Penyebab Batu Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Obat Jerawat
penyebab batu ginjal

Infotentangkesehatan.com – Fungsi utama ginjal adalah untuk menyaring zat-zat yang tidak diperlukan tubuh untuk selanjutnya dikeluarkan bersama urin. Terkadang zat-zat tersebut membentuk kristal dan menggumpal. Inilah yang disebut dengan batu ginjal. Seperti namanya, tekstur dari batu ginjal keras dan ukurannya pun beragam. Kalsium adalah zat yang sangat sering ditemukan di dalam batu ginjal, biasanya bersenyawa dengan oksalat atau fosfat. Lalu, mengapa batu ginjal menjadi masalah yang serius? Itu karena munculnya batu ginjal biasanya diikuti dengan rasa sakit yang parah.

Kebanyakan batu ginjal berukuran kecil dan mudah dikeluarkan bersama urin. Yang besar tidak bisa keluar begitu saja, melainkan terjebak di dalam sistem filtrasi. Meski ada beragam terapi untuk menuntaskan masalah ini, namun pencegahan jauh lebih baik. Salah satu cara paling efektif untuk mencegah batu ginjal adalah dengan meminum cukup air setiap harinya. Lalu, apa penyebab batu ginjal? Penyebab pastinya belum diketahui, namun ada korelasi yang kuat antara kurang minum dengan penyakit ini.

Kalsium adalah salah satu zat utama pembentuk batu ginjal. Jadi jika anda dalam keseharian banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalsium, maka porsi minum juga sebaiknya ditingkatkan agar tidak ada pengendapan berlebih di dalam tubuh. Pada banyak kasus, orang yang menderita penyakit ini biasanya memiliki konsentrasi urin terlalu pekat. Ini bisa terjadi karena kurang minum atau terlalu banyak mengeluarkan cairan dari dalam tubuh. Tinggal di daerah tropis seperti Indonesia, kita biasanya mengeluarkan keringat cukup banyak setiap harinya. Cairan yang hilang tersebut perlu diganti dengan minum air.

Penyebab batu ginjal yang spesifik biasanya jarang terjadi. Selain terlalu kentalnya urin, kehadiran zat-zat seperti asam urat, oksalat, kalsium, dan sistin di dalam tubuh juga berkontribusi terhadap masalah ini. Zat-zat tersebut bisa masuk melalui makanan maupun sumber lainnya. Kondisi ini bisa dibilang cukup umum sebab 3 dari 20 pria beresiko mengalaminya. Kemunculannya bisa pada usia kapan saja, namun paling sering muncul di rentang usia 20 hingga 40 tahun. Lalu, bagaimana proses terbentuknya batu ginjal? Seperti yang kita tahu, tugas ginjal adalah untuk membuang zat-zat sisa yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Kita memiliki 2 ginjal yang bekerja secara simultan untuk menyaring produk sisa dari darah, kemudian mengeluarkannya bersama air dalam bentuk urin. Urin disimpan sementara di kandung kemih. Tubuh perlu mengosongkan kandung kemih secara berkala. Setiap kali penuh, kita akan merasakan sensasi ingin kencing. Segeralah ke toilet jika anda merasakan sensasi tersebut. Jangan menunda-nunda buang air kecil karena ini bisa memicu terbentuknya batu ginjal. Meski penyebab batu ginjal tidak spesifik, tapi gejalanya mudah dirasakan.

Baca artikel lainnya: Ini Tanda-tanda Ginjal Anda Mulai Mengalami Masalah

Pertama, anda mungkin akan merasakan sakit luar biasa di area perut, khususnya berdekatan dengan lokasi ginjal. Batu bisa menyumbat saluran ureter dan terjebak disana. Inilah yang memicu sakit luar biasa. Rasa sakit tersebut bisa menyebar ke area di sekitarnya. Bahkan anda juga bisa berkeringat dan demam akibat tidak sanggup menahan rasa sakit. Gejala lain yang bisa diamati adalah keluarnya darah bersama urin. Jika anda melihat urin berwarna merah, itu bisa terjadi karena adanya gesekan antara batu ginjal dan dinding ureter. Kondisi ini juga bisa menyebabkan infeksi, ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh (demam).

Lalu, treatment apa yang seharusnya dijalani? Jika batu ginjal relatif kecil, penanganannya bisa dengan minum banyak air supaya batu tersebut bisa hanyut bersama air seni. Sementara untuk menghilangkan rasa sakit, anda bisa mengkonsumsi pereda nyeri yang bisa didapatkan di toko-toko obat. Tapi jika rasa sakit tersebut tidak kunjung reda, silakan periksakan diri ke dokter. Dokter bisa menginformasikan penyebab batu ginjal yang anda alami serta terapi yang dibutuhkan.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*