). Zat ini berfungsi untuk megangkat sel-sel kulit yang mati. Dengan demikian krim yang kamu gunakan bisa terserap kedalam pori-pori kulit dengan lebih baik.

Untuk Vitamin C dan antioksidan berperan untuk mengurangi kemerahan pada kulit dan peradangan kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak yang disebabkan oleh sinar matahari dan radikal bebas.

4. Merawat Kulit Tetap Sehat Pada Usia 40 tahun ke atas

Ketika usia kita semakin bertambah, sudah pasti kesehatan kulit kita akan menurun dan kulit akan semakin kehilangan kelembapan dan elastisitasnya. Kemampuan kulit untuk bisa memperbarui dirinya akan semakin berkurang. Makadari itu menggunakan perawatan kulit konvensional saja tidaklah cukup.

Terkait dengan perawatan kulit konvensional sangat penting bagi kamu agar supaya menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung pelembab, mulai dari sabun pembersih, serum, tabir surya, hingga krim malam.

Untuk perawatan mengangkat sel-sel kulit yang mati, menggunakan perawatan AHA mungkin sudah tidak cukup lagi, kamu bisa melakukan perawatan pengelupasan kimiawi atau chemical peeling yang dilakukan oleh dokter ahli.

Biasanya pada usia ini bercak-bercak hitam pada kulit juga akan semakin membandel, jika ini terjadi bisa menggunakan laser untuk menghilangkannya.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*