Warna Feses Hitam, Berbahayakah dan Apa Penyebabnya?

Obat Jerawat

Infotentangkesehatan.idKetika anda sedang melakukan BAB dan menemukan bahwa fesesnya berwarna hitam legam, terkadang di dalam hati anda pasti bertanya apakah perubahan warna itu menjadi tanda dari tubuh yang tengah terserang penyakit, dan hal ini dapat membuat anda cemas karena terbayang penyakit yang macam-macam, padahal sebab dari perubahan warna feses ini belum diketahui. Nah mari kita bahas, perubahan warna feses menjadi hitam legam bisa disebut berbahaya dan tidak, karena terdapat berbagai sebab terjadinya perubahan.

Memang benar jika perubahan warna feses menjadi hitam bisa sebagai pertanda bahwa tubuh sedang terserang penyakit, tapi selain itu ada sebab lain yang tidak merujuk pada penyakit yang menyerang tubuh. Ketika kita memakan makanan yang mengandung banyak zat besi, atau tubuh secara tidak sadar terpapar zat besi dari lingkungan, maka akan menyebabkan warna feses dapat berubah menjadi hitam. Makanan mengandung zat besi juga dapat memengaruhi perubahan warna feses, seperti daging merah, bayam, pisang, dan lainnya dengan kandungan zat besi tinggi.

Kemudian kita bahas perubahan warna feses karena adanya penyakit yang menyerang bagian dalam tubuh, biasanya di daerah sistem cerna. Penyakit yang bisa menyebabkan perubahan warna feses menjadi hitam adalah peradangan dan luka yang mengakibatkan pendarahan, beberapa penyakit itu yang pertama adalah tukak lambung. Penyakit yang menyerang daerah lambung, kerongkongan dan usus dengan menyebabkan luka sehingga mengakibatkan penderitanya mengalami rasa sakit yang luar biasa di perut, mual hingga muntah dan biasanya penderita akan mengalami penurunan selera makan dan turunnya berat badan.

Baca Artikel Lainnya : Terlalu Sering Meminum Minuman Soda Bisa Meningkatkan Terkena Resiko Kanker

Lalu penyakit lainnya yang menyebabkan feses berwarna hitam adalah ambeien. Penyakit ini sering terjadi pada masyarakat Indonesia. Gejalanya adalah adanya tonjolan di saluran dekat anus yang mengandung pembuluh darah. Tonjolan ini bisa pecah sewaktu waktu jika terkena gesekan dengan feses, dan jika pecah, akan ada darah yang keluar sehingga mengakibatkan warna feses hitam. Jika mengalami penyakit ini dan belum terlanjur parah, bisa segera diobati dengan membeli obat konvensional yang tersedia di apotik tanpa harus menggunakan resep dokter, sehingga dapat sembuh.

Yang terakhir adalah penyakit kanker usus besar. Penyakit kanker memang merupakan penyakit yang berbahaya, terutama jaman sekarang banyak sekali kasus menderita penyakit kanker di berbagai bagian tubuh. Untuk kanker usus besar sendiri, penyebabnya sama seperti penyakit kanker lain. Terdapat tumor ganas yang tumbuh di bagian usus besar dan menyebabkan anda lebih susah buang air , biasanya disertai rasa sakit dan bentuk feses sering berubah-rubah, terjadi pendarahan pada saluran usus besar, termasuk warna feses yang berubah menjadi hitam merupakan akibat kanker.

Yak itulah beberapa sebab warna feses menjadi hitam, jadi berbahaya atau tidaknya harus kita kenali dulu penyebabnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*