Tanda Tanda Kanker Mulut

Obat Jerawat
Tanda tanda kanker mulut

Infotentangkesehatan.id Tahukan Anda tentang kanker mulut? Ya, kanker mulut ini adalah kanker yang menyerang mulut dan berkembang di sekitar mulut seperti bibir, lidah, gusi, dinding mulut, serta langit langit mulut. Kanker ini merupakan jenis kanker yang juga berbahaya karena dapat menyebar secara cepat pada jaringan jaringan di sekitar mulut melalui kelenjar getah bening. Penderita kanker mulut ini rata rata orang yang telah menginjak usia 50-70 tahun dengan penderita kebanyakan dari kaum pria dibandingkan dengan kaum wanita.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa manusia berumur dibawah 50 tahun pun dapat terjangkit kanker mulut dikarenakan terkena infeksi HPV (Human papillomavirus). Terdapat 2 jenis kanker mulut, rata rata terkena kanker mulut jenis karsinoma sel skuamosa. Hampir 90%  penderita kanker mulut mengidap jenis kanker tipe ini. Yang kedua adalah kanker mulut melanoma oral dan adenokarsinoma dimana kanker jenis ini berkembang biak dari sel melanosit dan menyerang kelenjar air liur. Untuk itu, Anda harus mengetahui tanda tanda kanker mulut sejak dini agar Anda dapat mengantisipasinya sedini mungkin.

Ada beberapa penyebab dari kanker mulut ini diantaranya adalah;

  1. Menggunakan jenis tembakau, seperti rokok, cerutu, dan sejenisnya. Memang merokok adalah salah satu sumber penyakit yang mematikan. Selain dapat menimbulkan kanker mulut, merokok juga dapat menyebabkan kanker paru paru.
  1. Terlalu banyak mengkonsumsi minuman keras. Ya, minuman keras atau alkohol ini mengandung etanol yang dapat menyerap radikal bebas sehingga kekebalan tubuh akan berkurang sehingga virus pun dapat masuk ke dalam tubuh. Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol pun dapat memicu berbagai penyakit berbahaya termasuk kanker mulut
  1. Infeksi virus HPV (human papillomavirus) adalah sebuah virus yang menyebar melalui seks bebas dengan tanpa menggunakan alat kontrasepsi. Virus ini pula yang menyebabkan kanker mulut.
  1. Tidak terjaganya kebersihan mulut. Sisa sisa makanan yang menempel pada gigi berlubang akan menyebabkan infeksi sehingga memicu kanker mulut.
  1. Pola makan yang tidak sehat. Bagi Anda yang ingin hidup sehat maka ubahlah pola makan Anda agar terhindar dari beberapa penyakit mematikan termasuk kanker mulut

Baca Artikel Lainnya : Inilah Cara Super Cepat Mengatasi Ambeien Secara Alami Kurang Dari Seminggu

Kanker mulut ini dapat dikatakan berbahaya, karena bagi penderita kanker ini maka akan mengalami kesulitan menelan makanan dan juga kesulitan untuk berkomunikasi sehingga akan menimbulkan beberapa penyakit lainnya seperti penyakit pneumonia aspirasi yang diakibatkan oleh tidak adanya asupan gizi seimbang dalam tubuh. Maka dari itu, perlu penanganan medis untuk mengobati dan mencegah kanker mulut ini. Nah, sebelum itu, Anda harus mengetahui beberapa tanda tanda kanker mulut agar Anda dapat mencegah sekaligus mengetahui gejala awal dari kanker mulut, yakni;

  1. Timbul warna berbeda pada bagian bibir maupun gusi
  2. Terjadi pendarahan, misalnya keluar darah ketika menggosok gigi
  3. Terjadi pembengkakan yang tidak normal pada mulut dan sekitarnya
  4. gigi mengalami kerusakan secara tiba tiba semisal gigi copot atau mudah keropos
  5. Terdapat bercak putih atau merah tanpa sebab pada bagian bibir, lidah, atau rongga mulut
  6. Sukar menelan dan mengunyah makanan
  7. Kehilangan indra perasa ketika memakan suatu makanan
  8. Berat badan akan menurun secara drastis

Setelah mengetahui tanda tanda kanker mulut, sudah pasti Anda ingin terhindar dari penyakit ini. Maka yang perlu Anda lakukan adalah berhenti merokok mulai saat ini dan seterusnya, kurangi minum minuman beralkohol, memeriksakan kesehatan terutama bagian mulut, rajinlah menggosok gigi, dan yang terakhir adalah menjalankan pola makan sehat dan teratur.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*