Ini Tanda-tanda Ginjal Anda Mulai Mengalami Masalah

Obat Jerawat
sakit ginjal

Infotentangkesehatan.com – Banyak orang yang sebenarnya mengidap penyakit ginjal kronik tetapi tidak menyadarinya. Hal ini dikarenakan gejala penyakitnya sangat samar dan mirip dengan gejala penyakit lainnya.

Sebenarnya ada banyak penyebab penyakit ginjal kronik, tetapi umumnya disebabkan oleh diabetes dan tekanan darah tinggi. Pada penyakit ginjal kronik ditandai oleh ketidaknormalan pada gunjal, seperti adanya protein pada air urine dan juga mengalami penurunan fungsi ginjal selama 3 bulan bahkan lebih.

Hal yang terpenting adalah, kita harus mewaspadai gejalanya dari awal, sehingga pengobatan bisa dilakukan secara cepat. Sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter apabila mengalami beberapa gejala gangguan ginjal dibawah ini :

1. Perubahan Pada Pola Buang Air Kecil

Ginjal akan memproduksi urine, maka apabila ginjal bermasalah akan ditandai dengan pola buang air kecil yang berubah. Seperti akan sering kencing pada malam hari, air urine menjadi berbusa, frekuensi buang air kecil menjadi sering atau bahkan malah menjadi jarang buang air kecil.

2. Bengkak

Bagi ginjal yang bermasalah tidak akan bisa melakukan tugasnya didalam membuang cairan. Maka cairan akan menumpuk dan membengkak pada wilayah kaki, telapak tangan atau wajah.

3. Kelelahan

Pada ginjal yang sehat akan menghasilkan hormon erythropoietin (EPO), hormon ini berfungsi untuk memerintahkan tubuh mengirim oksigen yang dibawa oleh sel-sel darah merah. Nah, jika  ginjal mengalami kerusakan, maka EPO yang akan dihasilkan sedikit sekali, sehingga suplai oksigen menjadi tidak lancar, sehingga otot dan otakpun akan mengalami kelelahan sepanjang hari dan banyak tidur.

Baca Artikel lainnya : 10 TIPS CARA MENCEGAH DIABETES YANG PATUT KAMU KETAHUI

4. Gatal dan ruam kulit

Salah satu fungsi ginjal adalah bertugas membuang sisa-sisa metabolisme dari peredaran darah. Ketika ginjal rusak, maka akan terjadi penumpukan zat-zat sisa didalam darah. Hal ini menyebabkan kulit menjadi gatal-gatal.

5. Nafas menjadi berat dan sesak

Kelebihan cairan pada tubuh akibat terganggunya fungsi ginjal juga akan terjadi pada paru. Sehingga menyebabkan sesak nafas dan nafas menjadi berat.

Gejala-gejala lainnya yang timbu adalah kenaikan pada tekanan darah, serta adanya darah dan protein pada urine yang bisa diketahui dengan cara pemeriksaan pada laboratorium.

Apabila ada gejala-gejala seperti diatas segeralah pergi ke dokter dan konsultasikan dengan dokter. Banayak penyakit ginjal yang bisa disembuhkan sebelum penyakit tersebut berkembang kearah yang lebih berat.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*