Bahaya Stress Untuk Kesehatan Fisik Dan Mental Bagi Orang Yang Memiliki Banyak Aktivitas Dan Permasalahan

Obat Jerawat

Infotentangkesehatan.id – Bahaya stress untuk kesehatan fisik dan mental perlu mendapat perhatian khusus bagi kita yang sering berhadapan dengan aktivitas yang begitu padat dan penuh dengan tekanan. Aktivitas yang menumpuk memerlukan manajemen yang baik. Jika tidak, itu akan menyebabkan beberapa masalah. Dengan menyimpan permasalahan sehari-hari yang lebih banyak tidak mendapatkan penyelesaiannya, itu dapat menimbulkan sedikit goncangan pada pikiran yang berefek pada mengencangnya otot dan sensor pada otak. Akumulasi yang begitu banyak dapatmenyebabkan stres pada otak sehingga sering mengalami pusing dan penat. Jika itu dibiarkan terus-menerus begitu saja, maka itu akan menjadi pengaruh pada kesehatan fisik dan mental.

Pengaruh stress terhadap fisik

Kebanyakan orang merasa pusing jika mengalami banyak tekanan dan mengakibatkan stress yang serius. Keadaan tersebut biasanya diiringi dengan kakunya leher dan mengencang akibat reaksi stress yang memicu tekanan darah pada jantung meningkat sehingga mempengaruhi sirkulasi darah pada tubuh. Kondisi tubuh menjadi mudah lelah dan membutuhkan waktu untuk istirahat.

Kita harus berhati-hati dan tidak membiarkan stress dalam pikiran berlarut-larut di kepala karena stress merupakan penyebab utama penyakit jantung yang mematikan. Sudah wajar bahwa orang akan mengalami tekanan darah tinggi jika dalam keadaan stress. Itu membuat jantung harus bekerja lebih keras dan terbebani. Dalam rentan waktu yang lama, kondisi jantung yang seperti itu dapat rusak dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Akhirnya terserang penyakit jantung mendadak dan dapat menyebabkan kematian. Itulah faktor yang membahayakan jika kita membiarkan rasa stress tetap ada di benak kita.

Baza Artikel Lainnya : 6 Kesalahan Saat Berolahraga Yang Sering Terjadi

Pengaruh stress terhadap mental.

Kondisi pada saat orang mengalami stress membuat suasana hati yang disebut mood menjadi berubah. Perasaan tidak seperti biasanya, semangat hidup menjadi menurun akibat depresi dari menumpuknya rasa stress yang berlebihan. Itu membuat pola hidup mereka menjadi tidak teratur. Mereka menjadi sulit tidur atau mengalami insomnia akibat pikiran tidak tenang. Tingkat konsentrasi menjadi menurun terhadap kegiatan sehari-hari. Maka sangat wajar sekali dijumpai bahwa orang yang stress mengalami penurunan daya ingat dan sulit untuk mengingat sesuatu. Itu dikarenakan banyaknya pikiran yang tersimpan pada memori namun menjadi beban sehingga melupakan ingatan yang lain.

Stress juga memicu faktor emosional. Sangat wajar jika kita menjumpai orang yang stress lebih mudah emosi dan marah. Itu karena keadaan jiwanya tergoncang dan tekanan darah menjadi naik sehingga sangat sulit untuk  mengontrol emosi. Jika rasa itu semakin akut, dapat menggoncang gejala mental. Mereka akan lebih sulit untuk berinteraksi dengan lingkungan sosial. Mereka mengalami depresi yang sangat membebani otak mereka. Untuk mengatur dan mengontrol diri saja sangat sulit, apalagi untuk beradaptasi dengan sosialita. Pasti mereka tidak mampu bergaul. Kebanyakan dari mereka akan menjadi penyendiri dan takut bergaul dengan masyarakat.

Bahaya stress untuk kesehatan fisik dan mental sering kali ditanggulangi dengan pemberian obat penenang yang dapat menahan beban pikiran. Padahal, itu adalah cara yang salah. Mereka disarankan untuk menggunakan cara alami dengan minum air dan berolah-raga secara teratur. Dengan seperti itu tidak akan mempengaruhi kondisi tubuh mereka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*