Mengetahui Penyebab Penyakit Kuning Pada Bayi Baru Lahir

Obat Jerawat

Infotentangkesehatan.id – Mempunyai seorang bayi kita harus selalu memperhatikan kesehatan mereka setiap waktu, karena bayi yang baru lahir rentan terhadap penyakit maupun virus. Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang penyebab penyakit kuning pada bayi baru lahir. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui penyakit tersebut terutama bagi calon orang tua maupun orang tua baru supaya meningkatkan kewaspadaaan.

Salah satu penyebab penyakitt kuning pada bayi baru lahir yang paling umum adalah adanya peningkatan jumlah pigmen bilirubin di dalam darah. Lalu apa penyebab jumlah pigmen bilirubin menjadi meningkat dan bagaimana cara mengobatinya? Ada beberapa faktor yang menyebabkan meningkatnya bilirubin pada bayi yang baru lahir, di antaranya adalah:

  1. Bayi tidak mendapatkan ASI yang cukup

Ketika bayi yang baru lahir tidak mendapatkan ASI yang cukup ini bisa menyebabkan kadar bilirubin meningkat sehingga mengakibatkan penyakit kuning. Mengapa? Bayi yang baru lahir bisa bertahan hingga 72 jam tanpa minum air setetes pun karena masih menyimpan cadangan lemak coklat ketika masih di dalam kandungan. Jika lebih dari 72 jam bayi tidak mendapatkan asupan ASI maka bayi tersebut akan kekurangan cairan dan ini menyebabkan terjadinya penyakit kuning. Kebanyakan para ibu mengalami stres pasca melahirkan karena perubahan hormon sehingga menyebabkan ASI yang keluar tidak lancar. Maka tidak heran jika sekarang ini  banyak para orang tua memberikan susu formula pada bayi yang baru lahir karena ASI tidak lancar tersebut.

  1. Kekurangan G6PD

G6PD adalah Glucose 6 phosphate dehydrogenase atau sering disebut dengan G6PD adalah enzim yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan sel darah merah dan ini merupakan penyakit turunan. Kekurangan G6PD juga bisa terjadi karena alergi obat-obatan tertentu yang mengandung nalidixic acid, nitrofurantion, sulphonamides. Jika kadar bilirubin pada bayi anda meningkat karena kekurangan G6PD maka sebisa mungkin untuk bisa menghindari jenis obat dan makanan tertentu.

Baca Artikel Lainnya : Mengatasi Bintik Putih Pada Bayi

Cara menurunkan bilirubin pada bayi yang sudah terkena penyakit kuning:

  1. Beri ASI sesering mungkin

Jika kadar bilirubin pada bayi meningkat akibat kekurangan asupan ASI maka anda harus memberikan ASI sesering mungkin minimal 2 jam sekali. Jika ASI tidak lancar maka segera hubungi klinik laktasi terdekat.

  1. Dengan menggunakan terapi cahaya atau phototerapy

Saat bayi terkena penyakit kuning maka mau tidak mau untuk menurunkan bilirubin harus dengan menggunakan terapi cahaya atau phototerapy. Di rumah sakit modern biasanya sudah disediakan ruangan khusus dengan sinar ultraviolet guna memecah kadar bilirubin yang tinggi pada bayi dan ada pula selimut bayi yang mengeluarkan cahaya yaitu dengan biliblanket.

Ketika bayi anda terkena penyakit kuning saat bayi anda lahir maka tidak perlu khawatir yang berlebihan. Kenali dahulu penyebab penyakit kuning pada bayi baru lahir dan cepat bawa ke rumah sakit untuk segera diberikan pengobatan supaya tidak semakin parah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*