Solusi Perawatan Wajah Berjerawat Yang Modern dan Alami

Obat Jerawat
perawatan wajah berjerawat

Infotentangkesehatan.com – Munculnya jerawat terjadi karena tersumbatnya pori-pori kulit dan terlalu aktifnya kelenjar minyak. Sebenarnya tidak hanya wajah saja, tapi jerawat juga bisa muncul di area tubuh lain, seperti dada, punggung, paha, dll. Hanya saja, kemunculan jerawat di wajah bisa sangat mengganggu penampilan. Itulah mengapa banyak orang mencari solusi perawatan wajah berjerawat supaya jumlah jerawat di wajah mereka bisa berkurang. Ada beberapa jenis perawatan yang bisa dilakukan, berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Berhenti memencet jerawat

Ini adalah salah satu poin terpenting dalam memerangi jerawat. Memencet jerawat tidak akan mempercepat penyembuhannya. Justru kebiasaan ini akan meninggalkan bekas yang tidak enak untuk dilihat. Bahkan dengan menyentuh saja dengan kondisi tangan yang tidak steril, ini bisa membuat jerawat menjadi terinfeksi dan menimbulkan noda yang berbekas. Oleh sebab itu, sebisa mungkin tahan diri agar tidak memencet jerawat di wajah. Biarkan bintik-bintik itu hilang dengan sendirinya.

2. Jaga kelembaban kulit

Menjaga kulit agar tetap lembab juga sangat penting dalam perawatan wajah berjerawat. Sebaiknya pilih moisturizer yang tidak ada kandungan minyaknya. Pelembab akan membantu mencegah kulit kering dan berkerak. Ada berbagai macam produk di luaran saja, namun pilih yang ada kandungan gliserin, urea, dan alpha hydroxy acids-nya.

3. Perawatan dengan bahan-bahan kimia

Seperti dijelaskan sebelumnya, perawatan wajah berjerawat ada yang sifatnya kimia dan natural. Sekarang tinggal anda pilih sendiri, atau bisa juga dengan mengkombinasikan keduanya. Produk pembersih jerawat bisa didapatkan tanpa resep dokter dan tersedia di apotek-apotek terdekat. Carilah produk yang ada kandungan benzoil peroksida, asam salisilat, serta sulfurnya. Ketiganya tergolong ampuh untuk memerangi jerawat dan merawat noda bekas yang ditinggalkan.

Baca artikel lainnya: Cara Cepat Menghilangkan Bekas Jerawat

Untuk kasus yang lebih parah, anda disarankan untuk datang ke dokter karena obat-obatan yang tersedia di apotek mungkin tidak begitu manjur. Anda bisa bertanya langsung ke dermatologis supaya mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit. Anda mungkin akan diresepkan krim yang punya kandungan tretinoin dan adapalene.

4. Masker putih telur

Selain dengan bahan-bahan kimia, anda juga bisa mencoba terapi alami dengan menggunakan putih telur. Putih telur membantu penyembuhan jerawat dengan mengangkat kotoran yang menempel di permukaan kulit dan menyumbat pori-pori. Putih telur juga bisa membantu menyerap minyak berlebih terutama pada mereka yang pada dasarnya punya kulit berminyak. Cara pemakaiannya cukup mudah. Pertama pecahkan telur, lalu pisahkan putih dari kuningnya. Putih telur bisa langsung anda aplikasikan pada wajah dan tunggu hingga kering. Jika sudah kering, basuh dengan air hingga bersih. Ulangi terapi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Air jeruk nipis

Jeruk nipis punya kandungan antibakteri. Bakteri merupakan salah satu pangkal masalah jerawat. Dengan menghambat pertumbuhannya, jerawat tidak akan bertambah parah. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung exfoliating agent yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Treatment rutin akan membuat wajah tampak lebih cerah bersinar. Hanya saja, kondisi asam dari jeruk nipis terkadang tidak ramah untuk beberapa jenis kulit, apalagi yang sensitif.

Maka dari itu, jika kulit anda tidak toleran terhadap asam, jangan mencoba terapi yang satu ini. Cara pemakaiannya cukup mudah. Ambil satu buah jeruk nipis, potong menjadi dua, lalu peras airnya ke dalam mangkuk. Pakai cotton bud untuk mengoleskan air tersebut pada wajah yang berjerawat. Tunggul selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori kulit.

6. Minyak zaitun dan bawang putih

Kombinasi minyak zaitun dan bawang putih juga bisa menjadi alternatif perawatan wajah berjerawat. Campurkan 4 sendok makan minyak zaitun dengan 2 atau 3 siung bawang putih yang telah dihaluskan. Ini bisa dipakai untuk terapi dari dalam maupun dari luar. Untuk terapi dari dalam, minum 1 sendok sehari. Kemudian untuk terapi dari luar, anda bisa mengaplikasikannya pada kulit yang berjerawat.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*