Tips Mengolah Ikan Bakar Agar Terhindar Dari Risiko Kanker

Obat Jerawat
cara mengelola ikan bakar agar terhindar dari risiko kanker

Infotentangkesehatan.com – Cara mengelola makanan yang sehat adalah dengan membakar atau memanggangnya. Kita semua tahu dengan membakar makanan berarti kita menghindari penggunaan minyak yang berarti terhindar dari kalori dan lemak. Akan tetapi disisi lain dengan megelola makanan dengan cara dibakar mengandung risiko yang berbeda apabila dilakukan dengan cara yang tidak benar.

Cara penyajian ikan dengan cara dibakar memang merupakan cara yang paling lezat dibandingkan dengan cara di goreng atau dikukus. Tapi apabila ikan yang setengah matang dapat mengandung bakteri seperti E.coli dan salmonella yang bisa menyebabkan penyakit diare, sakit perut, dan muntah.

Disamping itu ketika ikan dibakar dengan suhu yang tinggi, protein otot akan bereaksi terhadap panas yang kemudian membentuk heterocylic amines (HCAs) yang menyebabkan mutasi DNA yang bisa berakibat menjadi pemicu timbulnya kanker. Kemudian lemak yang menetes kearang yang panas akan menimbulkan asap. Tahukah Anda bahwa asap dari pembakaran ini mengandung pilycylic aromatic hydrocarbons (PAHs) yang akan mengepul keatas dan kemudian akan tersimpan pada daging ikan yang sedang dibakar, hal ini juga bisa berakibat menjadi risiko terjadinya kanker.

 

TIPS SEHAT MENGELOLA IKAN BAKAR

Walaupun sebenarnya memang belum ada penelitian populasi yang menemukan korelasi antara HCAs dan PAH dalam daging maupun ikan bakar terhadap kemunculan sel kanker pada manusia, tidak ada salahnya kita tetap berhati-hati dan mengambil langkah antisipasi. Dibawah ini penulis akan memberikan panduan didalam mengelola ikan bakar menjadi lebih sehat.

Sebelum memulai membakar ikan, berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapkan :

  • Jika kamu mengerjakannya didalam dapur, pastikan semua perabotan dan lingkungan dibersihkan terlebih dahulu agar bahan makanan terhindar dari kuman-kuman.
  • Cucilah tangab kamu dengan menggunakan air hangat dan sabun selama kurang lebih 20 detik, terurama sebelum dan sesudah mengolah ikan mentah.
  • Pisahkan ikan dari makanan lain seperti sayuran dan buahan. Simpan ikan dalam lamari es agar lebih awet.
  • Bumbui ikan sebelum dibakar. Penelitian menyebutkan ikan yang diberi bumbu terlebih dahulu seperti cuka, kunyit, jus lemon, bawang merah, bawan putih, minyak zaitun dan rempah sebelum dibakar bisa mengurangi kadar HCA hingga 90 persen.
  • Masukkan ikan dalam microwave terlebih dahulu sebelum dibakar, setidaknya selama 2 menit juga bisa mengurangi kandungan HCA.
  • Sebaiknya menggunakan panggangan yang berbahan bakar gas, karena lebih bersih dibanding menggunakan bahan bakar arang atau briket konvensional.
  • Persiapkan ikan dalam potongan yang lebih kecil sehingga tidak terlala lama didalam membakar ikannya.

Hal yang perlu diperhatikan didalam proses membakar ikan :

  • Sebaiknya panaskan terlebihdahulu panggangan selama 15 menit atau maksimal 25 menit supaya mendapatkan temparatur panas yang tepat.
  • Oleskan panggangan dengan minyak agar supaya bahan yang dibakar tidak lengket atau menempal dipanggangan.
  • Terkadang kita melihat sisi luar ikan sudah terlihat matang, padahal bisa jadi daging didalamnya masih belum matang. Untuk memastikannya bisa menggunakan termometer makanan dengan memasukkan pada bagian daging yang tebal. Daging ikan bisa disebut matang apabila suhu didalamnya setidaknya sudah mencapai 62 drajat celcius.
  • Kurangilah bara api sehingga ikan akan dinakar lebih lama dengan menggunakan api kecil.
  • Balikkan ikan dengan hari-hati lebih sering agar supaya terhindar terbentuknya HCA.

Hal yang perlu dilakukan setelah selesai membakar ikan

  • Diamkan ikan yang sudah dibakar diatas piring setidaknya selama 10 menit sebelum disajikan
  • Saat ikan masih menunggu untuk disantap tutup dengan menggunakan tudung saji agar terhindar dari kontaminsai lalat pembawa bakteri.
  • Cucilah peralatan yang habis digunakan untuk membakar ikan dengan sabun dan air hangat agar tidak terkontaminasi dengan makanan lain pada saat peralatan tersebut digunakan untuk mengolah makanan lainnya.

Pada saat menyantap ikan bakar buang bagian yang gosong. Tambahkan juga sayuran pada saat menyantap ikan, karena sayuran yang dibakar tidak membentuk HCA. Demikianlah cara membakar ikan yang tepat dan sehat, dengan mengikuti metode pembakaran ikan diatas diharapkan kandungan nutrisi didalam ikan tetap terjaga dan kamu juga akan terhindar dari risiko buruk pembakaran.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*