Cara Mengobati Sakit Tenggorokan yang Manjur

Obat Jerawat
Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

Infotentangkesehatan.com – Radang tenggorokan tidak bisa diduga kapan datangnya. Masalah ini bisa menimpa anda sewaktu-waktu. Namun untuk menyembuhkannya tidak begitu susah. Anda hanya perlu beristirahat dan mengkonsumsi sup hangat. Pada kesempatan kali ini, kami ingin berbagi informasi tentang cara mengobati sakit tenggorokan. Pengobatan akan semakin maksimal jika anda juga melakukan beberapa tindakan sepereti berikut:

1. Membersihkan rumah

Maksud membersihkan rumah disini adalah menyingkirkan berbagai macam polutan dari dalam rumah. Bulu hewan peliharaan, jamur, debu, semuanya bisa menjadi pemicu batuk dan radang tenggorokan. Mulai dari sekarang biasakan diri untuk hidup di lingkungan bersih dan sehat. Luangkan waktu setiap hari untuk bersih-bersih rumah agar kesehatan anda tetap terjaga.

2. Jauhi polutan

Tidak hanya debu dan kotoran saja, macam polutan lain seperti aerosol, parfum, dan rokok juga bisa menjadi pemicu masalah ini. Untuk mengatasinya, buat ventilasi yang cukup di rumah. Dengan begini, polutan tidak mudah terjebak di dalam rumah dan menyebabkan timbulnya penyakit. Aliran udara yang lancar akan membantu mengantarkan debu dan kotoran ke luar rumah serta menjaga kelembaban di dalam ruangan.

3. Makan sup hangat

Makan sup hangat adalah salah satu cara mengobati sakit tenggorokan. Radang tenggorokan bisa disebabkan oleh berbagai hal, termasuk bakteri. Apapun penyebabnya, anda tetap bisa meringankan rasa sakit yang muncul. Salah satu caranya adalah dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi, yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang banyak cairannya seperti sup.

Baca artikel lainnya: Obat Batuk Tradisional Yang Mudah Dibuat di Rumah

Silakan buat sup dari ayam, daging sapi, atau yang lainnya. Jangan lupa untuk memasukkan sayur-sayuran ke dalamnya agar lebih sehat. Hindari bahan yang bersifat asam karena bisa mengiritasi tenggorakan. Produk susu juga sebaiknya dihindari sebab ini hanya akan meningkatkan produksi mukus dan membuat radang tenggorokan lama redanya. Jangan buat sup yang pedas karena ini malah akan meningkatkan rasa sakit yang dirasakan.

4. Hindari makanan dan minuman asam

Tidak peduli seberapa suka anda dengan jus jeruk, minuman ini sebaiknya tidak dikonsumsi saat menderita radang tenggorokan. Mengapa? Karena jeruk bersifat asam dan minuman asam tidak cocok untuk sakit tenggorokan. Tidak ada yang menyangkal bahwa jus jeruk baik untuk kesehatan karena kaya Vitamin C, tapi tetap saja minuman ini tidak memberikan efek melegakan bagi yang sedang menderita radang tenggorokan. Teh dan sup bisa menjadi alternatif yang lebih tepat sebab tidak ada kandungan asam di dalamnya.

5. Berkumur dengan air garam

Cara mengobati sakit tenggorokan yang lainnya adalah berkumur dengan air garam. Larutan garam punya kandungan yang meredakan inflamasi. Virus-virus yang bersarang di dalam tenggorokan akan disingkirkan, sehingga mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, larutan garam juga bisa membantu mengurangi lapisan mukus. Kami sarankan anda berkumur 4 kali dalam sehari dengan air garam agar hasilnya cepat terasa.

6. Minum teh

Radang tenggorokan bisa terjadi karena alergi atau sensitivitas terhadap polutan. Penyebab umum lainya adalah infeksi virus dan bakteri. Teh terbukti bisa meringankan gejala sakit tenggorokan. Ada banyak jenis teh herbal yang bisa anda konsumsi. Silakan dicoba yang mana saja, rasa sakit akan berkurang secara perlahan. Cara kerja teh adalah dengan membantu mengikis mukus yang menyumbat tenggorokan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Silakan campurkan teh dengan herbal licorice, eukaliptus, atau peppermint karena semuanya bisa memberikan efek menyejukkan. Teh adalah minuman sehat, jadi anda bisa meminum beberapa cangkir dalam sehari tanpa perlu khawatir efek samping yang mungkin ditimbulkan. Itu tadi beberapa cara mengobati sakit tenggorokan.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*