Ini Kenapa Gejala Lemah Jantung Pada Wanita Tak Boleh Dianggap Sepele – Nomor 5 Paling Diwaspadai

Obat Jerawat
Gejala Lemah Jantung Pada Wanita

Infotentangkesehatan.idSangat penting untuk mengetahui Gejala Lemah Jantung Pada Wanita. Sebab kasus lemah jantung yang terjadi kepada wanita jauh lebih banyak dari pada yang terjadi kepada laki-laki.

Jantung berfungsi untuk memompa darah agar bisa disalurkan ke seluruh tubuh. Sehingga kesehatan semua organ tubuh Anda sangat bergantung kepada jantung. Jantung ini digerakkan oleh otot-otot tertentu yang berbeda dengan otot kulit. Jika suplai darah ke jantung lebih cepat, maka otot jantung akan bekerja lebih cepat. Dan begitupun sebaliknya.

Melemahnya jantung disebabkan oleh kerja otot jantung yang menurun yang disebabkan oleh membesarnya otot sehingga darah yang mengalir ke jantung tidak cukup kuat untuk memberikan tekanan kepada jantung. Untuk bisa mengobatinya, Anda perlu mengenali gejalanya terlebih dahulu.

Gejala Jantung Lemah

Gejala Lemah Jantung Pada Wanita

Ada beberapa gejala yang biasa dialami oleh wanita (juga laki-laki) yang terkena penyakit jantung lemah.

Pertama, sesak nafas. Hal ini bisa terjadi hanya sesekali ataupun sering. Semakin gejala ini sering dirasakan artinya penyakitnya semakin bertambah parah. Jika Anda secara tiba-tiba merasakan sesak nafas, sebaiknya segera lakukan pengecekan. Karena bisa jadi hal itu adalah gejala jantung lemah. Sesaknya nafas itu diakibatkan oleh kembalinya darah yang seharusnya mengalir ke jantung, kembali ke paru-paru sehingga mengganggu pernafasan. Sesak nafas ini tidak hanya terjadi pada saat tidur ataupun sedang berolahraga.

Kedua, mudah kelelahan. Anda merasa bahwa kegiatan yang kelihatannya biasa-biasa saja tetapi Anda merasakan seperti habis bekerja berat. Sebenarnya gejala ini juga dialami oleh orang yang kekurangan jumlah darah (anemia). Sehingga sangat penting bagi Anda untuk memastikannya dengan periksa ke dokter spesialis organ dalam.

Ketika jantung semakin melemah, pembuluh darah akan mengalirkan darah yang seharusnya ke jantung menuju ke organ lainnya yang kurang penting. Ketika berjalan, Anda akan merasa sedang membawa beban yang sangat berat. Sehingga Anda yang mengalami jantung lemah akan merasa keberatan saat naik tangga.

Ketiga, mengalami batuk yang tidak kunjung reda. Batuk ini layaknya batuk kronis. Penyebabnya adalah terjadinya penumpukan cairan yang ada dalam paru-paru karena darah yang seharusnya mengalir ke jantung justru kembali lagi ke paru-paru. Bahkan batuk yang terjadi bisa mengeluarkan darah.

Keempat, detak jantung terasa lebih cepat dan tidak beraturan. Dan yang terakhir (kelima) nafsu makan berkurang. Berkurangnya nafsu makan ini disebabkan oleh rasa mual yang terjadi karena hati dan sistem pencernaan sedang bekerja keras sedangkan pasokan darah tidak mencukupi.

Cara Mengobati Jantung Lemah

Untuk mengembalikan kinerja jantung agar optimal, inilah yang harus dilakukan.

Pertama, olahraga ringan secara teratur selama 30 menit setiap harinya. Misalnya berjalan di sekitar rumah, atau berlari-lari ringan, berkebun, senam aerobik dan berenang. Kedua, hindari makanan yang bisa meningkatkan tekanan darah tinggi. Karena tekanan darah tinggi akan memberatkan kinerja jantung kemudian kelelahan dan melemah. Ketiga, hindari stres, karena bisa mengganggu sistem saraf yang berakibat melemahnya sistem organ lainnya termasuk jantung.

Keempat, perbanyak asupan zat besi seperti kangkung, bayam dan daun ubi. Kelima, konsumsi teh hijau dan madu. Keenam, istirahat yang cukup agar jantung tidak mudah lelah. Ketujuh, hindari bekerja berat dan jangan tegang. Kedelapan, kurangi makanan yang kandungan kolesterolnya tinggi dan makanlah makanan yang baik untuk jantung seperti oatmeal. Sembilan, konsumsi mengkudu dan manggis untuk memperlancar peredaran darah. Kesembilan cara tadi jika anda lakukan dengan rutin akan cepat mengembalikan jantung anda normal kembali.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*