Cara Menurunkan Berat Badan dengan Aman

Obat Jerawat
cara menurunkan berat badan

Infotentangkesehatan.com – Ada banyak cara menurunkan berat badan dengan aman, tapi masih banyak juga yang kepincut dengan cara-cara instan. Menurunkan berat badan tidak bisa dilakukan dalam sehari dua hari. Perlu konsistensi sebab berat badan turunnya bertahap, dan bukan tidak mungkin akan naik lagi jika anda tidak tekun menjalaninya. Berikut ini adalah beberapa cara menurunkan berat badan yang aman:

1. Minum teh hijau

Manfaat teh hijau sangat luar biasa. Selain bisa menangkal radikal bebas karena kandungan polifenolnya yang tinggi, teh hijau juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi teh hijau bisa membakar 70 kalori lebih banyak setiap harinya dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi minuman ini. Memang tidak instan, tapi metode ini bisa anda padukan dengan cara yang lebih efektif seperti melakukan olahraga.

2. Kurangi konsumsi garam

Ini adalah salah satu cara menurunkan berat badan yang cukup penting. Mengapa? Sodium bisa memicu resistensi terhadap air, membuat perut terasa kembung. Jangan mengkonsumsi garam lebih dari 2.400 miligram sehari. Asupan garam bisa berasal dari mana saja, seperti makanan kaleng, snack, sup, dll. Jadi jika anda mengkonsumsi cukup banyak makanan selain menu utama, konsumsi garam anda mungkin melebihan batasan harian. Garam juga buruk untuk jangka panjang karena bisa mengancam kesehatan pembuluh darah. Jadi harap perhatikan asupan sodium anda.

3. Tambah rempah-rempah

Ada beberapa rempah yang bisa meningkatkan suhu basal tubuh, seperti cabai. Di dalam cabai terdapat zat yang disebut dengan capsaisin. Fungsinya adalah untuk merilis hormon stress seperti adrenaline yang berdampak pada meningkatnya metabolisme di dalam tubuh. Makan makanan pedas juga bisa mengurangi nafsu makan. Anda bisa mencampurkan cabai ke dalam tumisan atau masakan lainnya.

4. Angkat beban

Olahraga ada banyak macamnya. Jika anda fokus pada olahraga yang membesarkan otot, menurunkan berat badan seharusnya bisa dilakukan dengan lebih mudah sebab otot membakar kalori sangat banyak. Meskipun anda sedang beristirahat, pembakaran kalori akan tetap berjalan. Anda bisa mulai dari yang ringan saja seperti mengangkat dumbell hingga yang lebih berat.

Baca artikel lainnya: Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Yang Wajib Dicoba

Jangan lupa untuk mengkonsumsi protein sebab zat ini diperlukan untuk pembentukan massa otot. Selain membesarkan otot lengan dan dada, anda juga perlu membesarkan otot kaki supaya bentuk tubuh anda proporsional. Ada orang yang hanya fokus membesarkan bagian tertentu saja, sehingga secara keseluruhan tidak terlihat seimbang.

5. Tidur yang cukup

Ini juga merupakan cara menurunkan berat badan yang penting. Ada anggapan bahwa kebanyakan tidur bisa membuat tubuh cepat gemuk. Padahal kurang tidur juga sama tidak baiknya. Kurang tidur bisa membuat laju metabolisme menurun. Akibatnya, pencernaan makanan berjalan lebih lambat. Tidur secukupnya saja supaya energi dan metabolisme anda berjalan lancar.

6. Perhatikan minuman anda

Banyak yang beranggapan bahwa permasalahan inti naiknya berat badan adalah makan yang terlalu banyak, padahal kalori yang sama banyaknya juga bisa terdapat di dalam minuman. Misalnya saja, anda memakan nasi dalam porsi besar, kemudian minum es teh manis setelahnya. Satu gelas es teh manis bisa berisi lebih dari 2 sendok makan gula pasir dan itu sudah cukup untuk menaikkan berat badan terutama jika anda menjadikannya sebagai minuman utama sehari-hari.

Iya, masih banyak orang yang memperlakukan minuman seperti soft drink, jus, dan es teh manis seperti air putih. Padahal selain bisa meningkatkan jumlah kalori yang masuk, minuman seperti ini bisa mengancam kesehatan dalam jangka panjang. Diabetes adalah salah satu penyakit yang bisa muncul akibat konsumsi gula berlebih. Itu tadi beberapa cara menurunkan berat badan.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*