Macam-macam Alergi Kulit dan Pengobatan Alaminya

Obat Jerawat
alergi kulit

Infotentangkesehatan.com – Tidak semua orang beruntung punya kulit sehat dan mudah dirawat. Beberapa orang memiliki kulit yang cenderung sensitif dan mudah bereaksi terhadap zat-zat tertentu. Apakah anda punya alergi kulit? Segeralah periksakan diri ke dokter supaya diketahui apa penyebabnya. Dengan begitu, pengobatan yang tepat bisa segera dilakukan. Jika alergi tidak ditangani secara serius, maka masalah ini akan terus muncul sepanjang alergen masih bertebaran di sekitar kita. Ada beberapa jenis alergi kulit yang perlu anda ketahui.

1. Eksim

Yang pertama adalah eksim. Ini merupakan kondisi hipersensitivitas pada kulit yang dipicu oleh begaram faktor. Anak-anak rentan mengalami masalah ini. Tanda-tandanya adalah ruam pada kulit yang berwarna kemerahan. Biasanya kemunculannya secara perlahan, dimulai dengan ruam berukuran kecil, kemudian membesar, menonjol keluar, dan terisi cairan. Selanjutnya, ruam tersebut bisa meletus jika sudah matang. Masalah ini bisa meninggalkan bekas pada kulit.

2. Infeksi jamur   

Infeksi jamur adalah masalah umum terutama bagi mereka yang tidak memperhatikan kebersihan kulit. Jamur tumbuh dengan subur di tempat-tempat yang lembab. Menjaga kebersihan merupakan salah satu pencegahan terbaik. Jamur bisa menempel di kulit dan berkembang biak di area-area tersembunyi seperti pangkal paha, ketiak, dan selangkangan.

3. Dermatitis kontak

Ini adalah sebuah kondisi dimana alergi kulit terjadi karena menyentuh makanan. Makanan yang bersifat asam biasanya sering memicu masalah ini. Seledri, kiwi, dan jeruk adalah beberapa makanan yang bisa memicu reaksi alergi pada beberapa orang. Kandungan asam yang tinggi akan mudah membuat kulit sensitif teriritasi. Reaksi yang muncul biasanya berupa kemerahan pada kulit, bisa juga berlanjut dengan ruam-ruam yang lebih besar.

Pengobatan alergi kulit

Pengobatan untuk alergi kulit sebaiknya lebih ditekankan pada penyebabnya. Setiap kondisi berbeda-beda. Meski kondisi hipersensitivitas pada kulit punya gejala yang mirip, namun penyebabnya beragam. Misalnya saja, jika alergi terjadi karena makanan, maka harus dicari tahu makanan apa yang memicu reaksi tersebut. Ada banyak sekali jenis makanan, namun tidak semuanya bisa memicu reaksi alergi. Sementara itu, pengobatan dari luar untuk mengurangi ruam bisa dengan memakai krim hidrokortison atau losion kortikosteroid.

Untuk pengobatan yang lebih alami, anda juga bisa mencoba beberapa tanaman herbal berikut ini:

1. Calendula

Tanaman ini telah dipakai untuk pengobatan sejak abad ke-12. Di dalamnya terkandung zat flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan. Selain itu, herbal ini juga mengandung zat anti-inflamasi dan anti-bakteri, jadi sangat tepat dipergunakan untuk meringankan ruam yang muncul karena alergi kulit. Anda juga bisa menemukan yang sudah dikemas ke dalam krim atau produk lainnya. Tinggal diaplikasikan ke kulit 3 hingga 4 kali sehari tergantung dari tingkat keparahan alergi yang diderita.

2. Lidah buaya

Lidah buaya juga dikenal sangat baik untuk merawat kulit yang mengalami iritasi. Tidak hanya untuk mengobati luka bakar atau sengatan sinar matahari, tapi zat-zat aktif di dalam lidah buaya juga bisa meringankan reaksi alergi. Jika kulit anda terasa gatal, maka potong satu pelepah lidah buaya, lalu ambil gel-nya untuk diusapkan ke kulit yang bermasalah. Mengingat khasiatnya yang luar biasa, lidah buaya juga sering dikemas menjadi produk kosmetik maupun produk kesehatan.

Baca artikel lainnya: 6 Jenis Makanan Ini Bisa Membuat Kulit Mulus dan Sehat

Anda bisa membeli salep berbahan dasar lidah buaya untuk mengobati ruam pada kulit. Namun begitu, anda tetap harus berhati-hati sebab tidak semua orang bisa mentoleransi aloe vera. Ada pula orang yang sensitif terhadap tanaman herbal yang satu ini. Mereka yang menunjukkan reaksi alergi pada bawang merah dan bawang putih kemungkinan besar akan menunjukkan reaksi serupa terhadap tanaman lidah buaya.

3. Roman Chamomile

Bagian yang sangat berharga dari tanaman ini adalah bunganya. Ada banyak kandungan penting di dalamnya, sehingga efektif untuk mengobati beragam penyakit, seperti iritasi kulit, masalah pencernaan, sinusitis, hingga masala persendian. Anda bisa membeli produk berbahan dasar Roman Chamomile untuk mengobati alergi kulit.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*