5 Khasiat Bawang Putih Bagi Tubuh Yang Sudah Terkenal DI Masyarakat

Obat Jerawat
khasiat bawang putih

Infotentangkesehatan.id – Keberadaan bawang putih telah membawa solusi praktis bagi masyarakat terutama sebagai tanaman obat keluarga yang sering disebut dengan Toga, disamping fungsi utamanya sebagai bumbu masakan. Tanaman yang termasuk dalam genus allium  itu memiliki kegunaan yang sangat bermanfaat khususnya bagi tubuh. Kandungan zat anti-oksidan dan nutrisinya dapat memenuhi sekaligus melengkapi kebutuhan yang diperlukan oleh organ tubuh. Dengan menggunakan obat alami seperti ini, anda tidak akan mendapat efek samping yang terlalu berbahaya bagi tubuh anda karena tanaman ini tidak mengandung unsur senyawa kimia berbahaya. Hanya saja, rasa yang terkandung di dalamnya tidak lezat, namun itu memiliki aroma yang khas. Berikut merupakan khasiat bawang putih bagi tubuh yang sudah banyak diketahui banyak orang.

  1. Faktor pencegah terjadinya kemerosotan otak dan sistem kekebalan

khasiat bawang putih

Bawang putih diyakini dapat mencegah penyakit yang berkaitan dengan otak seperti  Alzheimer dan Parkinson. Menurut penulis studi Gu Zezong yang juga profesor patologi dan ilmu anatomi di MU School of Medicine, bawang putih dapat menghambat bahkan mengembalikan kerusakan sel otak yang disebabkan oleh gejala lingkungan. Kebanyakan faktor rusaknya sel otak disebabkan oleh penuaan, polusi udara, debu, dan asap rokok. Bahkan terlalu banyak mengkonsumsi alkohol menjadi faktor yang paling terkenal perusak sel otak. Rusaknya sel otak tersebut juga menyebabkan menurunnya sistem kekebalan sehingga daya tahan tubuh menurun. Dengan mengkonsumsi bawang putih, sistem kekebalan tersebut dapat meningkat kembali. Itu karena tumbuhan ini mengandung senyawa sulfur yang baik untuk anti-oksidan dan anti-inflamasi. Tubuh dapat terhindar dari penurunan dayatahan sehingga dapat segar dan fit menjadwalkan aktivitasnya.

  1. Bawang putih dapat menurunkan kolesterol dalam darah

khasiat bawang putih

Kebanyakan sekarang ini, orang cenderung menurunkan kolesterolnya dengan mengkonsumsi obat-obatan. Padahal itu adalah cara yang sangat beresiko. Bawang putih menjadi solusi tepat karena memiliki fungsi untuk mengurangi lemak dalam darah. Dengan mengkonsumsi bawang putih, keadaan kolesterol dalam darah anda akan menjadi seimbang. Pasalnya, kolesterol jahat yang berupa VDL dan VLDL yang berbahaya jika keadaannya naik. Di sisi lain, kolesterol baik berupa HDL harus seimbang dan tidak boleh kurang dari biasanya. Itu semua dapat menjadi seimbang dengan adanya allicin dalam tumbuhan ini. Anda pun dapat terhindar dari penyakit kolesterol yang mematikan.

  1. Penambah nafsu makan yang dapat melengkapi nutrisi tubuh

khasiat bawang putih

Dengan mengkonsumsi bawang putih secara mentah, itu dipercaya dapat menambahkan nafsu makan anda. Biasanya, orang tidak nafsu makan karena banyak faktor seperti banyak pikiran, stress, trauma, dan faktor psikis lainnya yang menekan. Pada intinya, senyawa yang terkandung pada bawang ini dapat merenggangkan otak sehingga mengurangi tingkat stress yang tinggi sehingga nafsu makan dapat kembali.

  1. Membersihkan jerawat dengan bawang putih

khasiat bawang putih

Bawang putih adalah tanaman rempah yang mengandung zat anti viral yang sangat bermanfaat dalam mencegah dan mengatasi jerawat.  Sedangkan kandungan allicin yang kaya akan sulfur dapat melembutkan kulit di wajah. Pada segmen yang lain, minyak atsiri dalam tanaman herbal  itu dapat mengangkat minyak di kulit wajah anda sehingga kelembabannya pun menjadi seimbang.  Caranya sangat mudah, yakni dengan menempelkan atau mengosokkannya pada kulit wajah anda. Kulitpun akan terasa halus dan bebas dari jerawat.

  1. Kandungan nutrisi bawang putih yang bermanfaat untuk tubuh

khasiat bawang putih

Khasiat bawang putih yang paling banyak adalah kandungannya yang sangat lengkap bagi tubuh. Kandungan gizi tanaman herbal tersebut sangat tinggi. Kandungan tersebut dapat membantu mencukupi asupan gizi sehari-hari yang dibutuhkan oleh sel tubuh untuk bekerja secara maksimal. Kandungan itu meliputi  vitamin C,  mineral P, Ca, K, Fe dan vitamin B. Itu semua dapat menjaga tubuh anda tetap segar bugar.

Khasiat bawang putih di atas menjadi referensi bagi anda agar tidak terlalu sering untuk mengkonsumsi obat kimia dari dokter dengan efek samping tinggi. Dengan seperti itu anda tetap menjaga tubuh anda segar bugar secara alami.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*