Tentang Penyebab, Gejala, dan Obat Asam Urat Alami

Obat Jerawat
obat asam urat alami

Infotentangkesehatan.com – Salah satu penyakit yang banyak diderita oleh sebagian besar orang adalah asam urat dan ada beberapa jenis obat asam urat telah banyak dijual dipasaran dengan harga yang bervariasi. Penyakit ini biasa menyerang bagian persendian tulang, pergelangan tangan, lutut, siku, dan juga persendian jari-jari kaki serta tangan. Apa obat yang manjur untuk mengatasi asam urat?

Penyebab dan Gejala Penyakit Asam Urat

Sebelum membahas seputar obat yang manjur untuk mengatasi asam urat, kita harus mengetahui beberapa hal yang menyebabkan timbulnya asam urat yang dapat mengganggu aktivitas kita. Berikut adalah beberapa hal yang dapat memicu timbulnya asam urat:

  • Kristal asam urat semakin menumpuk dalam tubuh.
  • Kadar asam urat dalam tubuh semakin meningkat.
  • Sering mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin.

Lalu apa saja gejala yang ditimbulkan dari penyakit asam urat? Berikut adalah uraiannya:

  • Timbul rasa nyeri pada beberapa bagian tubuh dan hal ini terjadi berulang kali di pagi serta malam hari.
  • Rasa nyeri pada persendian seperti pergelangan tangan, jari-jemari tangan dan kaki, tumit, siku, dengkul, dan pergelangan kaki.
  • Persendian tubuh mengalami rasa nyeri, ngilu, linu, kesemutan, pembengkakan, bahkan timbul kemerahan akibat terjadinya peradangan. Jika hal ini dibiarkan saja dapat menimbulkan beberapa masalah yang lebih parah.

Jika Anda mengalami gejala seperti di atas maka segera cek ke laboratorium untuk memastikan penyakit yang diderita sehingga dapat menanganinya dengan cepat.

Tubuh manusia dalam keadaan normal memiliki kadar asam urat sekitar 3.5 – 7 mg/dl untuk pria, sedangkan untuk wanita kadar asam urat yang normal sekitar 2.6 – 6 mg/dl. Selain dapat menimbulkan penyakit asam urat, kadar asam urat yang berlebih dalam tubuh juga dapat menimbulkan beberapa jenis penyakit mematikan seperti diabetes, hipertensi, obesitas, bahkan gagal ginjal. Jadi sebaiknya segera cek kesehatan Anda di laboratorium untuk memastikan bahwa kadar asam urat dalam tubuh adalah normal.

Baca Artikel Lainnya : 5 MITOS PENYAKIT ASAM URAT YANG WAJIB ANDA KETAHUI

10 Obat Asam Urat Alami dan Aman

Banyak sekali berbagai jenis obat untuk mengatasi asam urat yang dijual di pasaran dari bahan kimia. Ternyata Anda dapat mengatasi masalah asam urat secara alami, yaitu dengan menggunakan tanaman herbal yang telah terpercaya sejak dahulu dan aman digunakan untuk mengatasi asam urat. Selain terbukti ampuh mengatasi asam urat, obat asam urat ini juga aman digunakan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan tidak menimbulkan efek samping serta tidak menimbulkan ketergantungan meskipun dikonsumsi dalam jangka panjang. Berikut adalah beberapa jenis obat alami untuk mengatasi asam urat yang mudah dibuat di rumah:

  1. Sidaguri

Sidaguri merupakan tumbuhan yang memiliki kandungan senyawa oksalat, tanin, minyak atsiri, asam amino, saponin, fenol, dan steroid yang efektif untuk mengatasi masalah asam urat. Tanaman ini juga sering digunakan sebagai obat herbal pereda nyeri, peluruh kencing, dan juga sebagai obat antiradang. Berikut cara penggunaan obat asam urat yang manjur:

  • Siapkan sidaguri sebanyak 30 gram dalam kondisi basah maupun kering.
  • Rebus sidaguri dengan air sebanyak 600 cc atau sebanyak 3 gelas.
  • Rebus hingga air rebusan tersisa setengahnya.
  • Minum air rebusan sidaguri sebanyak ½ gelas dalam sekali minum.
  • Konsumsi air rebusan sidaguri ini sehari 3 kali untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.
  1. Daun sambiloto

Daun sambiloto merupakan salah satu obat herbal yang sering digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit diantaranya adalah asam urat. Obat asam urat alami ini terkenal dengan rasanya yang sangat pahit sehingga sering dinamakan sebagai daun ki pait. Berikut cara penggunaannya:

  • Siapkan daun sambiloto sebanyak 10 gram dalam kondisi kering.
  • Siapkan 10 gram temulawak.
  • Siapkan 1 gram lada.
  • Siapkan 10 gram komfrey.
  • Campurkan semua bahan yang telah disiapkan dalam sebuah wadah.
  • Rebus campuran bahan herbal tersebut dengan air sebanyak 1 liter atau sebanyak 5 gelas.
  • Biarkan hingga mendidih dan air rebusan tersisa hingga setengahnya.
  • Minum air rebusan ini sebanyak 1 gelas dalam sekali minum.
  • Rutinkan untuk mengonsumsi air rebusan sambiloto sehari sekali untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.
  1. Daun kumis kucing

Tumbuhan kumis kucing merupakan salah satu tanaman herbal yang telah terpercaya dapat mengatasi berbagai macam penyakit salah satunya adalah asam urat. Bagian tumbuhan kumis kucing yang banyak dimanfaatkan sebagai obat asam urat adalah bagian daun. Daun kumis kucing akan lebih maksimal mengatasi asam urat jika dikombinasikan dengan beberapa jenis tanaman herbal lainnya. Berikut adalah cara penggunaannya:

  • Siapkan daun kumis kucing sebanyak 10 gram.
  • Siapkan meniran sebanyak 10 gram.
  • Siapkan 15 gram jahe merah.
  • Siapkan 10 gram kapulaga.
  • Siapkan 10 gram sawi tanah.
  • Campur semua bahan yang telah disiapkan dalam sebuah wadah.
  • Rebus semua bahan yang telah tercampur dengan air sebanyak 1 liter atau sebanyak 5 gelas.
  • Biarkan mendidih dan tunggu hingga air rebusan tersisa hingga setengahnya.
  • Minum air rebusannya sebanyak ¾ gelas dalam sekali minum.
  • Konsumsi air rebusan ini di pagi dan sore hari untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.
  1. Daun salam

Daun salam merupakan salah satu bumbu dapur yang digunakan untuk melezatkan makanan, ternyata daun ini juga efektif untuk mengatasi asam urat. Berikut cara penggunaan tanaman obat asam urat ini:

  • Siapkan daun salam sebanyak 20 lembar dalam kondisi segar maupun kering.
  • Rebus daun salam tersebut dengan air sebanyak 600 cc atau sekitar 3 gelas.
  • Rebus hingga mendidih dan air rebusan tersisa hanya sekitar 1 gelas saja.
  • Minum rebusan daun salam sebanyak ½ gelas dalam sekali minum.
  • Konsumsi air rebusan daun salam ini sehari 2 kali untuk memaksimalkan khasiatnya.
  • Jus lemon

Lemon merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C sehingga mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh, mengatasi sariawan, dan juga mampu mencerahkan kulit wajah. Selain itu ternyata lemon juga mampu merangsang tubuh untuk memproduksi kalsium dalam jumlah yang banyak sehingga dapat menetralisir asam urat dalam tubuh. Anda dapat mengonsumsi lemon dalam bentuk jus yang segar dan nikmat untuk diminum. Konsumsi jus lemon sehari sekali untuk mendapatkan hasil lebih maksimal, tetapi bagi Anda yang memiliki masalah lambung seperti sakit maag maka sebaiknya lebih berhati-hati dalam mengonsumsi jus lemon untuk menghindari peningkatan asam lambung sehingga membahayakan kesehatan.

  1. Mengonsumsi vitamin C

Vitamin C dapat meningakatkan daya tahan tubuh, selain itu juga efektif untuk mengatasi penyakit asam urat yang sangat menganggu. Anda dapat memperoleh asupan vitamin C dari buah-buahan atau dari vitamin C yang telah banyak dijual di apotek. Mengonsumsi vitamin C sebanyak 1000 mg per jamnya mampu meredakan rasa nyeri yang disebabkan oleh asam urat, dan dapat mencegah timbulnya penyakit asam urat jika dikonsumsi sebanyak 300 – 500 mg setiap hari. Tetapi bagi Anda yang memiliki masalah lambung seperti maag maka harus memperhatikan dosis vitamin C yang dikonsumsi agar tidak terjadi peningkatan asam lambung sehingga memperparah masalah lambung.

  1. Cuka madu

Cuka madu atau propolis merupakan bahan herbal yang bersifat basa sehingga dapat menetralisir kadar asam urat dalam tubuh. Mengonsumsi cuka madu sesuai dengan dosis yang tepat mampu mempercepat proses pengeluaran kadar asam urat berlebih dalam tubuh sehingga kembali normal.

  1. Mengurangi konsumsi makanan mengandung zat purin

Zat purin merupakan zat yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh sehingga Anda perlu mengurangi konsumsi makanan yang mengandung zat purin untuk menghindari penyakit asam urat. Beberapa jenis makanan yang kaya akan zat purin diantaranya adalah jeroan, makanan kaleng, makanan laut, abon, dan dendeng. Jadi jika Anda telah positif terkena penyakut asam urat maka sebaiknya hindari mengonsumsi makanan tersebut untuk mempercepat proses penyembuhan.

  1. Makanan bersifat basa

Penyakit asam urat merupakan jenis penyakit akibat menumpuknya asam urat dalam tubuh atau tubuh kelebihan zat asam. Untuk menetralisir hal ini maka tubuh membutuhkan zat bersifat basa yang dapat diperoleh dari makanan yang bersifat basa. Jenis makanan yang bersifat basa diantaranya adalah sayuran dan buah-buahan yang mudah ditemukan dimana saja.

  1. Jus cerry

Buah cerry sering kita jumpai sebagai pemanis tampilan kue atau es krim, ternyata buah ini memiliki zat yang ampuh untuk mengatasi penyakit asam urat. Buah cerry mengandung zat kalium yang mampu meredakan rasa nyeri yang disebabkan oleh asam urat, selain itu obat asam urat herbal ini juga mampu membantu darah dan urine untuk membagi kadar asam uratnya sehingga kadar asam urat dalam tubuh dalam menjadi normal. Anda dapat mengonsumsi buah cherry secara langsung atau dalam bentuk jus untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengatasi penyakit asam urat.

  1. Air putih

Ahli kesehatan menganjurkan setiap orang untuk mengonsumsi lebih banyak air putih setiap harinya yaitu minimal sebanyak 8 gelas per hari untuk mencegah dehidrasi dan juga lebih menyehatkan tubuh. Ternyata mengonsumsi lebih banyak air putih juga efektif untuk mengatasi kelebihan kadar asam urat dalam tubuh karena saat tubuh dehidrasi maka produksi zat purin semakin meningkat sehingga kadar asam urat juga semakin meningkat. Jadi mulai hari ini sebaiknya Anda lebih banyak mengonsumsi air putih untuk menjaga kesehatan tubuh.

Pengobatan asam urat secara herbal memang telah terbukti sejak dahulu kala, tetapi prosesnya lebih lama jika dibandingkan dengan mengonsumsi obat-obatan kimia yang banyak dijual bebas di pasaran. Pengobatan secara alami membutuhkan waktu yang lebih lama tetapi tanpa menimbulkan efek samping bahkan juga tidak menimbulkan ketergantungan sehingga aman dikonsumsi dalam jangka panjang. Selain itu, obat asam urat tradisional juga lebih ekonomis dibandingkan dengan obat-obatan kimia yang dijual di apotek.

Kunci utama agar tubuh tetap sehat dan bugar serta jauh dari penyakit asam urat adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, menghindari rokok dan alkohol, serta selalu berpikir positif.

Demikian informasi seputar penyebab, gejala, hingga obat asam urat dari bahan alami yang mudah untuk dibuat di rumah serta lebih aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*