Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Yang Wajib Dicoba

Obat Jerawat
cara cepat menurunkan berat badan

Infotentangkesehatan.com – Ingin tahu cara cepat menurunkan berat badan? Banyak orang bersusah payah untuk menurunkan berat badan, tapi tetap menemui kegagalan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi, seperti usia dan jenis kelamin. Pria cenderung lebih mudah untuk menurunkan berat badan terutama di area perut dan paha. Namun bukan berarti wanita tidak bisa sukses menurunkan berat badan. Sudah ada banyak bukti bahwa wanita juga bisa menurunkan berat badan asalkan dilakukan dengan serius. Melakukan olahraga dan menjaga asupan nutrisi adalah 2 poin penting yang harus ditekankan. Berikut ini adalah beberapa cara cepat menurunkan berat badan:

1. Atur pola makan

Cara pertama adalah membatasi kalori yang masuk. Jika tubuh mengalami defisit energi akibat kurangnya makanan yang masuk, maka endapan lemak di tubuh akan menjadi sumber alternatif. Jaringan lemak akan dibakar dan diubah menjadi energi. Jika tubuh mengalami defisinit energi sebanyak 1.000 kalori per hari, anda bisa menurunkan berat badan sebanyak 2 pon dalam seminggu.

2. Pakai kalkulator penghitung kalori

Anda bisa memakai kalkulator kalori untuk mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kebutuhan kalori harian seseorang, seperti usia, jenis kelamin, berat badan, dan aktivitas. Pria dan orang-orang yang berada di usia produktif biasanya membutuhkan lebih banyak kalori. Mereka yang banyak beraktivitas memakai otot seperti pekerja lapangan serta atlet juga membutuhkan asupan kalori lebih banyak.

Rata-rata kita membutuhkan asupan kalori sekitar 2.000 perhari. Katakanlah anda membutuhkan asupan kalori 2.500 perhari. Untuk menurunkan berat badan, maka anda harus mengkonsumsi kurang dari itu. Dan jika ini dibarengi dengan olahraga, turunnya bisa lebih dari 1 pon perminggu. Jika anda membatasi asupan kalori hanya 1.500 per hari, maka penurunan bisa lebih cepat. Namun begitu, jangan makan terlalu sedikit karena bisa menurunkan metabolisme tubuh.

3. Atur asupan makanan

Ini merupakan salah satu cara cepat menurunkan badan dengan sehat. Ada banyak sumber makanan sehat yang bisa dikonsumsi, seperti sayur, buah, biji-bijian, dan lemak. Selain itu, anda juga perlu mengkonsumsi protein. Banyak yang kurang mengkonsumsi protein padahal zat yang satu ini dibutuhkan untuk pembakaran kalori. Apa sebab? Pembakaran protein membutuhkan kalori lebih banyak dibandingkan dengan lemak dan karbohidrat. Jadi dengan mencukupi kebutuhan protein, anda bisa menurunkan berat badan lebih cepat.

Baca artikel lainnya: Ini Makanan Sehat Untuk Diet Yang Membuat Berat Badan Turun 7 Kg Dalam Seminggu

Zat ini juga dibutuhkan untuk membangun masa otot, terutama bagi anda yang menurunkan berat dengan olahraga ekstrim seperti angkat beban. Batasan konsumsi yang disarankan adalah 80 gram per 100 pon berat tubuh. Lalu, darimana sumbernya? Selain ikan, anda juga bisa mendapatkannya dari ayam, kalkun, dan beberapa jenis daging lain. Susu, keju, dan kacang-kacangan juga bisa menjadi alternatif.

4. Tingkatkan aktivitas fisik

Aktivitas fisik akan sangat membantu menurunkan serta menjaga kestabilan berat badan. Mereka yang kesulitan menurunkan berat badan mungkin kurang suka berolahraga dan hanya membatasi asupan kalori saja. Padahal, inti dari menurunkan berat badan adalah latihan fisik. Semakin banyak kalori yang dibakar, semakin cepat juga kita bisa menurunkan berat badan. Bahkan jika porsi makan anda tergolong besar, berat badan tidak akan naik dengan mudah jika olahraga dilakukan secara intensif.

Olahraga yang fokus pada membangun masa otot biasanya lebih efektif dalam menurunkan berat badan. Namun bukan berarti olahraga lain tidak efektif. Semua jenis olahraga baik untuk membakar kalori, hanya saja ada yang pembakarannya lebih cepat, ada yang lebih lambat. Seseorang dengan berat 65 kg misalnya bisa membakar sekitar 600 kalori setiap jam dengan latihan kardio. Semakin tinggi intesitas latihannya, semakin banyak kalori yang dibakar pada interval waktu yang sama. Itu tadi beberapa cara cepat menurunkan berat badan. Selamat mencoba.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*