Tips memberi makan bayi

Obat Jerawat
tips memberi makan bayi

Infotentangkesehatan.com – Untuk artikel kali ini penulis ingin memberikan tips memberi makan bayi. Bayi usia 6 bulan pada dasarnya ia sudah harus diberi makanan pendamping ASI. hal ini dikarenakan tubuhnya sudah membutuhkan berbagai zat untuk menunjang pertumbuhan tubuhnya, disamping itu juga bayi sudah harus diperkenalkan dengan berbagai macam makanan dalam rangka untuk menyeimbangkan sistem pencernaan dan juga untuk membantu kekebalan tubuhnya.

Memberi makan bayi memang bukan pekerjaan yang mudah bagi seorang ibu, ini merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah.  Terutama untuk bayi yang masih berumur 6 bulan, hal ini dikarenakan mereka sudah terbiasa dengan ASI. Berikut akan penulis sampaikan bagaimana tips memberi makan bayi yang bisa diterapkan oleh para ibu dirumah.

CARA MEMBERI MAKAN BAYI UMUR 6 BULAN

  • Anda bisa memulai memberi makan bayi dengan makanan yang lembek seperti sereal bayi, jaga tekstus makanan, usahakan jangan terlalu lembek atau terlalu kental. Kandungan zat besi yang ada pada sereal bayi adalah merupakan pilihan yang terbaik, karena bayi membutuhkan nutrisi tambahan dan juga kecil risiko bayi terkena alergi.
  • Untuk menghindari rasa bosan bayi pada makanan, usahakan memberikan variasi makanan yang berbeda setiap 2 – 3 hari. Hal ini juga membuat bunda bisa melihat apakah makanan yang diberikan bisa memicu alergi.
  • Pada waktu bunda sudah memberikan buah hati nya dengan makanan padat, coba perhatikan tanda-tanda apakah bayi sudah merasakan kenyang atau masih lapar. Jangan pernah memaksakan buah hati bunda untuk menghabiskan makanan.
  • Cobalah untuk menyelipkan sayuran didalam susu bayi, hal ini bisa membuat perut bayi bunda semakin dewasa.  Bunda bisa menambahkan beberapa sayuran kedalam botol susu bayi ketika sudah berumur 6 bulan keatas. Ketika bunda selesai mengekspose bayi Anda dengan campuran susu dan sayuran, secara bertahap bayi bunda akan mulai mengenal nabati murni. Hal ini untuk memastikan bahwa bayi bunda menyukai rasa baru dalam makanannya.
  • Tips memberi makan bayi selanjutnya adalah rasa gigih yang harus dimiliki oleh bunda. Mungkin Anda sudah mengolah berbagai sayuran seperti brokoli, wortel, dan sayuran lainnya. Tetapi bayi Anda mengacau dengan mendorong keluar kembali makanan dari mulutnya dengan menggunakan lidahnya. Pada situasi seperti ini Anda sebaiknya tidak langsung menyerah, teruslah mencoba berusaha untuk memasukkan makanan tersebut kedalam mulut bayi Anda. Kemungkinan dari 10 sendok yang Anda masukkan kedalam mulut bayi ada 5 sendok yang bisa diterima oleh bayi. Pada awalnya makanan yang tidak diterima oleh bayi Anda lama kelamaan pada akhirnya bisa disukai oleh bayi Anda, memang membutuhkan proses kesabaran yang tinggi untuk para bunda.
  • Jangan terlalu memaksakan kepada bati Anda didalam memberikan makanan. Moment memberikan makan buah hati Anda adalah proses pertempuran stress antara selera anak dengan keinginan orang tua. Bunda sebaiknya tidak terlalu keras memaksakan bayi untuk menghabiskan makanan yang ada. Pemaksaan hanya akan menghasilkan hasil yang kontraproduktif. Jangan merasa bosan untuk terus mencoba sampai berhasil.

Baca Artikel Lainnya : Obat Sakit Mata Untuk Bayi

Ada banyak jenis resep masakan untuk bayi usia 6 – 12 bulan. Tetapi ada baiknya seorang ibu harus terlebih dahulu jenis makanan yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan untuk diberikan kepada bayi usia 6 – 12 bulan.

Bahan Makanan Yang Harus Dihindari Untuk Bayi 6 – 12 Bulan

  • Kacang-kacangan, terutama kacang tanah’
  • Ikan dan kerang-kerangan
  • Garam dan gula
  • Gandum, barbley dan berbagai jenis olahan roti dan sereal yang mengandung gluten.
  • Bumbu masakan dan penambah cita rasa
  • Susu sapi segar atau susu formula dan aneka jenis produk olahan susu seperti yogurt.

Demikian tips memberi makan bayi yang penulis sajikan, semoga bermanfaat untuk para pembaca dan untuk para bunda sekalian jangan pernah menyerah dan lakukan dengan penuh kessabaran dalam memberi makan buah hati Anda.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*