Tanda-tanda Kanker Serviks Yang Perlu Diwaspadai

Obat Jerawat
tanda-tanda kanker serviks

Infotentangkesehatan.com – Sebelum mempelajari tanda-tanda kanker serviks, penting bagi kita untuk mengetahui bagian mana dari sistem reproduksi wanita yang disebut sebagai serviks. Untuk mengetahui secara lebih jelas, anda bisa memakai diagram. Serviks merupakan bagian terbawah dari rahim atau juga sering disebut sebagai leher rahim. Seperti diketahui, sistem reproduksi wanita terdiri atas beberapa organ, diantaranya adalah vagina, rahim, dan indung telur. Serviks merupakan salah satu bagian dari sistem ini. Nama kanker serviks merujuk pada awal mula kemunculan dari kanker ini.

Kebanyakan kanker serviks adalah sel squamous. Sementara adenocarcinoma juga merupakan jenis yang cukup populer, berkontribusi sekitar 20 persen dari total kasus. Jenis sel kanker yang satu ini belakangan semakin banyak diderita khususnya oleh para wanita berusia muda. Ada banyak kasus baru setiap tahunnya, dan banyak yang meninggal akibat penyakit ini. Namun jangan khawatir, pengobatan untuk kanker semakin canggih saat ini, jadi harapan hidup penderitanya menjadi semakin panjang.

Jangan lupa juga bahwa kanker merupakan penyakit yang bisa dicegah. Asalkan melakukan semua saran pencegahan kanker, anda tidak perlu takut dengan penyakit yang satu ini. Lalu, apa saja tanda-tanda kanker serviks? Pada banyak kasus, kehadiran sel kanker di dalam tubuh tidak menimbulkan gejala yang mudah diamati. Namun dengan melakukan tes HPV dan PAP, potensi munculnya kanker serviks bisa dicegah. Jika diketahui sejak awal, akan lebih mudah untuk mencegah sel tersebut menjadi sel kanker yang sesungguhnya.

1. Pendarahan

Beberapa gejala yang sering dikeluhkan adalah keluarnya darah dari organ intim, rasa sakit, dan keputihan. Perlu digarisbawahi, pendarahan yang terjadi biasanya bukan merupakan bagian dari siklus menstruasi normal. Penderita mungkin mengalaminya dalam waktu lebih lama daripada pendarahan normal. Datangnya pun tidak bisa ditebak, bisa saja terjadi diantara siklus menstruasi, saat melakukan hubungan intim, dan saat memasuki masa menopause. Yang terakhir perlu menjadi perhatian sebab jika seseorang sudah memasuki masa menopause, haid seharusnya sudah tidak terjadi lagi.

2. Rasa sakit

Terkadang kita sering mengabaikan rasa sakit yang muncul di tubuh karena menganggap itu adalah hal sepele dan akan hilang sendiri. Tapi anda harus ingat bahwa beberapa penyakit serius juga menyebabkan timbulnya rasa sakit. Ini merupakan reaksi alami untuk memberitahukan ada yang tidak beres di dalam tubuh kita. Rasa sakit yang muncul bisa dimana saja, termasuk di punggung dan pelvis. Dan biasanya kram yang dirasakan tidak ada kaitannya dengan menstruasi karena terjadi di luar periode tersebut. Segera periksakan diri anda jika mengalami kondisi ini.

3. Keputihan

Siapa saja bisa mengalami keputihan, tapi ada keputihan yang normal dan tidak normal. Anda perlu mengetahui seperti apa karakteristik dari keputihan yang tidak wajar. Jika anda mendapati lendir yang keluar dari organ intim cenderung pekat dan punya bau tidak sedap, silakan periksakan diri ke dokter. Keputihan hanya satu dari tanda-tanda kanker serviks yang banyak orang alami. Tambahan lainnya, penderita juga biasanya mengalami peningkatan buang air kecil yang bisa dibarengi dengan rasa sakit.

Baca artikel lainnya: Gejala kanker Ovarium Yang Tidak Boleh Diabaikan

Nah, itu tadi tanda-tanda kanker serviks. Kanker ini lebih sering menimpa wanita yang sudah memasuki usia dewasa, sekitar usia 35 tahun ke atas. Remaja cukup jarang mengalaminya, begitu pula dengan wanita yang sudah memasuki usia senja. Mereka tidak berkontribusi besar terhadap total populasi penderita kanker serviks. Lewat fakta ini, anda perlu secara rutin memeriksakan kesehatan serviks hingga setidaknya mencapai usia 70 tahun. Ini untuk memastikan tidak ada kanker dan penyakit lain bersarang di dalam tubuh anda.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*