Cara mengetahui gejala kanker serviks lebih dini

Obat Jerawat
gejala kanker serviks dini

Infotentangkesehatan.idMengetahui gejala kanker serviks dini tentu akan sangat bermanfaat agar segera bisa diambil langkah untuk mengatasi penyakit ini. hal ini disebabkan karena seperi penyakit kanker pada umumnya, secara kasat mata, gejala umum saat kanker masih dalam stadium awal sangat kecil terasa bahkan tidak terasa sama sekali. Baru pada stadium lanjut, kanker serviks ini baru memunculkan gejalanya dan pada saat seperti ini adalah saat yang sudah terlambat. Teteapi apabila penderita peduli dengan perubahan yang ada pada tubuh, gejala kanker serviks ini bisa dirasakan lebih dini. Berikut gejala yang timbul karena adanya kanker serviks yang perlu diwaspadai.

Adanya pendarahan yang tidak normal

Umumnya wanita akan mengalami pendarahan atau menstruasi setiap bulan pendarahaan saat memasuki periode menstruasi ini pasti memiliki siklus per bulannya. Pendarahan yang tidak normal terjadi pada wanita saat di luar siklus haidnya. Wanita yang mengalami ini harus waspada dan segera memeriksakan diri ke dokter. Pemeriksaan dokter akan segera memastikan penyebab dan juga segera diambil tindakan pengobatan.

Keputihan yang berlebihan

Keputihan juga menjadi hal yang normal dialami seorang wanita. Namun apabila keputihan yang terjadi berbeda dari biasanya seperti keputihan yang keluar lebih pekat dan berwarna gelap apalagi terjadi dalam waktu yang lama tentu hal ini perlu diberi perhatian yang serius. Pemeriksaan ke dokter perlu segera dilakukan agar bisa dilakukan tindakan medis. Apabila memang gejala kanker servik dini ini juga terjadi maka bisa segera dilakukan pengobatan.

Sering buang air kecil

Mungkin terdengar sepele namun apabila kasus sering buang air kecil ini terjadi juga perlu diwaspadai. Apalagi jika yang terjadi rasa buang air kecil ini sudah benar-benar akut dan tidak bisa ditahan, bisa terjadi hal ini adalah salah satu gejala yang timbul karena adanya kanker serviks.

Susah untuk buang air besar

Dari beberapa kasus, gejala kanker serviks dini juga mengganggu sistem pencernaan. Hal ini berakibat terjadinya susah buang air besar dan bahkan pendarahan saat buang air besar.

Apabila muncul salah satu tanda diatas, alangkah lebih baik untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Jika memang terindikasi adanya kanker serviks bisa segera diambil tindakan medis. Kanker serviks atau juga kanker leher rahim yang letaknya memang berada  diantara vagina dan rahim ini sangat beresiko terhadap wanita yang sudah melakukan hubungan seksual. Kanker ini disebabkan oleh tumbuhnya sel yang tidak normal di leher rahim. Apabila sudah membesar, akan terjadi luka pada leher rahim ini. Itulah sebabnya salah satu penyebab kanker serviks ini adalah adanya pendarahan apalagi di luar siklus haid. Namun, buka berarti setiap pendarahan yang tidak normal adalah kanker serviks.

Baca Artikel Lainnya : Solusi Untuk Gangguan Pencernaan

Untuk lebih mengetahui kondisi serviks, pemeriksaan yang disebut sebagai Pap Smear perlu dilakukan. Pemeriksaan ini juga untuk mengetahui adanya kanker serviks yang tidak memiliki gejala seperti di atas. Semakin cepat suatu sel kanker terdeteksi akan semakin cepat diambil tindakan untuk mgejala kanker serviks diniencegah penyebaran sel kanker di dalam tubuh.

Resiko kanker serviks di Indonesia ternyata cukup tinggi. Pada tahun 2014, WHO menyebutkan bahwa 92 kasus kematian penduduk wanita disebabkan oleh kanker dan kanker serviks menyumbang 10 % dari jumlah tersebut. Hal yang menyebabkan tingginya angka kematian akibat kanker serviks ini adalah ketidaksadaran para wanita untuk memeriksakan diri. Hal ini terjadi karena tidak adanya gejala kanker serviks yang muncul. Ketika gejala muncul, ternyata sel kanker sudah menyebar dan susah diobati. Oleh karena itu penting untuk mengetahui gejala kanker serviks dini sehingga sel kanker bisa diatasi lebih awal.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*