15 Cara Mengatasi Rambut Rontok Alami

Obat Jerawat

Cara mengatasi rambut rontok – Setiap orang tidak menginginkan mengalami kerontokan pada rambutnya, baik pria maupun wanita. Rambut rontok kerap kali terjadi, hingga sampai kepada penipisan rambut. Bagi seseorang yang sangat memperhatikan penampilan hal ini merupakan mimpi buruk bagi mereka.

Setiap tahunnya jumlah penderita rambut rontok megalami peningkatan, penyebab rambut rontok karena kurangnya perawatan atau kurangnya perhatian pada kesehatan rambut. Rambut rontok bisa dialami oleh siapa saja, baik orang dewasa, remaja maupun anak-anak.

Banyak cara mengatasi rambut rontok, baik yang secara alami maupun cara-cara modern dari bidang kedokteran. Tetapi disini saya akan membahas cara mengatasi rambut rontok secara alami, karena disamping aman dan juga bersahabat dengan kantong kita, karena bahan-bahan alami yang digunakan mudah kita jumpai disekitar kita.

Tetapi sebelum saya membahas cara mengatasi rambut rontok secara alami, saya kan memberikan info terlebih dahulu kepada para pembaca tentang penyebab dari rambut rontok itu sendiri, sebagai berikut :

Makanan

Bagi anda yang hobi makanan pedas dan berminyak harus berhati-hati, karena ini bisa menjadi pemicu dari munculnya penyakit pada tubuh kita, diantaranya adalah masalah kesehatan rambut kita. Dengan anda sering makan makanan pedas dan berminyak dapat meyebabkan rambut rontok dan bisa tambah bermasalah dengan munculnya ketombe.

Obat-obatan

Apabila bahan kimia masuk kedalam tubuh pastilah ada efek samping pada tubuh, apabila anda sedang mengkonsumsi obat-obatan bisa juga menyebabkan efek kepada rambut menjadi rontok, tetapi ketika anda selesai mengkonsumsi obat tersebut kerontokan pada rambutpun berhenti.

Penggunaan Alat Rambut

Penggunaa hairdreyer, mewarnai rambut dan menggunakan ikat ramput memang bisa membuat indah penampilan rambut dan enak dipandang oleh mata. Tetapi jika penggunaan nya secara berlebihan dan tidak sesuai aturan maka bisa menjadi bencana bagi kesehatan rambut anda, rambut menjadi tidak sehat dan akan mengalami kerontokan.

Gangguan Hormon

Gangguan pada hormon androgen dapat menyebabkan kerontokan pada rambut, selain itu gangguan pada hormon estrogen juga bisa menjadi penyebab rambut rontok. Hal ini terjadi ketika tiroid anda bekerja terlalu aktif atau malahan tidak berkerja sama sekali, hal inilah yang menyebabkan kerontokan pada rambut anda.

Infeksi

Infeksi di kulit kepala bisa menyebabkan kerontokan pada rambut, untuk menghentikan kerontokan ini bisa menggunakan anti jamur kerontokan,  anda bisa menggunakan anti jamur alami, nanti akan kita bahas lebih jauh cara mengatasi rambut rontok dengan cara yang alami.

Penyakit

Ada beberapa penyakit kronis yang mengakibatkan kerontokan pada rambut cukup parah. Beberapa penyakit yang bisa menyebabkan kerontokan pada rambut diantaranya adalah : peyakit lupus dan penyakit diabetes. Kedua penyakit ini bisa menyebabkan kerontokan pada rambut dalam jumlah yang banyak.

Kurang Gizi dan Vitamin

Banyak orang yang melakukan diet sangat ketat, sehingga asupan gizi dan vitamin kedalam tubuh berkurang, hal ini bisa menyebabkan kerontokan pada rambut anda, untuk menghentikannya berilah tubuh asupan gizi dan vitamin yang cukup jangan sampai kekurangan.

15 CARA MENGATASI RAMBUT RONTOK SECARA ALAMI

1. Putih Telur

Untuk memelihara tekstur dan kelembutan rambut, anda bisa menggunakan putih telur.  Pisahkan putih telur dengan kuning telur, lalu kocok putih telur hingga berbentuk pasta. Oleskan putih telur secara merata keseluruh rambut anda sehingga bisa memperlambat dan mengobati kerontokan pada rambut anda.

2. Bawang Merah

Bawang merah memiliki kandungan belerang yang tinggi, membuat jus bawang merah dapat bermanfaat memperlancar sirkulasi darah pada bagian kulit kepala. Bawang merah juga memliliki sifat anti bakteri yang bisa menumpas kuman dan jamur pada kulit kepala yang bisa menyebabkan kerontokan pada rambut. Ambil beberapa siung bawang merah, lalu parut hingga halus dan diperas untuk diambi airnya. Setelah itu gunakan air sarigan dari bawang merah ini pada kulit kepala secara merata, biarkan beberapa saat hingga meresap ke kulit kepala. Kemudian bilas kepala dan rambut anda menggunakan air hangat hingga bersih .

3. Santan

Santan bisa digunakan untuk membantu mengatasi kerontokan pada rambut. Bahan untuk membuat santan bisa dengan mudah anda dapatkan disekitar rumah. Silahkan ambil 1 butir kelapa kemudian parut dan tambahkan air supaya bisa diperas. Letakkan perasan air santan pada panci, lalu didihkan selama kurang lebih 5 menit kemudian disaring. Diamkan sampai air santan dingin, kemudian gunakan air santan tersebut pada kepala dan rambut anda, diamkan selama 20 menit. Bilas rambut dengan air bersih.

4. Bawang Putih

Bawang putih berkhasiat untuk membantu mengatasi kerontokan pada rambut. Silahkan ambil beberapa bawang putih kemudian haluskan dengab menggunakan blender. Oleskan bawang putih yang sudah halus secara merata ke kepala dan rambut sebelum tidur. Keesokan paginya silahkan bilas kepala dengan air bersih, bisa ditambahkan dengan shampoo penumbuh rambut agar lebih terasa efeknya.

5. Jahe

Jahe juga bisa mengatasi kerontokan pada rambut anda, cara penggunannya sama dengan bawang putih seperti diatas. Atau anda bisa juga mengkombinasikan keduanya, jahe dan bawang putih diblender jadi satu. Jangan lupa untuk keramas keesokan paginya.

6. Teh Hijau

Teh hijau mengandung anti oksidan yang tinggi sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kerontokan pada rambut. Cara penggunaannya, seduh 2 kantong teh hijau dengan air hangat. Kemudian oleskan seduhan teh hijau secara merata ke kulit kepala dan rambut yang rontok, diamkan selama 1 jam lalu bilas dengan air bersih.

7. Jeruk Nipis

Jeruk nipis lebih kita kenal untuk mengobati sakit tenggorokan. Tetap disamping itu jeruk nipis juga berguna untuk mengatasi kerontokan pada rambut anda. Silahkan ambil beberpa jeruk nipis, lalu iris menjadi beberapa bagian, usapkan secara merata ke kulit kepala. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih. Bagi anda yang memiliki masalah dengan ketombe, jeruk nipis juga bisa membantu menghilangkan ketombe.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Ampuh

8. Minyak Kemiri

Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kemiri. Kita sudah mengenal minyak kemiri berkhasiat untuk menumbuhkan kumis maupun jenggot, hal ini sudah dilakukan dari zaman dahulu sampai dengan sekarang dengan hasil yang sudah terbukti dan terpercaya. Saat ini sudah banyak minyak kemiri yang dijual dalam bentuk kemasan, sehingga tidak perlu repot-repot untuk membuat minyak kemiri sendiri. Pastikan minyak kemiri kemasan yang anda beli benar-benar asli.

9. Protein

Protein adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut, dengan mengkonsumsi makanan yang banyak megandung protein dapat membantu mengatasi kerontokan rambut dan akan membuat rambut anda menjadi tebal. Contoh makanan yang banyak mengandung protein adalah ikan atau bisa juga mengkonsumsi protein shake.

10. Vitamin B12

Selain protein, asupan vitamin B12 juga bisa membantu mengatasi kerontokan rambut. Vitamin B12 bisa menjaga kesehatan sel-sel rambut dan juga menjaga kesehatan kulit kepaala. Vitamin B12 sangat membantu tubuh didalam pembentukan sel darah merah sehingga membantu menyediakan asupan oksigen didalam tubuh. Makanan yang banyak mengandung vitamin B12 diantaranya adalah, daging, susu, telur, unggas dan lainnya.

11. Lidah Buaya dan Madu

Vitamin dan mineral bisa kita jumpai pada lidah buaya dan madu. Kedua kandungan tersebut dapat menyuburkan serta menghentikan kerontokan rambut. Cara penggunaannya ambil lidah buaya dan kupas kulitnya untuk diambil gelnya, campur dengan madu dan aduk hingga merata. Oleskan pada kulit kepala dan rambut, diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih dan jangan lupa menggunakan shampoo.

12. Yoghurt

Yoghurt ternyata bisa berguna untuk mengatasi rambut rontok. Oleskan yoghurt pada ramput secara merata seperti menggunakan creambat. Lalu diamkan selama 30 menit, bilas dengan air bersih. Yoghurt dicampurkan dengan susu juga bisa memutihkan kulit ketiak. Selengkapnya silahkan baca artikel : Cara Memutihkan Kulit.

13. Alpukat

Alpukat terkenal dengan buah yang kaya akan protein, zat ini sangat diperlukan untuk pertumbuhan rambut, tidak heran banyak produk kecantikan creambat maupun perawatan kulit yang beredar diluar sana menggunakan bahan dasar alpukat. Untuk menggunakannya hancurkan alpukat didalam mangkuk, kemudian diaduk sampai kental. Oleskan adonan alpukat ke rambut anda, mulai dari ujung rambut samapi dengan akar rambut. Diamkan selama 30 menit, bilas dengan air bersih dan jangan lupa menggunakan shampoo.

14. Jangan di sisir rambut di saat basah

Silahkan tinggalkan kebiasaan anda menyisir rambut ketika dalam kondisi masih basah, karena hal itu bisa menyebabkan kerontokan pada rambut, ketika kondisi rambut masih basah, resiko rambut patah semakin tinggi dan juga jangan tidur dalam keadaan rambut masih basah. Pilih lah jenis sisir yang memiliki gigi jarang agar kerontokan dan resiko rambut patah bisa dihindari.

15. Minyak Lavender

Minyak lavender dipercaya banyak orang bisa membantu mengatasi kerontokan pada rambut, dan terbukti bisa menyuburkan pertumbuhan rambut. Caranya dengan menggunakan minyak lavender, pijat-pijat kulit kepala secara perlahan selama 15 menit. Lakukan secara rutin, minimal 1 minggu sekali.

Demikian penjelasan mengenai 15 cara mengatasi rambut rontok dan juga hal-hal yang menyebabkan rambut rontok, semoga informasi ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian dan anda semua bisa memiliki rambut indah tebal dan sehat.

Jual Herbal Online

1 Comment

  1. Thank you for sharing your info. I truly appreciate your efforts and I am
    waiting for your further post thank you once again.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*