Obat Batuk Tradisional Yang Mudah Dibuat di Rumah

Obat Jerawat
obat batuk tradisional

Infotentangkesehatan.com – Mengapa seseorang bisa batuk? Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh melawan zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Tujuannya adalah untuk melindungi saluran pernafasan. Penyebabnya beragam, bisa karena makanan, debu, asap, dan iritan lainnya. Jika batuk yang dihadapi tidak kronis, biasanya akan reda dalam beberapa hari meskipun tanpa pengobatan. Fungsi obat adalah untuk mempercepat proses penyembuhan. Batuk yang berkepanjangan sebaiknya tidak disepelekan sebab bisa menjadi indikasi masalah kesehatan yang lebih serius.

Batuk datangnya bisa bersamaan dengan penyakit flu atau infeksi lainnya. Batuk bisa membersihkan saluran udara dari berbagai partikel yang sifatnya mengiritasi. Namun begitu, jika kondisi ini berlangsung dalam waktu yang lama, anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter sebab mungkin ada penyakit serius yang perlu diobati. Untuk batuk yang ringan, anda bisa mencoba beberapa obat batuk tradisional berikut ini:

1. Daun peppermint

Peppermint merupakan jenis herbal yang sudah dipergunakan sejak lama untuk treatment kesehatan, salah satunya adalah untuk meringankan batuk. Di dalamnya terdapat kandungan menthol yang bersifat menyejukkan sertas bisa menipiskan lapisan mukus di dalam saluran pernafasan. Peppermint bisa menjadi solusi untuk mengobati batuk basah maupun kering.

Cara pemakaiannya cukup mudah. Masukkan 1 sendok makan daun peppermint kering ke dalam 1 cangkir air panas. Untuk menambah rasa, anda bisa memasukkan madu ke dalamnya. Silakan meminum hingga 3 cangkir sehari.

2. Madu

Obat batuk tradisional berikutnya adalah madu. Punya citarasa yang lezat, anda pasti tidak keberatan untuk mengkonsumsi madu sering-sering. Madu bisa membantu meringankan radang tenggorokan serta batuk. Kandungan efektif di dalam madu membuat bahan alami ini banyak dikemas menjadi obat batuk. Sekarang anda bisa dengan mudah menemukan obat batuk berbahan dasar madu di toko obat-obatan. Tidak perlu resep dokter untuk mendapatkannya.

Baca artikel lainnya: Manfaat Madu Untuk Wajah

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa mencampurkan madu dengan air perasan jeruk lemon. Minum 1 sendok madu dan 1 sendok air jeruk lemon secara bersamaan. Ulangi 2 sampai 3 kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan.

3. Daun thyme

Jika anda bisa menemukan daun thyme, ini juga bisa menjadi alternatif pengobatan untuk batuk dan masalah pernafasan lainnya. Banyak ahli kesehatan yang menyarankan pemakaian herbal ini untuk terapi batuk, bahkan bronchitis. Anda bisa membuat sirup dari daun thyme sendiri di rumah. Caranya adalah sbb, pertama siapkan secangkir air panas. Lalu masukkan 1 sendok makan daun thyme kering ke dalamnya, aduk-aduk hingga tercampur merata.

Tunggu hingga campuran tersebut dingin, lalu masukkan madu untuk menambah rasa. Anda bisa memasukkan madu sesuai dengan selera. Setelah agak dingin, bisa langsung anda minum. Satu cangkir itu tidak harus dihabiskan sekalian. Anda bisa meminumnya 2 kali.

4. Cengkeh

Obat batuk tradisional yang tidak kalah efektifnya adalah cengkeh. Cengkeh bisa membantu untuk mengurangi rasa nyeri di tenggorokan. Bahan alami ini juga bisa dikombinasikan dengan madu sebab madu memberikan efek anti-inflamasi. Batuk seringkali membuat tenggorokan kita sakit. Madu bisa membantu untuk meredakan rasa sakit tersebut. Cara mengolahnya mudah saja, yaitu rendam 6 butir cengkeh ke dalam 6 sendok makan madu. Diamkan campuran ini semalaman, lalu minum keesokan harinya. Cukup 1-2 sendok makan saja setiap kali konsumsi, tergantung dari tingkat keparahan batuk yang diderita.

5. Bunga belimbing wuluh

Jika anda bisa menemukan bunga belimbing wuluh, ini juga bisa menjadi alternatif obat batuk tradisional. Ambil kurang lebih 1 genggam, lalu haluskan dengan beberapa butir adas. Tambah madu secukupnya untuk memberikan rasa, dan masukkan ke dalam air hangat. Saring air tersebut dan langsung diminum.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*