Pantangan Asam Urat Yang Harus Dijauhi

Obat Jerawat
pantangan asam urat

Infotentangkesehatan.com – Asam urat adalah sisa-sisa pemecahan purin. Zat ini banyak terdapat di dalam makanan yang kita konsumsi, baik yang berasal dari hewan maupun tumbuhan. Ginjal kita bertugas untuk menyaring asam urat dari darah dan mengeluarkannya bersama urin. Jika diet harian anda mengandung terlalu banyak purin, maka ini bisa menimbulkan penumpukan dan bisa berakhir dengan penyakit asam urat. Anda mungkin sudah sangat familiar dengan penyakit ini. Selain itu, tumpukan purin di dalam tubuh juga bisa memicu terjadinya batu ginjal. Menderita asam urat tidak menyenangkan sebab rasa sakit yang ditimbulkan seringkali membuat penderitanya susah beraktivitas. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya hindari makanan yang tinggi purin. Berikut ini adalah beberapa pantangan asam urat.

1. Daging

Meski daging tinggi protein dan penting untuk menjaga vitalitas tubuh, namun anda perlu tahu bahwa tidak semua bagian tubuh hewan sama kandungan purinnya. Beberapa bagian seperti hati memiliki kandungan purin lebih tinggi dibandingkan yang lainnya. Selain itu, beberapa jenis daging diketahui punya konsentrasi purin lebih tinggi, misalnya saja daging kambing dan sapi. Mereka yang mengkonsumsi daging merah secara berlebihan setiap harinya beresiko menderita penyakit asam urat di kemudian hari. Batasilah konsumsi daging hanya sekitar 4 hingga 6 ons per hari jika ingin hidup sehat.

2. Jeroan

Jeroan juga termasuk bagian dari hewan yang banyak purinnya. Paru-paru, hati, usus, dan otak adalah beberapa bagian yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh mereka yang punya penyakit asam urat. Ini biasanya menjadi prioritas dalam daftar pantangan asam urat. Jeroan memang enak, tapi jangan pernah tergiur jika anda lebih peduli dengan kesehatan.

3. Makanan yang mengandung ragi

Anda juga sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan beragi secara berlebihan. Mungkin anda tidak sadar bahwa ragi sangat populer di industri makanan. Roti dan kue memakai ragi, begitu pula dengan tape dan makanan lainnya. Nah, makanan yang ada raginya biasanya punya kandungan purin cukup banyak. Jika anda sedang bermasalah dengan asam urat, mulai sekarang kurangi konsumsi makanan beragi agar penyakit yang diderita tidak bertambah parah.

4. Makanan laut

Pantangan asam urat yang lainnya adalah makanan laut. Ikan dan beberapa seafood lainnya juga bisa meningkatkan purin di dalam tubuh. Ikan yang dimaksud antara lain mackerel, tuna, dan hering. Udang dan lobster juga termasuk sumber makanan yang kaya purin. Tidak ada yang menyangkal lezatnya seafood. Tapi jika anda tidak ingin berhadapan dengan asam urat di kemudian hari, batasilah konsumsinya.

Baca artikel lainnya: Tentang Penyebab, Gejala, dan Obat Asam Urat Alami

5. Sayur-sayuran

Mungkin agak sedikit membingungkan mendengar sayur juga ternyata bisa menjadi pemicu masalah asam urat. Tapi faktanya memang demikian, beberapa macam sayur seperti bayam, kacang polong, dan asparagus cukup tinggi kandungan purinnya. Ada banyak sayuran yang bisa dikonsumsi, jadi jangan hanya fokus dengan sayuran yang disebutkan tadi. Pilihlah sayuran yang kandungan purinnya rendah, namun tinggi magnesium. Ini akan membantu mencegah penumpukan asam urat di dalam darah. Kentang, jagung, dan alpukat adalah beberapa makanan yang tinggi kandungan magnesiumnya. Jadi tidak salah jika anda memasukkannya ke dalam menu makan harian.

6. Alkohol

Siapa sangka jika alkohol juga merupakan pantangan asam urat. Alkohol sering dikait-kaitkan dengan masalah kesehatan, sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Nah, khusus kaitannya dengan asam urat, minuman ini tidak baik untuk dikonsumsi sebab mengandung purin di dalamnya. Mengkonsumsi secara berlebih bisa mendorong pembentukan purin di dalam tubuh. Bir, liquor, apapun namanya, jika punya kandungan alkohol tetap tidak baik untuk dikonsumsi. Wine bisa menjadi alternatif sebab minuman ini diketahui tidak memicu asam urat. Membatasi bukan berarti berhenti sama sekali. Jika anda kesulitan untuk menjauhi alkohol, paling tidak dibatasi.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*