Penyebab Jerawat Bernanah dan Cara Mengatasinya

Obat Jerawat
jerawat bernanah

Infotentangkesehatan.com – Jerawat yang timbul kebanyakan memang menjadi pengganggu aktivitas seseorang dan juga membuat kepercayaan diri menjadi menurun. Banyak sekali jenis jerawat yang ada, bukan hanya pada bagian wajah saja tetapi juga bisa terjadi pada bagin tubuh atau yang paling sering pada bagian punggung. Kadangkala jerawat yang ada sampai bernanah, jerawat bernanah ini biasanya timbul pada usia remaja yang baru saja puber, karena hormon penyebab jerawat masih belum stabil. Kebanyakan juga terjadi dikarenakan memiliki kulit yang sensitif dan berminyak.

 

BERIKUT FAKTOR UTAMA PEMICU JERAWAT BERNANAH

Memiliki kulit yang sehat serta terawat dengan baik tentunya akan membuat penampilan diri Anda semakin cantik dan juga menarik. Namun masih banyak saja yang mengeluhkan jerawat yang tumbuh subur pada wajahnya maupun badannya. Jerawat yang timbul banyak juga yang sampai bernanah yang membuat Anda pastinya gemas untuk memcahkannya. Berikut ini akan kita bahas penyebab jerawat bernanah, sebagai berikut :

  • Jerawat timbuk dikarenakan adanya tumpukan lemak, kulit yang berminyak serta kotoran debu yang menempel pada kulit Anda. Kondisi ini memicu tumbuhnya jerawat dengan sangat mudah dan subur.
  • Nanah yang timbul pada jerawat dikarenakan adanya peradangan dan infeksi pada jerawat Anda, hal ini tentunya akan membuat jerawat bernanah dan membuat jerawat jadi cepat pecah. Kondisi ini harus diwaspadai dan dijaga agar jerawat yang bernanah tidak pecah, karena apabila jerawat bernanah tersebut pecah akan memudahkan penyebaran jerawat pada area kulit lainnya.
  • Salah satu pemnyebab mudahnya jerawat tumbuh pada kulit adalah dikarenakan makanan-makanan yang tidak sehat. Hindari makanan yang banyak mengandung minyak, seperti : goreng-gorengan ataupun junk food.
  • Anda kurang menjaga kesehatan dan kebersihan kulit, sehingga berdampak timbulnya jerawat pada kulit sampai bernanah dikarenakan iritasi yang terjadi dari kotoran-kotoran yang menempal pada kulit.

 

CARA MENCEGAH JERAWAT BERNANAH

  1.  Berhentilah meraba-raba dan menggaruk-garuk pada area permukaan kulit yang berjerawat, untuk menghindari agar tidak gatal, sering-seringlah mandi agar kulit selalu bersih.
  2. Jangan sekali-sekali mencoba untuk memencet jerawat yang ada pada kulit, walaupun Anda ingin sekali melakukan hal itu, apabila anda lakukan hal tersebut kerugiannya adalah akan membuat jerawat meninggalkan bekas lubang pada kulit Anda.
  3. Kurangi kebiasaan Anda untuk tidur larut malam. Pada malam hari merupakan waktunya kulit melakulan regenerasi, apabila kondisi tubuh dalam keadaan kurang rileks, maka proses regenerasi kurang maksimal.
  4. Untuk para wanita, gunakanlah alat kosmetik yang sudah steril, untuk cara mengatasi jerawat bernanah yang menggunakan sendok luna harus dibersihkan terlebihdahulu menggunakan alkohol, agar kuman yang ada pada jerawat yang satunya tidak berpindah dan menyebar ke tempat yang lain sehingg jerawat malah melebar dan semakin banyak.

Baca Artikel Lainnya : CARA CEPAT MENGHILANGKAN BEKAS JERAWAT

 

CARA ALAMI MENGATASI JERAWAT YANG BERNANAH DAN MERADANG

1. Jus Jahe

Minumlah jus jahe secara rutin setiap hari, hal ini dapat membantu Anda untuk mengarasi jerawat bernanah dari dalam, ini dikarenakan jus jahe memiliki kandungan anti-bakteri dan juga anti-inflamasi yang sangat tinggi.

2. Bawang Putih

Bawang putih juga sangat ampuh untuk memerangi bakteri yang ada pada kulit wajah Anda, karena bawang putih memiliki kandungan anti bakteri dan anti septik yang tinggi.

Caranya : Ambil bawang putih secukupnya, lalu haluskan. Kemudian oleskan secara merata keseluruh  kulit wajah, sebelumnya sebaiknya kulit terlebih dahulu dibersihkan dengan menggunakan air hangat. Diamkan selama kurang lebih 30 menit kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

3. Daun Sirih

Daun sirih ini memiliki khasiat yang sangat baik untuk membunuh bakteri pada kulit wajah.

Caranya : Ambil sekitar 10 lembar daun sirih yang masih segar, lalu robek-robek dan rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan berubah warna. Tambahkan sekitar 2 sendok makan garam dapur, lalu angkant dan diamkan hingga hangat. Lalu kompres lah wajah Anda dengan menggunakan handuk kecil yang bersih, lakukan sampai air sirih tersebut dingin. Untuk hasil yang maksimal lakukan secara rutin setiap hari sebelum tidur sampai jerawat yang bernanah tersebut kempis.

4. Air Lemon

Buah lemon terkenal dengan kandungan Vitamin C yang tinggi dan dapat berfungsi sebagai anti oksidan dan juga dapat berfungsi mengangkat sel kulit yang mati.

Caranya : Ambil 1 buah lemon segar, lalu belah menjadi 2 bagian dann peras untuk diambil sari airnya. Selanjutnya bersihkan kulit wajah dengan air hangat dan lap sampai kering dengan handuk yang steril. Oleskan air perasan lemon tersebut pada kulit wajah hingga merata dan diamkan sampai pagi hari, dan berihkan dengan air dingin. Lakukan secara rutin setiap malam menjelang tidur sampai jerawat yang bernanah benar-benar sembuh.

Demikianlah tentang bagaimana cara mencegah dan mengobati jerawat bernanah yang ada pada kulit, semiga artikel ini bisa membantu para pembaca yang memang sedang mencari solusi untuk kesembuhan daru jerawat bernanah tersebut.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*