Gangguan Kesehatan Mental Pada Lansia Yang Perlu Mendapat Perhatian Khusus

Obat Jerawat

Infotentangkesehatan.id – Kesehatan lansia dipengaruhi oleh faktor umur yang semakin menua yang disebut aging. Fenomena ini disebabkan oleh penurunan daya fungsi sel-sel yang ada pada tubuh karena penuaan. Peran fisiologis pada tubuh manusia pada momen itu mengalami disfungsi sel tubuh dan mental. Menjadi tua dengan segala hal dengan datangnya gangguan merupakan hal yang wajar, namun itu berbeda dengan majunya perkembangan teknologi. Itu hanya asumsi di masa lalu. Dengan manfaat teknologi tersebut, banyak ditemukan suplemen dan terapi perawatan untuk orang lanjut usia sehingga gangguan kesehatan mental pada lansia dapat diatasi dengan kemudahan yang ada.

Alasan yang menjadi ketakutan ketika mengalami lansia adalah tidak ingin merepotkan anak dan cucu. Itu faktor yang sering terjadi di masyarakat dan tidak ada yang menginginkan kejadian tersebut walaupun semua akan mengalaminya. Kerepotan tersebut merupakan hal yang nyata pada saat mereka mengalami kejadian yang tidak wajar pada tubuhnya khususnya pada mental. Itu pasti membuat orang lain menjadi terbebani.

Gangguan kesehatan mental itu diawali dengan penurunan fungsi indera dan kemampuan motorik. Untuk merasakan sesuatu pun sudah tidak normal dan untuk menggerakkan tubuh menjadi serba sulit. Panca indera yang seharusnya bisa digunakan untuk merasakan, mendengarkan, bahkan untuk berbicara namun tidak berfungsi maksimal. Apa jadinya jika orang harus mengutarakan sesuatu dengan cara berkali-kali? Yang ada mereka harus menjadi super sabar dalam meresponnya. Kemudian sensor motorik yang sangat sulit digunakan untuk menyentuh dan mengambil, menjadi tidak berfungsi sehingga hampir tidak dapat berbuat apa-apa. Akhirnya, semua beban ditanggung oleh orang di sekelilingnya.

Kewajiban bagi keluarga yang memiliki kerabat lansia adalah harus menyesuaikan diri dengan menurunnya kesehatan dan mental mereka. Itu menjadi kewajiban timbal balik akan apa yang telah mereka lakukan untuk kita ketika mereka masih kuat mengurus kita. Pengaturan kegiatan penting untuk dipertimbangkan karena kapasitasnya sudah tidak seperti sedia kala. Porsi kegiatan harus dijaga dan disesuaikan dengan terapi-terapi yang dapat melatih dan memperbaiki kemampuannya.  Hal itu dapat dilakukan dengan mengatur pola makan dan olah raga ringan yang sangat krusial untuk mempertahankan kesehatan dan daya tahan tubuh karena berpengaruh terhadap pertahanan mental. Menyesuaikan diri terhadap lingkungan sosial mereka juga merupakan treatment penting untuk menjaga daya pikir dan mental mereka. Kita yang masih muda hendaknya memberikan kesempatan kepada mereka untuk berpartisipasi khususnya memberikan pendapat,saran dan kritik sehingga mereka terkesan dihargai. Itu dapat setidaknya mempertahankan dan menjaga daya ingat dan mental mereka.

Dengan memperhatikan gangguan kesehatan mental lansia kita termasuk menjadi anak yang berbakti. Sangat tidak disarankan dengan mengambil contoh layaknya orang jaman sekarang yang cenderung menempatkan lansia ke tempat penampungan yang tidak mendukung. Itu artinya kita di masa kecil telah dibesarkan dengan tulus oleh mereka, akan tetapi mereka tidak mendapatkan hal yang sama di masa lansia dan tuanya, bahkan dikucilkan ke tempat penampungan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*