Pengobatan Untuk Nyeri Punggung

Obat Jerawat
pengobatan untuk nyeri punggung

Infotentangkesehatan.com – Pada artikel kali ini penulis akan membahas seputar nyeri punggung dan tentu saja bagaimana cara pengobatan untuk nyeri punggung juga akan kita bahas. Nyeri punggung adalah kondisi umum yang biasa diderita setiap orang dan bisa mengganggu aktivitas sehari – hari. Gejala yang dirasakan biasanya rasa nyeri yang datang dan pergi, sendi yang terasa kaku dan sulit untuk digerakkan. Nyeri pada punggung biasanya dipicu oleh posisi tubuh yang salah ketika duduk, berdiri, membungkuk atau juga dikarenakan efek mengangkat benda yang berat.

Pada kondisi nyeri punggung yang biasa saja, umum nya nyeri akan hilang dalam 2 – 12 minggu saja. Kondisi ini biasanya tidak disebabkan oleh sesuatu yang serius dan dapat diatasi dengan cara meminum obat pereda rasa nyeri dan melakukan aktivitas aktif bergerak. Namun pada beberapa kasus, ada rasa sakit yang sangat menyiksa dan tidak tertahankan sehingga sangat mengganggu aktivitas sehari – hari.

Baca Artikel Lainnya : Tips Hidup Sehat Yang Mudah Dilakukan

 

BERBAGAI JENIS NYERI PADA PUNGGUNG

Sakit pada punggung bagian bawah adalah jenis nyeri yang sangat sering dialami. Tetapi nyeri punggung pada bagian lain juga bisa dirasakan pada sepanjang bagian tulang belakang, dari bagian leher hingga panggul. Dibawah ini penulis akan berikan beberapa jenis nyeri pada punggung yang sering terjadi :

  • Nyeri pada leher, yaitu rasa nyeri dan juga kekakuan yang dirasakan pada leher
  • Whiplash, cedera yang terjadi pada leher dikarenakan pergerakan yang tiba-tiba
  • Skiatika, adalah rasa nyeri yang dirasakan mulai dari punggung hingga menjalar sampai ke telapak kaki. Rasa nyeri ini disebabkan karena iritasi dan tekanan pada saraf skiatik.
  • Nyeri bahu, rasa nyeri ini sering kali menjadi tanda adanya penyakit lain.
  • Kekakuan pada bahu, yaitu kondisi dimana pundak tidak bisa bergerak secara bebas.
  • Slipped disc, adalah rasa nyeri yang terjadi dikarenakan adanya pergeseran cakram pada sendi tulang punggung, biasanya rasa nyeri yang dirasakan terus menerusn sensasi kesemetun hingga mati rasa.

Diangosis diperlukan untuk mengetahui penyebab rasa sendi yang dirasakan oleh si penderita.

 

CARA PENGOBATAN PADA NYERI PUNGGUNG

1. Tetap Aktif Bergerak

Ketika Anda mengalami rasa nyeri di punggung, sebaiknya Anda sebisa  mungkin tetap melakukan aktivitas seperti biasa. Berjalan kaki dan melakukan aktivitas gerak sehari-hari justru bisa membantu proses penyembuhan pada nyeri pinggang. Namun bila tidak melakukan aktivitas aktif dalam jangka waktu panjang bisa berakibat buruk pada punggung.

2. Minum Pereda Nyeri

Apabila rasa nyeri yang Anda rasakan tidak mereda dan rasa sakit yang tidak tertahankan, dianjurkan untuk meminum obat-obatan pereda rasa nyeri yang bisa didapat ditoko obat secara bebas seperti paracetamol atau ibuprofen.

3. Selalu Berpikir Positif

Penelitian membuktikan kepada mereka yang selalu berpikir positif maka proses pemulihan akan lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang dalam tekanan atau stress.

4. Lakukan Terapi Manual

Kompres dengan menggunakan air hangat atau dingin bisa membantu meredakan rasa nyeri. Anda juga bisa menempelkan koyo atau mengoleskan balsam pada area yang terasa nyeri.

Beberapa metode terapi dan pengobatan lainnya yang bisa Anda lakukan di rumah sakit atau klinik :

  • Fisioterapi : terapi yang dilakukan untuk memperbaiki fungsi gerak motorik yang diakibatkan gangguan pada rangka tubuh.
  • Terapi chiropractic : ini merupakan sebuah metode ilmiah yang  biasa dilakukan untuk mengetahui, menangani dan mencegah gangguan pada sistem muskuloskeletal (otot – otot dan rangka tubuh).
  • Terapi Osteopati : mendiagnosa, mencegah dan menangani masalah kesehatan dengan cara gerakan, peregangan, dan juga pijatan pada otot dan sendi.

Rangkaian pengobatan medis diatas bisa dipadukan apabila rasa nyeri punggung yang sudah terjadi lebih dari 6 minggu dan sudah dianggap kronis. Penanganan bisa dilakukan melalui kombinasi obat pereda sakit dengan salah satu metode terapi manual, akupunur dan juga dengan mengikuti kelas – kelas latihan fisik.

Jarang terjadi kasus yang sampai melibatkan operasi tulang belakang. Operasi ini biasanya akan dilakukan apabila semua cara diats sudah dilakukan dan tidak ada tanda-tanda kesembuhan.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*