Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kesehatan

Obat Jerawat
manfaat jeruk lemon untuk kesehatan

Infotentangkesehatan.com – Kita akan cari tahu manfaat jeruk lemon untuk kesehatan. Lemon punya rasa yang lezat. Dengan rasa kecutnya, lemon sangat pas diolah menjadi minuman dingin. Buah ini juga bisa dipakai sebagai garnish maupun penambah rasa untuk masakan tertentu seperti ikan panggang. Namun di balik itu semua, lemon sebenarnya kaya manfaat. Selama ini kita tahu bahwa lemon punya kandungan Vitamin C yang tinggi, tapi khasiatnya untuk kesehatan lebih dari itu.

1. Sariawan, bibir pecah-pecah, dan radikal bebas

Kandungan utama jeruk lemon adalah Vitamin C. Di dalam 1 ons lemon terdapat kurang lebih 12,9 miligram Vitamin C. Fungsinya beragam, seperti melawan radikal bebas serta mengobati sariawan. Antioksidan di dalam Vitamin C sangatlah powerful. Zat ini bisa mencegah kerusakan serta memperbaiki sel-sel yang telah rusak. Selain itu, antioksidan juga merupakan zat untuk mencegah kanker.

Ada banyak hal negatif yang tubuh akan rasakan jika terlalu banyak terpapar radikal bebas. Maka dari itu, sebaiknya anda tidak lupa untuk mendapatkan asupan Vitamin C dari luar setiap hari. Ada beberapa zat lain di dalam buah ini meski konsentrasinya tidak sebanyak Vitamin C, Yaitu Viamin B6, thiamin, dan folat.

2. Mencegah kanker

Seperti disampaikan sebelumnya, salah satu manfaat jeruk lemon untuk kesehatan adalah untuk melawan kanker. Ada senyawa yang disebut limonoid di dalam buah ini. Zat ini berkontribusi terhadap rasa pahit dari lemon. Seperti halnya Vitamin C, limonoid juga bertindak seperti antioksidan untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas.

Baca artikel lainnya: Gejala kanker Ovarium Yang Tidak Boleh Diabaikan

Menurut sebuah jurnal yang dipublikasikan pada 2005, limonoid  berfungsi untuk mencegah perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh. Zat ini dipakai untuk riset dan ditemukan bahwa memang pertumbuhan kanker menjadi terhambat dengan adanya zat ini.

3. Menstabilkan gula darah

Bagi anda yang bermasalah dengan gula darah, sangat penting untuk menjaga asupan makanan. Makanan tertentu bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang tentunya tidak baik untuk kesehatan. Pada penderita diabetes, insulin di dalam tubuh mereka tidak bekerja sebagaimana mestinya. Jika tidak mendapatkan penanganan serius, dikhawatirkan akan muncul komplikasi di kemudian hari terutama pada organ-organ vital seperti hati, ginjal, dan mata.

Di dalam jeruk lemon terdapat zat yang disebut dengan hesperidin. Ini merupakan zat yang bisa memperbaiki kerja enzim di dalam tubuh. Enzim-enzim tersebut secara langsung berpengaruh terhadap konsentrasi gula darah. Konsumsi lemon secara rutin akan menghindarkan anda dari penyakit ini. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan? Tidak hanya mengontrol gula darah, tapi hesperidin juga disebut-sebut berpengaruh positif terhadap kolesterol di dalam tubuh.

4. Mencegah batu ginjal

Manfaat jeruk lemon untuk kesehatan berikutnya adalah mencegah terbentuknya batu ginjal. Ini erat kaitannya dengan kandungan asam sitrat di dalam buah tersebut. Dengan mengkonsumsi lemon, jumlah sitrat di dalam urin akan meningkat. Dampaknya adalah pembentukan batu ginjal bisa dihambat. Bahkan jika batu ginjal sudah terbentuk, zat ini bisa membantu menghancurkannya. Asam sitrat juga bisa menghindarkan anda dari kelelahan.

Efek samping

Meski manfaatnya sangat beragam, anda tetap harus membatasi konsumsi jeruk lemon. Bagaimanapun juga, tubuh kita membutuhkan nutrisi dalam jumlah terbatas. Jika berlebihan, ini justru bisa menimbulkan efek negatif. Khusus untuk makanan asam seperti lemon, efek samping yang paling sering dikeluhkan adalah naiknya asam lambung. Perut anda bisa sakit melilit jika dijejali terlalu banyak makanan dan minuman yang sifatnya asam. Selain itu, makanan asam juga tidak baik untuk kesehatan gigi karena bisa mengikis email secara perlahan. Nah, sekarang anda tahu betapa banyaknya manfaat jeruk lemon untuk kesehatan.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*