Penyebab Batu Empedu Yang Perlu Anda Ketahui

Obat Jerawat
penyebab batu empedu

Infotentangkesehatan.com – Batu empedu adalah gumpalan keras yang terbentuk di dalam kantung empedu. Di dalam kelenjar ini terdapat cairan pencernaan. Namun dalam kondisi tertentu, cairan tersebut bisa membatu dan menimbulkan penyakit yang disebut dengan batu empedu. Ukurannya beragam, dari yang sangat kecil hingga yang sebesar bola golf. Mirip seperti batu ginjal, batu empedu terbentuk karena konsetrasi zat tertentu di dalam empedu, diantaranya adalah bilirubin dan kolesterol. Siapapun bisa terkena masalah ini, namun lebih sering terjadi pada wanita. Sebabnya adalah karena wanita memproduksi estrogen di dalam tubuhnya dan ini bisa berdampak langsung pada kadar kolesterol, khususnya pada kelenjar empedu.

Sebelum mengetahui penyebab batu empedu, penting bagi anda untuk mengenali gejala penyakit ini. Batu empedu bisa memicu rasa sakit yang luar biasa, terutama di area perut. Bahkan rasa sakit tersebut bisa meluas ke area lain, seperti tulang belikat dan punggung. Gejala lain yang penderita sering rasakan adalah perut kembung, mual, dan muntah. Berikut ini adalah beberapa penyebab batu empedu:

1. Kolesterol

Dari berbagai macam zat di dalam kantung empedu, kolesterol adalah salah satu yang paling beresiko menimbulkan batu empedu. Pada kondisi normal, empedu bisa memecah kolesterol. Namun jika konsentrasinya berlebihan, ini tentu saja menghambat kerja dari kelenjar tersebut. Kolesterol yang tidak berhasil dipecahkan pada akhirnya akan menumpuk dan membentuk batu empedu.

2. Bilirubin

Bilirubin adalah hasil dari perombakan sel-sel darah merah oleh hati. Ada beberapa kondisi yang mendorong produksi bilirubin dalam jumlah berlebih. Kondisi yang dimaksud adalah sirosis, dimana hati merilis bilirubin melebihi kondisi normal. Empedu bekerja ekstra keras saat ada terlalu banyak bilirubin. Dan jika ada yang tidak berhasil dipecahkan, ini yang pada akhirnya bisa berkembang menjadi batu empedu.

3. Masalah pada kelenjar empedu

Sesekali kantung empedu perlu dikosongkan supaya tetap bekerja secara normal. Jika terjadi masalah dimana kantong tersebut tidak bisa mengeluarkan isinya, ini bisa menjadi cikal bakal terbentuknya batu empedu.

Setelah mengetahui beberapa penyebab batu empedu, anda juga perlu tahu bagaimana mencegahnya. Karena pembentukan batu ini dipicu oleh zat-zat seperti kolesterol, maka untuk mencegahnya anda perlu mengurangi asupan makanan yang mengandung kolesterol. Mereka yang punya bobot tubuh berlebih cenderung memiliki kadar kolesterol lebih tinggi di dalam tubuhnya. Maka dari itu, jagalah asupan makanan anda. Utamakan makanan sehat yang tidak banyak mengandung lemak dan kolesterol.

Batu empedu tidak begitu saja menimbulkan rasa sakit. Saat baru terbentuk, rasa sakit biasanya tidak ada sama sekali. Dalam perkembangan selanjutnya, anda baru mulai merasakan sakit, terutama saat mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak. Rasa sakit tersebut mungkin datang dan pergi dalam rentang waktu beberapa jam. Jika sudah sangat parah, rasa sakitnya seringkali tidak tertahankan dan meluas ke area lain seperti punggung. Bahkan anda pun bisa jatuh sakit dan kehilangan nafsu makan secara tiba-tiba.

Baca artikel lainnya: Memahami Warna Dari Air Urin Kita

Sebelum bertambah parah, ada baiknya segera periksakan diri ke dokter. Selain treatment medis, pantangan makanan tertentu juga perlu dijalankan. Telur adalah salah satu makanan yang perlu dihindari oleh penderita batu empedu karena tinggi kolesterol. Daging juga relatif tinggi kolesterol, termasuk produk turunannya seperti sosis dan beef. Makanan yang digoreng juga bisa menjadi penyebab batu empedu karena kandungan kolesterolnya tinggi. Maka dari itu, kurangi atau kalau bisa jauhi makanan yang digoreng untuk mencegah terbentuknya batu empedu. Produk susu seperti keju, es krim, dan yogurt juga perlu dibatasi konsumsinya. Itu tadi beberapa penyebab batu empedu.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*