Tips Menurunkan Berat Badan yang Cepat dan Aman

Obat Jerawat
Tips Menurunkan Berat Badan

Infotentangkesehatan.com – Menurunkan berat badan adalah tantangan besar bagi banyak orang. Menaikkan berat badan relatif lebih mudah dibandingkan menurunkannya. Untuk menaikkan berat badan, anda hanya perlu mengkonsumsi makanan melebihi kebutuhan kalori harian. Sementara untuk menurunkannya, tidak hanya perlu membatasi asupan makanan, anda juga perlu berolahraga agar lemak yang tersimpan di dalam tubuh dibakar menjadi energi.

1. Minum banyak air putih

Tubuh membutuhkan sekitar 2 liter air perharinya. Kekurangan air tidak hanya membuat tubuh mengalami dehidrasi, tapi juga bisa memperlambat metabolisme tubuh. Air sangat penting sebab tubuh kita terdiri atas air. Air membantu proses pencernaan dan mencegah perut kembung. Minumlah air setelah berolahraga dan melakukan aktivitas yang menguras tenaga.

2. Kurangi ngemil

Ngemil memang tidak membuat kenyang, tapi tahukah anda bahwa kalori yang terdapat di dalam makanan ringan bisa membuat berat badan naik drastis? Makan snack sedikit saja bisa membuat berat badan naik, apalagi mengkonsumsinya dalam jumlah besar. Akan sulit untuk menurunkan berat badan jika anda tidak bisa berjauhan dari yang namanya snack. Ngemil boleh, tapi jangan terlalu sering. Selain itu, periksa label nutrisi pada kemasan sebab setiap snack punya jumlah kalori yang berbeda-beda.

3. Berolahraga

Tips menurunkan berat badan berikutnya adalah berolahraga. Olahraga masih menjadi cara paling efektif dan aman untuk memangkas bobot tubuh. Daripada menghabiskan uang untuk pil diet, sebaiknya luangkan waktu untuk berolahraga. Melakukan latihan ringan selama 30 menit sehari bisa membakar 120 kalori. Memang terlihat kecil dibandingkan dengan kebutuhan kalori harian, tapi jika intensitas latihan dan waktu ditingkatkan, jumlah kalori yang dibakar akan lebih besar.

4. Jangan lupa sarapan pagi

Dari sekian tips menurunkan berat badan, ini termasuk yang paling penting. Jangan hanya karena ingin menurunkan berat badan anda jadi mengabaikan sarapan padahal kita membutuhkan energi paling banyak di pagi hari. Setelah perut kosong semalaman penuh, sudah seharusnya anda mengisi kembali dengan makanan sehat. Melewatkan sarapan tidak efektif untuk menurunkan berat badan. Ini hanya akan menyiksa diri anda dan membuat tubuh kekurangan tenaga. Jika tidak ada makanan yang masuk di pagi hari, anda akan mudah merasa lesu dan kekurangan energi.

Baca artikel lainnya: Tips Jitu Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Yang Menyiksa

Saat perut kosong, tubuh juga cenderung menurunkan proses metabolisme agar energi tidak terlalu banyak terbuang. Ini juga bisa mendorong reaksi pada insulin, sehingga anda jadi mudah lapar. Kalau sudah begini, anda bisa makan lebih banyak dari biasanya. Maka dari itu, jangan pernah lewatkan sarapan tidak peduli seketat apapun anda menjalani program diet. Sarapan tidak harus dengan makanan beat. Kombinasi oat, yogurt, alpukat, dan telur dadar sudah cukup membuat perut anda kenyang hingga waktu makan siang.

5. Hindari makan besar di malam hari

Kita biasanya makan pagi, siang, dan malam hari. Kalau bisa, hindari makan terlalu malam sebab tubuh mempersiapkan diri untuk beristirahat. Praktis, metabolisme juga tidak akan setinggi saat kita beraktivitas. Jika anda sedang menjalankan program diet, maka tips menurunkan berat badan yang satu ini harus dilakukan. Daripada makan besar di malam hari, anda bisa menggantinya dengan camilan sehat seperti buah dan sayur. Namun jika anda tidak bisa melewatkan makan malam tanpa nasi, atur porsinya dan jangan terlalu larut.

6. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Karbohidrat memang penting untuk memberikan energi pada tubuh. Tapi jika mengkonsumsinya terlalu banyak, tidak semua akan dipergunakan. Konsumsilah karbohidrat secukupnya dan kurangi lemak. Lemak seringkali ditemukan pada makanan yang digoreng. Jika anda hobi makan goreng-gorengan, kurangi sekarang juga sebab makanan ini hanya akan mengganggu diet anda saja. Buah dan sayur adalah alternatif terbaik karena sehat dan kaya serat. Selain itu, anda tidak perlu takut gemuk sebab kalori di dalamnya relatif rendah dibandingkan makanan lainnya. Itu tadi beberapa tips menurunkan berat badan.

Jual Herbal Online

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*