Anda Memiliki Perut Buncit? Begini Cara Mengecilkannya

Obat Jerawat
cara mengecilkan perut

Infotentangkesehatan.com – Sebelum kita membahas bagaimana cara mengecilkan perut buncit, terlebih dahulu harus diketahui dampak negatif dari timbunan lemak disekitar perut. Orang-orang yang terlihat memiliki perut buncit dikarenakan adanya timbunan lemak yang mengisi didalam rongga perut dan di sekitar organ-organ yang ada disekitar perut.

Perut buncit yang berisikan timbunan lemak memiliki efek buruk bukan saja bagi perut itu sendiri, tetapi juga untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Perut buncit yang dikarenakan timbunan lemak bisa meningkatkan seseorang terkena penyakit jantung, diabetes dan stroke. Hal terpenting yang perlu diketahui lagi adalah bahwa timbunan lemak pada perut ini pertanda bahwa adanya sindrom metabolik.

Sindrom metabolik adalah sekumpulan masalah kesehatan yang mendera tubuh kita. Selain dari menumpuknya lemak pada perut yang tercermin dari besarnya angka lingkar pinggang, berikut ini beberapa kondisi yang menjadi kriteria dari sindrom metabolik, yaitu :

  • Tekanan darah yang meningkat
  • Kadar gula darah yang tinggi
  • Kadar trigliserida yang meningkat
  • Kurangnya kadar kolesterol baik (HDL) didalam tubuh

Untuk jangka panjang kondisi-kondisi seperti diatas bisa meningkatkan seseorang terkena penyakit stroke, jantung dan diabetes.

Baca Artikel Lainnya : 10 Tips Diet Sehat dan Aman

CARA MENGECILKAN PERUT

Agar perut Anda kembali normal tidak buncit lagi tidak perlu melakukan hal-hal yang ajaib. Berdasarkan para ahli, bahwa seiring dengan keberhasilan seseorang menurunkan berat badan, maka secara otomatis lemak yang menumpuk pada perutpun akan ikut menghilang. Lakukan beberapa hal dibawah ini secara rutin yang bisa menghilangkan perut buncit.

1. Jaga asupan serat dan fokuslah melatih kardio

Cara pertama ini adalah cara yang paling direkomendasikan untuk mengecilkan perut Anda. Penuhilah kebutuhan serat setiap harinya dan rajin berolahraga. Beberapa bukti medis telah membuktikan penggabungan 2 hal ini terbukti bisa mengurangi lemak dan mengecilkan perut lebih cepat dan aman. Ada penelitian yang menyatakan bahwa setiap kenaikan serat sebanyak 10 gram dapat mengurani lemak perut sebanyak 3,7% dalam waktu 5 tahun. Untuk memperoleh serat sebanyak 10 gram, Anda cukup mengkonsumsi 2 buah apel kecil atau secangkir kacang polong.

Disamping memenuhi kebutuhan serat setiap harinya, melakukan olahraga merupakan kegiatan pendamping yang tidak kalah pentingnya, terutama latihan kardio. Jika Anda melakukannya secara rutin dalam beberapa kali dalam seminggu bisa membantu membakar kalori. Dianjurkan untuk melakukannya 4 jam selama seminggu, dengan membaginya didalam beberapa hari.

2. Tidur Yang Cukup

Seseorang yang tidurnya kurang dari 5 jam setiap harinya, berpotensi menyebabkan timbulnya timbunan lemak disekitar organ-organ tubuhnya. Selain itu, kelebihan waktu tidur juga berpotensi menambah timbunan lemak diperut.  Oleh karena itu cukupi waktu tidur setiknya 8 jam perhari, dan konsistenlah dengan waktu tidur dan bangun setiap harinya, bahkan pada akhir pekan sekalipun. Apabila jam tidur Anda tidak beraturan akan menyebabkan kebingungan pada jam sirkadian tubuh dan akan memicu pelepasan hormon yang dapat meninbun lemak pada tubuh.

3. Lakukan Diet Dengan Tepat

Kondisi timbunan lemak pada perut sering kali dikaitkan dengan konsumsi lemak jenuh yang berlebihan. Lemak Jenuh bisa didapat dari makanan daging, mentega dan juga susu. Maka sebaiknya membatasi makanan yang mengandung lemak jenuh tersebut, sebaiknya utamakan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti avokado dan ikan. Tetapi tetap harus diperhatikan untuk mengkonsumsinya dalam batas yang wajar, karena pada dasarnya setiap lemak itu tinggi kalori.

4. Hindari Rasa Stres

Sering seringkali terkait dengan pelepasan hormon kortisol. Pelepasan hormon ini memberikan efek membantu tubuh menyimpan lemak. Untuk mencegah pelepasan hormon kortisol,maka dibutuhkan untuk bisa mengelola rasa stres. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa meditasi bisa meredakan stres, karena terbukti dengan meditasi bisa menurunkan kadar kortisol didalam darah.

Demikianlah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut yang diakibatkan oleh timbunan lemak. Menurut para penelit hal yang paling tepat untuk menurunkan lemak adalah mengubah pola hidup sehat dan melakukan olahraga secara rutin.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*