Pertolongan Pertama Serangan Jantung

Obat Jerawat
pertolongan pertama serangan jantung

Infotentangkesehatan.com – Kita semua tahu bahwa jantung merupakan organ yang sangat peting untuk tubuh kita, jantung berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh kita sehingga tubuh mendapatkan oksigen dan nutrisi makanan yang berfungsi untuk metabolisme tubuh. Oleh akrena itu apabila fungsi jantung terganggu, bisa menyebabkan serangan jantung mendadak dan bisa merenggut nyawa penderitanya. Informasi mengenai pertolongan pertama serangan jantung sangat penting diketahui oleh semua orang.

Penyebab Sakit Jantung

Penyebab penyakit jantung dikarenakan penyempitan pembuluh koroner oleh tumpukan kolesterol atau protein lain yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Pembuluh koroner adalah pembuluh yang bertugas mengalirkan darah ke otot jantung. Melalui pembuluh inilah otot jantung mendapatkan oksigen dan nutrisi sehingg otot jantung bisa berkontraksi secara terus-menerus memompa darah sepanjang hari.

Pembuluh koroner yang normal memiliki dinding dalam yang mulus sedangkan kondisi pada pembuluh koroner yang sudah tidak sehat, lapisan dinding dalam pembuluh mengeras dan menebal dikarenakan adanya kerak-kerak (aterosklorosis). Kerak-kerak tersebut berintikan kolesterol dan sel lain, termasuk juga sel-sel radang  sehingga terjadi penyumbatan.

Penyumbatan yang terjadi ini menghambat pengambilan darah dan oksigen dari otot jantung, sehingga otot jantung mengalami cedera. Cedera yang terjadi pada otot jantung ini menimbulkan rasa nyeri di dada dan sensasi yang sangat menyakitkan. Apabila aliran darah tidak dikembalikan ke otot jantung dalam rentang waktu 20-40 menit maka bisa menyebabkan kematian.

Gejala Serangan Jantung

Sebelum penulis membahas bagaimana pertolongan pertama serangan jantung, perlu Anda ketahui juga bagaimana ciri – ciri serangan jantung sebelum serangan jantung mendadak benar-benar menyerang Anda.

Banyak sekali orang yang tidak menyadari bahwa dirinya berpotensi mendapatkan serangan jantung, dikarenakan memang kejadiannya yang begitu mendadak, gejala yang sering terjadi adalah rasa nyeri di bagian dada sebelah kiri. Banyak dari kita yang sering meremehkan rasa nyeri di dada, padahal rasa nyeri di dada adalah merupakan pertanda awal sakit jantung. Berikut ini beberapa keluhan fisik yang timbul dikarenakan adanya gangguan pada jantung Anda :

  • Nyeri pada bagian dada
  • Jantung berasa berdebar-debar
  • Cepat merasa letih dan sesak nafas
  • Ada riwayat sering pingsan
  • Akan terasa sesak apabila tidur telentang
  • Beberapa organ pada tubuh membiru
  • Adanya pembengkakan pada bagian perut dan kaki

Gejala lainnya yang sering dialami ketika seseorang mengalami sakit jantung adalah rasa nyeri hebat pada bagian dada yang disertai dengan rasa mual dan muntah. Adanya rasa tertekan didada seperti terhimpit benda besar, jantung seperti diremas-remas dan rasa terbakar di dada.

Pertolongan Pertama Serangan jantung

Hal utama yang perlu diingat seseorang ketika mengalami serangan jantung adalah jangan panik!. Usahakanlah untuk batuk terus dengan sekuat tenaga dan kencang seperti ketika kita akan mengeluarkan dahak yang ada didalam dada. Setiap kali sebelum batuk tariklah nafas dalam-dalam, kemudian batuklah dengan sekuat tenaga, dalam dan panjang. Setiap 2 detik sekali lakukan tarik nafas sekali dan kemudian batuk, sampai pertolongan medis datang atau denyut jantung normal kembali.

Baca Artikel Lainnya : Beberapa Makanan Penurun Kolesterol Yang Wajib Anda Coba

Tujuan menarik nafas adalah untuk memasukkan oksigen kedalam paru-paru. Sedangkan proses kita batuk adalah agar supaya menekan otot jantung sehingga aliran sirkulasi darah normal kembali. Menekan jantung dengan cara kita batuk juga bisa membantu mengembalikan denyut jantung normal kembali. Dengan pertolongan pertama pada serangan jantung ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada si penderita untuk pergi kerumah sakit dan mendapatkan pertolongan medis dari dokter.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*