Khasiat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Obat Jerawat
khasiat daun binahong untuk kesehatan

Infotentangkesehatan.id – Daun binahong yang sudah cukup sulit kita temui di lingkungan sekitar kita ini ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Tanaman yang daunnya berbentuk mirip daun waru dan pohonnya merambat ini bisa dijadikan obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit di tubuh. Apa saja khasiat daun binahong untuk kesehatan tubuh? Berikut ulasannya.

Khasiat Daun Binahong Sebagai Obat Kencing Manis.

Untuk mengobati diabetes, kita perlu menyediakan 11 lembar daun binahong, rebus dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Minum 1 gelas ini setiap hari.

Khasiat Daun Binahong Sebagai Obat Darah Rendah.

Daun binahong juga berkhasiat dalam mengobati darah rendah. Cara membuat obat darah rendah dengan daun binahong adalah merebus 8 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Minum 1 gelas setiap hari.

Khasiat Daun Binahong Untuk Mengobati Asam Urat.

Untuk asam urat, cara penyajiannya adalah dengan merebus daun binahong dan minum hasil rebusannya. Sediakan 5 lembar daun binahong, rebus ke dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas air. Minum 1 gelas rebusan air binahong ini setiap hari.

Khasiat Daun Binahong Untuk Kelancaran Haid.

Daun binahong juga bermanfaat dalam melancarkan haid. Cara penyajiannya adalah dengan menggunakan 3 lembar daun binahong yang direbus ke dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Hasil air rebusan daun binahong diminum setiah hari.

Selain untuk obat yang diminum, khasiat daun binahong untuk kesehatan juga bisa dimanfaatkan untuk obat luar. Keluhan seperti jerawat dan juga gata-gatal bisa disembukan denga daun binahong ini. berikut ini cara penggunaan daun binahong untuk obat luar tubuh.

Khasiat Daun Binahong Untuk Mengatasi Jerawat.

Cara mengatasi jerawat dengan daun binahong ini adalah bisa dengan diminum dan juga sebagai obat luar. Untuk yang diminum, bisa dengan merebus 8 lembar daun binahong ke dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas air. Air hasil rebusan daun binahong ini diminum setiap hari.

Untuk obat luar, daun binahong ini bisa dipakai untuk membuat masker obat jerawat. Caranya yaitu menggunakan 5 lembar daun binahong yang dihaluskan terlebih dahulu, lalu oleskan ke wajah secara merata pada jerawat. Olesan ini bisa dilakukan beberapa kali sebelum tidur. Dengan pemakaian yang teratur bisa didapat kulit yang semakin halus bebas jerawat.

Baca Artikel Lainnya : Obat Herbal Untuk Penyakit Diabetes

Untuk pengobatan, ternyata penyajian daun binahong ini sangat mudah dan bisa dilakukan siapa saja. kita tinggal mengambil ekstrak daun binahong dengan merebus dengan air beberapa lembar aun tergantung kebutuhan. Kemudian tunggu sampai kira-kira tersisa 1 gelas air rebusan. Setelah itu baru 1 gelas air rebusan terakhir ini dikonsumsi perhari. Dengan kata lain, untuk konsumsi sehari-hari kita harus selalu merebus daun binahong agar selalu dalam keadaan fresh. Tentu kita juga harus ingat untuk selalu mencuci daun binahong sebelum direbus agar kotoran-kotoran tidak lagi menempel pada daun dan masuk ke air rebusannya.

Secara kimia, kandungan dalam daun binahong yang membuatnya begitu bermanfaat antara lain asam oleanolik, asam askorbat, flavonoid, protein, dan saponin. Zat-zat tersebut memiliki fungsi yang sangat penting untuk antibakteri, antivirus, antiinflamasi, analgesik, dan antioksidan. Berbagai kandungan zat yang ada di dalam daun binahong inilah yang menyebabkan adanya khasiat daun binahong untuk kesehatan.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*