Cara Menghilangkan Sakit Kepala Tanpa Obat-obatan

Obat Jerawat
cara menghilangkan sakit kepala

Infotentangkesehatan.com – Kali ini kita akan membahas tentang cara menghilangkan sakit kepala. Sakit kepala membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Saat mengalaminya, kita seringkali menjadi lebih  sensitif terhadap suara dan cahaya. Sakit kepala bisa disembuhkan dengan obat pereda nyeri yang mudah di apotek-apotek terdekat. Namun tidak semua orang suka bergantung dengan obat untuk menghilangkan rasa sakit. Masalah ini biasanya akan reda dalam beberapa hari meskipun tanpa bantuan obat. Jika anda lebih suka cara-cara yang alami, berikut ini beberapa tips untuk anda.

1. Olahraga

Anda mungkin menyangsikan olahraga sebagai salah satu cara menghilangkan sakit kepala. Faktanya, gerakan ringan seperti stretching bisa meredakan ketegangan di kepala dan mengurangi rasa sakit. Gerakan yang bisa dicoba antara lain menggerakkan kepala ke atas, ke bawah, kemudian memutarnya searah jarum jam. Ini akan membantu menenangkan otot-otot di area leher dan bahu. Dengan melakukan latihan ringan ini secara konstan, diharapkan sakit kepala akan menghilang secara perlahan.

2. Mengompres dengan es batu

Es batu juga bisa meringankan sakit kepala sebab sensasi dingin dari es mengurangi reaksi inflamasi. Akibatnya, rasa sakit juga akan berkurang. Tidak hanya air dingin saja, air hangat juga bisa memberikan efek serupa. Menghirup uap panas atau mencelupkan kaki ke dalam air hangat bisa memberikan efek relaksasi dan membuat sakit berkurang. Lakukan terapi selama beberapa menit supaya hasilnya terasa.

3. Makan jahe

Jahe adalah bumbu dapur yang sudah sangat dikenal karena bisa melezatkan masakan. Rempah bercitarasa pedas ini ternyata juga efektif untuk menghilangkan rasa sakit karena memiliki efek anti inflamasi. Tidak hanya itu saja, jahe juga bisa mengobati rasa mual yang seringkali muncul bersamaan dengan migraine. Anda bisa mencampurkannya dengan teh, susu, atau minuman favorit anda yang lainnya.

4. Aromaterapi

Aromaterapi bisa menjadi cara menghilangkan sakit kepala. Ada banyak bahan alami yang bisa dicoba, seperti minyak peppermint dan lavender. Dengan aroma yang segar, minyak peppermint ternyata juga bisa membantu membuka pembuluh darah yang tersumbat. Di dalamnya terdapat kandungan menthol yang bisa membantu melancarkan peredaran darah.

Baca artikel lainnya: Berikut 6 Jenis Sakit Kepala Yang Merupakan Tanda Bahaya

Silakan letakkan minyak peppermint ke dalam wadah, lalu hirup aromanya. Anda juga bisa memakainya untuk memijat dahi agar rasa sakit berkurang. Daun peppermint juga bermanfaat untuk mengurangi sakit kepala. Seduh beberapa daun ke dalam teh, lalu tambahkan madu untuk memperkuat rasa. Silakan minum hingga habis. Minyak lavender juga sama efektifnya untuk aromaterapi, namun jangan dikonsumsi.

5. Pasta kayu manis

Kayu manis juga termasuk rempah dapur yang sangat terkenal. Bahan ini memiliki beragam khasiat, termasuk untuk meringankan nyeri akibat sakit kepala. Cara memakainya adalah dengan menggiling kayu manis hingga menjadi serbuk, lalu campurkan dengan air hingga mengental. Silakan usapkan pasta tersebut pada kening dan dahi secara merata. Tunggu sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

6. Cengkeh

Cengkeh punya kandungan yang bisa menekan rasa sakit. Itulah mengapa rempah ini menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi sakit gigi dan sakit di area lainnya. Tumbuk beberapa biji cengkeh hingga halus. Bungkus dengan kain, lalu hirup aromanya. Lakukan selama beberapa menit hingga anda mulai merasa sakit kepala agak berkurang. Alternatif lainnya adalah untuk pijat. Campurkan minyak cengkeh dan minyak kelapa dengan takaran yang sama, lalu pakai untuk memijat area sekitar kepala. Itu tadi beberapa cara menghilangkan sakit kepala. Semoga bermanfaat.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*