Mengatasi Bintik Putih pada Bayi

Obat Jerawat
bintik putih pada bayi

Infotentangkesehatan.idMempunyai seorang bayi lucu memang sangat menyenangkan dan terkadang ada orang tua memiliki rasa takut yang berlebihan jika terjadi sesuatu pada bayinya dan salah satu contohnya adalah bintik putih pada bayi. Bintik putih yang terjadi pada seorang bayi ini memang sangat biasa dialami para bayi tetapi terkadang ada orang tua yang panik karena hal itu. Untuk itu sebagai orang tua yang pintar Anda harus bisa mengetahui apa penyebab bintik putih tersebut dan bagaimana cara mengatasinya.

Jika bayi Anda mengalami bintik putih pada wajah atau tangan Anda tidak perlu khawatir. Banyak orang yang mengatakan jika bintik putih tersebut timbul karena adanya alergi terhadap sesuatu dan ada juga yang menyebut itu adalah penyakit. Namun anda tidak perlu khawatir yang berlebihan menanggapi bintik putih pada bayiAanda. Sebelum membahas tentang bagaimana cara mengatasinya, kita akan membahas dahulu tentang apa dan penyebab bintik putih tersebut.

Bintik putih yang ada pada bayi biasanya disebabkan oleh Pityriasis Alba, namun sampai saat ini belum ada penelitian medis yang mengetahui penyebab terjadinya Pityriasis Alba tersebut. Bintik-bintik putih tersebut berupa bercak merah muda yang berbentuk bulat atau oval. Kemudian bintik tersebut lama kelamaan akan mengering dan akhirnya berbentuk putih. Umumnya bintik putih akan terjadi pada bayi yang berumur 1-5 bulan dan ini memang sangat umum sekali terjadi. Bintik tersebut akan muncul di wajah, tangan, lengan, leher dan tubuh bagian atas lainnya. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Cara mengatasinya sangat mudah dan Anda tidak perlu panik. Yang harus anda lakukan contohnya adalah:

Baca Artikel Lainnya : Tips Memberi Makan Bayi

  1. Menjaga kebersihan badan pada bayi

Kulit bayi masih sangat sensitive sekali sehingga Anda harus benar-benar memperhatikan kebersihan mulai dari baju hingga handuknya. Anda harus memperhatikan kebersihan pakaian bayi,  karena jangan sampai ada jamur atau bakteri yang menempel pada baju sehingga menyebabkan alergi pada kulit bayi.

  1. Mengoleskan pelembab untuk kulit bayi

Karena masih memiliki kulit yang tipis dan sensitive, jangan lupa untuk selalu memberikan pelembab pada kulit bayi. Ini juga bisa membuat kulit bayi tetap sehat dan juga lembab. Dengan mempunyai kulit yang sehat tentu akan terhindar dari bintik putih tersebut.

  1. Hindari air terlalu panas

Karena bayi masih belum begitu tahan dengan air dingin, Anda harus memandikannya dengan air hangat. Jika sudah terkena bintik putih anda harus menghindari air mandi yang terlalu panas karena dikhawatirkan akan membuat kulit mengelupas dan perih. Gunakan air hangat yang pas untuk memandikan si kecil.

  1. Gunakan salep khusus

Jika ingin memberikan salep pada bayi Anda yang terkena bintik putih, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Jangan sembarangan memberikan salep pada kulit bayi. Kenali dahulu penyebab bintik putih tersebut, jika bintik tersebut karena gigitan nyamuk anda cukup mengolesinya saja dengan minyak telon.

  1. Pilih sabun mandi bayi yang banyak pelembabnya

Sabun bayi juga berpengaruh terhadap kulit bayi. Jika bayi Anda mengalami bintik putih, pastikan gunakan sabun mandi yang banyak pelembabnya agar kulit bayi Anda tetap lembab dan sehat.

Itu tadi beberapa tips cara mengatasi bintik putih yang ada pada bayi. Sebelum memberikan salep atau obat, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu penyebab dari bintik putih pada bayi anda.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*