Cara Super Untuk Mencegah Insomnia

Obat Jerawat
mencegah insomnia - susah tidur

Infotentangkesehatan.com – Tahukah Anda apa itu insomnia? insomnia adalah kejadian dimana Anda mengalami sulit tidur atau kualitas tidur yang buruk berlangsung selama beberapa hari bahkan sampai beberapa minggu.  Ada beberapa jenis insomnia, yaitu : megalami tidur yang tidak lelap, sering terbangun, sulit untuk tidur, terbangun terlalu awal, atau kombinasi dari beberapanya.

Insomnia sudah tentu membawa efek yang kurang baik untuk kesehatan, dan dapat megganggu aktivitas sehari-hari. Efek kantuk yang disebabkan oleh insomnia sudah tentu menurunkan performa Anda saat beraktivitas sehari-hari.

Baca Artikel Lainnya : Mitos dan Fakta Seputar Tidur Siang

BERIKUT CARA SUPER UNTUK MENCEGAH INSOMNIA

  1. Perhatikan ruang tidur Anda, apabila dirasakan sudah membuat jenuh dan membosankan sebaiknya ubah suasana ruang tidur Anda. Pastikan ranjang yang digunakan sudah nyaman dan sesuai dengan kebutuhan. Karena ranjang yang tidak nyaman akan membuat masalah terhadap otot dan tulang sehingga tidurpun menjadi tidak nyaman.
  2. Atur pencahayaan ruang tidur, apabila terlalu terang dan bising ubah suasana tersebut menjadi lebih redup dan hening. Perhatikan juga kelembapan udara dan ventilasi didalam ruangan kamar, karena cuaca yang terlalu kering membuat hidung menjadi kering dan mudah terkena iritasi, sehingga menyebabkan ketidaknyamanan saat tidur. Jika memang diperlukan gunakanlah juga penutup mata dan telinga disaat tidur. Untuk menghindari dari gangguan.
  3. Hanya gunakan ranjang untuk tidur, hindari melakukan aktivitas lainnya di atas ranjang, seperti menonton TV, makan dan bekerja.
  4. Usahakan siklus tidur Anda teratur setiap harinya. Tubuh akan menjadi terbiasa dengan jadwal tidur Anda, sehingga akan mengalami kantuk pada saat yang tepat dan akan terbangun pada saat yang tepat pula. Untuk bisa mendapatkan siklus tidur yang yang teratur adalah dengan cara bangun dan tidur pada jam yang sama setiam harinya, walaupun di akhir pekan sekalipun.
  5. Hindari atau batasi mengkonsumsi kafein, bukan hanya dari minuman kopi saja, tetapi kafein juga terkandung didalam teh, cokelat, dan minuman bersoda.
  6. Apabila Anda peminu alkohos, sebaiknya hindari meminum alkohol beberapa jam sesaat mau tidur, karena ini bisa merusak jam tidur yang berakibat pada tidur Anda menjadi tidak berkualitas.
  7. Berhenti merokok! karena merokok hanya akan memperburuk insomnia.
  8. Lakukan olahraga secara rutin disiang hari, baik olahraga ringan maupun olahraga berat. Tetapi hindari melakukan olahraga berat sebelum Anda tidur.
  9. Sebaiknya hindari makan sebelum tidur. Makan sebelum tidur hanya akan membuat perut menjadi tidak nyaman sehingga mengganggu tidur Anda.
  10. Sebelum tidur, lakukanlah kegiatan yang membuat tubuh Anda rileks, seperti membaca buku, nonton TV atau mendengarkan musik.

Demikianlah cara – cara yang bisa Anda lakukan untuk terbebas dari insomnia yang mengganggu, semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*