Sayangi Nyawa Anda Dengan Berhenti Merokok

Obat Jerawat

Infotentangkesehatan.id – Merokok merupakan suatu kebiasaan yang dapat menghilangkan nyawa kita apabila dilakukan terus menerus. Banyak penyakit yang timbul diakibatkan oleh merokok ini. Diantaranya bisa dikategorikan mematikan seperti kanker paru paru hingga kanker mulut. Bahkan seseorang yang terlalu lama menghirup asap rokok pun beresiko terkena kanker paru paru. Jadi bagi Anda seorang perokok aktif maka kurangilah menghisap rokok dan perlahan lahan untuk meninggalkan kebiasaan merokok untuk sayangi nyawa Anda dan orang disekitar Anda.

Namun, banyak orang menilai bahwa berhenti untuk merokok itu berat dan susah, namun ada beberapa tips untuk berhenti merokok yang efektif bagi Anda. Diantaranya adalah;

  1. Bulatkan niat Anda untuk berhenti merokok. Pada fase ini, Anda diminta untuk membulatkan niat Anda untuk merokok. Caranya adalah Anda harus memikirkan apabila Anda tetap merokok maka akan ada gangguan dan penyakit pada tubuh Anda dan juga orang disekitar lingkungan Anda juga akan terdampak kesehatannya termasuk anak Anda.
  1. Hilangkan kebiasaan merokok secara perlahan lahan. Seperti kebanyakan para perokok aktif bahwa menghilangkan kebiasaan merokok ini sangatlah sulit. Maka, bagi Anda disarankan terlebih dahulu untuk mengurangi porsi merokok dan setelah bisa mengendalikan porsi merokok Anda, maka kebiasaan merokok setiap harinya pun akan dapat Anda hilangkan.
  1. Kurangi kebiasaan kebiasaan yang memancing Anda untuk merokok. Beberapa perokok aktif memiliki kebiasaan yang dapat memancing rasa untuk menghisap rokok seperti meminum kopi, meminum alkohol hingga begadang dengan teman Anda. Nah, bagi Anda yang memang benar benar ingin berhenti untuk merokok, maka kurangi serta hilangkan kebiasaan kebiasaan tersebut. Karena meskipun Anda berniat untuk berhenti merokok namun kebiasaan yang dapat menimbulkan rasa ingin menghisap rokok juga tidak dikurangi maka akan timbul kembali rasa ingin merokok pada diri Anda.

Baca Artikel Lainnya : Membiasakan Diri Dengan Pola Hidup Sehat

  1. Minta bantuan orang terdekat untuk mengingatkan sekaligus mendukung langkah Anda untuk berhenti merokok. Ya, dukungan dari orang terdekat dipercaya mampu untuk menghentikan kebiasaan buruk ini. Mintalah bantuan orang terdekat Anda untuk mengingatkan Anda untuk tidak merokok dan juga kepada teman Anda untuk tidak menawarkan rokok pada Anda.
  1. Gunakan uang membeli rokok untuk dialihkan untuk membeli sesuatu yang berguna. Alihkan uang yang awalnya Anda gunakan membeli rokok untuk dialihkan membeli sesuatu yang berguna semisal membeli kebutuhan sehari hari atau bisa Anda tabung untuk membeli barang keinginan Anda.
  1. Mintalah tips untuk berhenti merokok dari teman Anda. Anda pasti memiliki teman yang telah memutuskan untuk berhenti merokok bukan. Maka mintalah saran dan tips untuk berhenti merokok karena belajar dari pengalaman teman juga membantu dan memotivasi niat Anda untuk berhenti merokok.

Nah beberapa tips untuk berhenti merokok tersebut semoga dapat membantu Anda untuk menghilangkan kebiasaan Anda menghisap rokok karena kebiasaan ini sangat tidak baik untuk kesehatan Anda. Jadi, sayangilah nyawa Anda dan orang disekitar Anda dengan berhenti  merokok

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*