Cara Mencegah Kanker Prostat Sejak Dini

Obat Jerawat
cara mencegah kanker prostat sejak dini

Infotentangkesehatan.com – Prostat merupakan organ yang terletak di bawah kandung kemih, yang berfungsi untuk memproduksi air mani. Tetapi organ ini sangat rentan sekali terkena kanker yang ganas. Untuk itu kita perlu tahu bagaimana cara mencegah kanker prostat sejak dini. Berdasarkan data dari Pusat Pengendali Penyakit di Amerika (CDC) melaporkan bahwa pertumbuhan pria yang terkena penyakit kanker prostat sangat tinggi. Semakin tua usia pria, semakin tinggi risiko terkena kanker prostat.

Kanker prostat merupakan kanker yang berkembang pada organ prostat. Hal ini disebabkan oleh sel – sel prostat yang mengalami mutasi dan bekembang secara cepat diluar kendali sehingga akan membentuk benjolan atau tumor yang memiliki tingkat keganasan yang tinggi. Sel-sel ini bisa menyebar lebih jauh ke bagian tubuh yang lain, seperti tulang, paru-paru dan hati.

Kanker prostat memang merupakan penyakit yang menakutkan bagi para pria. Ketika pria berusia diatas 50 tahun, pada umumnya prostat mengalamin pembengkakan. Pada pria usia 70 tahun, 80% kebanyakan pria memiliki prostat yang membesar. Olehkarena itu banyak lansia yang mengalami masalah buang air kecil dikarenakan masalah prostat yang membesar (NON KANKER). Pada beberapa pria pembesaran ini dibarengi dengan tumbuhnya sel kanker. Biasanya kanker prostat jarang menyerang pria dibawah usia 45 tahun, kecuali ada faktor riwayat didalam keluarga atau keturunan.

Sebelum kita membahas bagaimana cara mencegah kanker prostat sejak dini sebaiknya kita mengenali terlebih dahulu tipe stadium pada kanker prostat.

Stadium Kanker Prostat

Pada tahap yang masih awal kanker prostat masih terlokalisasi, kemudian apabila sudah memasuki ke tahap yang lebih lanjut dapat menyebar ke bagian lain pada tubuh kita, seperti tulang dan nodus limfa pada selangkangan. Penetapan stadium kanker prostat berdasarkan kepada seberapa jauh tingkat penyebarannya.

Untuk penetapan stadium kanker prostat menggunakan istilah TNM, T=Tumor, N=Nodus, M=Metastase.

  • T1 = Tumor hanya tumbuh didalam prostat, masih belum bisa diraba atau dirasakan melalui perabaan lewat anus.
  • T2 = Tumor masih berada dialam prostat, tetapi sudah bisa dirasakan melalui perabaan.
  • T3 = Tumor sudah menyebar keluar jaringan disekitarnya seperti kelenjar seminal vesicle yang berfungsi memproduksi semen.
  • T4 = Tumor sudah menyerang lebih jauh ke tulang atau nodus limfa.
  • N1-3 = Berarti kanker sudah menyebar ke nodus/kelenjar limfa. NO – artinya masih belum menyebar ke nodus.
  • M diikuti dengan 1a, b, atau c yang menunjukkan bahwa kanker sudah menyerang dan menyebar ke tulang atau organ tubuh yang lain.

 

CARA MENCEGAH KANKER PROSTAT SEJAK DINI DENGAN CARA ALAMI

1. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih sangat penting buak kesehatan tubuh, bukan hanya untuk organ prostat aja tapijuga untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Dengan banyak meminum air putih saluran-saluran yang ada didalam tubuh juga menjadi lancar, termasuk proses buang urin akan semakin lancar. Umumnya setiap orang mengkonsumsi air putih yang cukup adalah sebanyak 6 sampai 8 gelas perhari.

2. Rutin Meminun Jus Delima

Jus delima selain sebagai asupan tambahan vitamin untuk tubuh juga bisa berguna sebagai penurun tingkat Prostate-Specific antigen. Biasakan mengkonsumsi jus delima sebanyak 8 gelas setiap harinya.

3. Mengkonsumsi Kacang Kedelai dan Bawang Putih

Kacang kedelai dan bawang putih merupakan makanan yang berguna penghambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini dikarenakan kacang kedelai mengandung zat genisten sedangkan bawang putih mengandung sulfur yang mana kedua zat tersebut dipercaya bisa melawan pertumbuhan sel kanker.

4. Berhenti Merokok

Bagi Anda yang masih mempunyai kebiasaan merokok, sebaiknya segera menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Berdasarkan laporan dari The American Cancer Sociaty bahwa orang yang memiliki kebiasaan merokok memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena kanker prostat. Bahkan bisa membuatnya lebih agresif.

5. Mengkonsumsi Makanan Yang Kaya Akan Vitamin D dan E

Makanan yang banyak mengandung vitamin D akan membantu untuk kesehatan prostat. Contoh makanan yang mengandung vitamin D adalah alpukat, kacang almond, brokoli, biji labu, hazelnut, bayam slada swiss dan mustard greens.

Baca Artikel Lainnya : Obat Asam Urat dan Rematik Yang Alami

Pertumbuhan sel kanker cenderung cepat. Vitamin E bisa berfungsi sebagai penghambat dari pertumbuhan sel-sel kanker, hal ini dikarenakan pada vitamin E terdapat zat anti oksidan yang bisa memperlambat dan mengurangi segala jenis risiko sel kanker. Beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin E adalah Tomat, buah kiwi, gandum, paprika merah, minyak zaitun dan pepaya.

6. Memperbanyak Mengkonsumsi Makanan Kaya Zinc

Makanan yang mengandung zinc berfungsi untuk mengurangi pembesaran pada prostat. Hal ini dikarenakan prostat membutuhkan zat zink lebih banyak dibandingkan organ tubuh lainnya. Zat tersebut dapat merubah metabolism hormone steroid, yang mana berfungsi untuk membantu mengurangi pembesaran pada prostat. Contoh makanan yang memiliki kandungan kaya akan zat zink adalah biji labu dan gandum.

7. Berhenti Mengkonsumsi Alkohol

Alkohol ini bisa memberikan iritasi pada bagian kandung kemih, hal ini akan memperburuk kondisi apabila Anda sudah dijatuhi vonis pembesaran prostat. Alkohol secara medis juga mamp memperlemah otot tubuh. Hal ini memungkinkan membuat urin yang ada didalam tubuh menjadi tertahan dan tidak bisa segera dikeluarkan.

8. Rajin Berolahraga

Hal hemat dan sehat yang bisa dilakukan oleh para pria untuk mengurangi risiko terkena kanker prostat adalah melakukan olahraga secara rutin, minimal seminggu 2x. Sudah banyak para dokter yang merekomendasikan hal ini, bahwa pria yang memiliki tubuh bugar dan sehat mempunyai risiko terkena kanker prostat lebih kecil.

Inilah beberapa cara mencegah kanker prostat sejak dini yang bisa dilakukan. Semoga hal diatas bisa dipraktekan kepada para pria sehingga risiko untuk terkena kanker prostat akan semakin kecil dan Anda bisa hidup lebih sehat.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*